Ini Rute dan Biaya ke Gunung Bromo dari Probolinggo




Panorama Gunung Bromo (sumber: tribunnews.com)
Panorama Gunung Bromo (sumber: tribunnews.com)

Siapa yang tidak terpesona dengan Gunung ? Gunung yang berada di tiga wilayah, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten , tersebut memang menawarkan pesona yang beragam. Di sini, wisatawan bisa menikmati hamparan luas lautan pasir, keindahan matahari terbit, hingga Cinta dan Teletubbies.

Gunung Bromo sendiri merupakan gunung berapi yang masih aktif dan secara teratur mengeluarkan abu vulkanik. Dalam kondisi normal, pengunjung bisa berada di tepi kawah gunung dengan ketinggian 2.392 meter dari permukaan laut tersebut dengan menaiki sekitar 249 buah anak tangga.

Untuk menuju Bromo, ada tiga jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui Malang, Pasuruan, atau Probolinggo. Namun, akses Bromo via Probolinggo memang menjadi jalur yang lebih populer dibandingkan dengan dua jalur lainnya. Dari Probolinggo (Bayu Angga), pengunjung bisa menumpang angkutan umum jenis bison untuk menuju Cemoro Lawang dengan harga sekitar Rp25.000 per orang.

Rute angkutan umum ini adalah Terminal Bayu Angga, Probolinggo, menuju Desa Sukapura sejauh 30 km. Kemudian, angkutan melaju ke Desa Ngadisari dengan jarak sekitar 24 km. Lalu, dilanjutkan ke Cemoro Lawang, dengan jarak sekitar 2,5 km. Cemoro Lawang sendiri merupakan perkampungan terdekat dari Gunung Bromo karena hanya berjarak tak lebih dari 2,5 km.

Namun jika ingin cepat sampai dan tidak membuang banyak waktu, pengunjung bisa menumpang ojek yang juga banyak tersedia di terminal. Karena bersifat kendaraan pribadi dan menawarkan akses yang lebih cepat, maka untuk ojek pun relatif lebih mahal dibandingkan menumpang angkutan umum, sekitar dua kali lipatnya.

Di Cemoro Lawang, banyak hotel atau homestay yang disewakan untuk mengakomodasi para tamu. Tarif penginapan di desa subur ini bervariasi, mulai dari Rp100.000 per malam, tergantung yang ditawarkan. Selain itu, juga banyak terdapat warung makan dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk melakukan perjalanan ke Gunung Bromo dan objek di sekitarnya, pengunjung kebanyakan menggunakan jasa penyewaan jeep dengan harga sekitar Rp550.000 hingga Rp1.650.000.

Harga Sewa Jeep

Ilustrasi: perjalanan menuju Gunung Bromo (sumber: jawapos.com)
Ilustrasi: perjalanan menuju Gunung Bromo (sumber: jawapos.com)
Rute PerjalananBiaya (Rp)
Dari Cemoro Lawang ke Penanjakan 1, Kawah Bromo600.000
Dari Cemoro Lawang ke Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies650.000
Dari Sukapura ke Penanjakan 1 dan Kawah Bromo600.000
Dari Sukapura ke Penanjakan 2/Mentigen dan Kawah Bromo550.000
Dari Sukapura ke Penanjakan 1, Kawah Bromo + Pasir Berbisik, Savana, Bukit Teletubbies650.000
Harga Paket
Dari Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Surabaya (Juanda)1.650.000
Dari Surabaya (Juanda) – Probolinggo – Penanjakan – Bromo – Savanna – Malang1.550.000

Bahkan, harga tersebut bisa naik lagi ketika musim atau weekend. Namun jika ingin lebih hemat, pengunjung bisa menggunakan jasa ojek motor di Cemoro Lawang dengan biaya kurang dari separuhnya.

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Dekat Jatim Park dan Berkapasitas Besar, Villa Penny 1 Dibanderol Rp1,25 Jutaan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan