Fasilitas Kelas Ekonomi Garuda Indonesia, Memadai dan Nyaman




Garuda Indonesia - moneter.co.id
Garuda Indonesia - moneter.co.id

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Garuda Indonesia. Garuda Indonesia bisa dikatakan sebagai maskapai penerbangan terbesar di Tanah Air. Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bepergian menggunakan terbang, maskapai tersebut menyediakan tiga tipe kelas yang berbeda, salah satunya kelas ekonomi (Economy Class) yang meski terjangkau, namun didukung dengan yang memadai.

Garuda Indonesia - moneter.co.id
Garuda Indonesia – moneter.co.id

Sebelum berbicara mengenai fasilitas kelas ekonomi di pesawat Garuda Indonesia, alangkah baiknya kita mengetahui sekilas mengenai standar pelayanan bagi kelas tersebut di Indonesia. Standar pelayanan kelas ekonomi telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Berjadwal Dalam Negeri yang dikeluarkan 30 November 2015 lalu. Pengaturan ini mencakup:

  • Pelayanan sebelum penerbangan (pre-flight), seperti penerbangan, pemesanan (reservation), penerbitan (ticketing), pelaporan sebelum keberangkatan (check-in), proses boarding, penanganan keterlambatan penerbangan, pembatalan penerbangan, dan denied boarding passenger.
  • Pelayanan selama penerbangan (in-flight), seperti fasilitas di dalam pesawat terbang, dan minuman, serta awak pesawat.
  • Pelayanan setelah penerbangan (post-fight), yang ditujukan bagi penumpang dengan kebutuhan khusus, mencakup proses turun pesawat, transit atau transfer, dan pengambilan bagasi tercatat.
Lihat Juga:   Update, Rekomendasi Penginapan Dekat UNDIP Kampus Tembalang Harga Murah

Fasilitas Kelas Ekonomi di Pesawat Garuda Indonesia

Lalu, bagaimana dengan fasilitas yang disediakan bagi penumpang kelas ekonomi di pesawat milik Garuda Indonesia? Di dalam situs resminya, perusahaan mengklaim bahwa Economy Class milik Garuda Indonesia menawarkan kenyamanan dan kemudahan yang berbeda, dan telah mendapat penghargaan dari SkyTrax di tahun 2013 lalu.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah ruang kaki ekstra untuk kenyamanan penumpang. Kursi penumpang kelas ekonomi Garuda Indonesia memiliki ruang yang lebih luas dan nyaman untuk penerbangan. Di samping itu, tempat duduk ini juga dapat disesuaikan, memiliki pijakan kaki dan didukung USB dan stopkontak di setiap kursi (tersedia di pesawat tipe Boeing 777-300ER), serta memiliki hiburan (in-flight entertainment) selama penumpang berada di dalam pesawat terbang.

Lihat Juga:   Pilihan Travel Yogyakarta-Purworejo yang Nyaman & Murah untuk Mudik atau Pelesir

Fasilitas lain yang ditawarkan maskapai pelat merah untuk penumpang pesawat kelas ekonomi tentu saja sajian kuliner yang berbeda. Penumpang di kelas ini bisa menikmati hidangan menarik dari resep Indonesia. Sementara, untuk rute-rute tertentu, disajikan juga pilihan hidangan dengan menu ala Asia atau Barat. Untuk melengkapi makanan yang lezat, disediakan pula berbagai pilihan minuman hangat dan dingin. Meski demikian, fitur kabin serta pilihan makanan dan minuman mungkin berbeda untuk setiap jenis pesawat.

Untuk memudahkan calon penumpang dalam proses check-in, Garuda Indonesia juga menyediakan berbagai opsi melalui city check-in, web check-in, phone check-in, mobile check-in, dan kios check-in. Di samping itu, kelas ekonomi Garuda Indonesia juga menawarkan bagasi gratis sebanyak 20 kg, baik penumpang dewasa maupun penumpang anak-anak.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan