Update Biaya ke Gunung Bromo dari Terminal dan Stasiun Probolinggo




Panorama Gunung Bromo (sumber: tribunnews.com)
Panorama Gunung Bromo (sumber: tribunnews.com)

Siapa yang tidak terpesona dengan Gunung Bromo? Gunung yang berada di tiga wilayah, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, tersebut memang menawarkan pesona yang beragam. Untuk bisa menuju daerah wisata ini, rute paling dekat memang dari Probolinggo, dan Anda dapat menempuh perjalanan dari terminal atau stasiun.

Gunung merupakan gunung berapi yang masih aktif dan secara teratur mengeluarkan abu vulkanik. Dalam kondisi normal, pengunjung bisa berada di tepi kawah gunung dengan ketinggian 2.392 meter dari permukaan laut tersebut dengan menaiki sekitar 249 buah anak tangga. Di sini, wisatawan juga bisa menikmati hamparan luas lautan pasir, keindahan terbit, hingga Cinta dan Bukit Teletubbies.

Untuk menuju Bromo, ada tiga jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui Malang, Pasuruan, atau Probolinggo. Namun, akses Gunung via Probolinggo memang menjadi jalur yang lebih dibandingkan dengan dua jalur lainnya. Anda dapat berangkat dari terminal jika kebetulan datang ke Probolinggo menggunakan bus umum atau stasiun apabila tiba menumpang kereta api.

Rute ke via Terminal Probolinggo

Perjalanan menggunakan angkutan umum dari Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo bisa menjadi pilihan tepat untuk para backpacker ke Bromo karena harganya cukup murah. Dari Terminal Bayuangga, Anda bisa menumpang angkutan menuju Kecamatan Sukapura dengan harga sharing mulai Rp100 ribu hingga Rp150 ribuan. Setibanya di Sukapura, lanjutkan perjalanan menuju Cemoro Lawang yang berada di Desa Ngadisari. Perjalanan menuju Bromo dapat dilanjutkan dengan menyewa Jeep Bromo.

Lihat Juga:   Dinotyo Homestay, Akomodasi Kapasitas Besar di Batu Tarif Rp700 Ribuan
Ilustrasi: perjalanan menuju Gunung Bromo (sumber: jawapos.com)
Ilustrasi: perjalanan menuju Gunung Bromo (sumber: jawapos.com)

Rute ke Bromo via Stasiun Probolinggo

Jika pelancong kebetulan berangkat dari Surabaya, dapat naik Probowangi dari Stasiun Wonokromo atau Stasiun Gubeng menuju Stasiun Probolinggo. Harga tiket ini sekarang Rp27 ribu untuk kelas ekonomi. Apabila ingin lebih eksklusif, bisa menumpang kereta api Sri Tanjung dengan tarif Rp88 ribuan per seat atau KA Logawa dengan harga tiket Rp125 ribuan.

Setelah tiba di Stasiun Probolinggo, traveler dapat melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bayuangga menumpang angkutan umum dengan tarif Rp3 ribuan per penumpang. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Sukapura, lantas ke Cemoro Lawang yang berada di Desa Ngadisari. Perjalanan menuju Bromo dapat dilanjutkan dengan menyewa Jeep Bromo..

Lihat Juga:   Pantai Cemara, Destinasi Wisata Alam Alternatif di Tuban

Harga Sewa Jeep Bromo

Rute Harga Sewa Jeep
Penanjakan 2 – Kawah Bromo Rp525.000
Penanjakan 2 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik + Teletubbies Rp650.000
Penanjakan 1 + Kawah Bromo Rp595.000
Penanjakan 1 – Kawah Bromo + Pasir Berbisik + Teletubbies Rp695.000
Paket Surabaya (Juanda) – Bromo – Surabaya (Juanda) Rp1.850.000
Paket Surabaya (Juanda) – Bromo – Malang Rp1.750.000

Informasi harga sewa Jeep di atas kami rangkum dari salah satu penyedia jasa Jeep Bromo. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif sewa Jeep Bromo saat ini terpantau fluktuatif. Paket rute Penanjakan 1 menuju Kawah Bromo misalnya, awalnya Rp600 ribu dan sekarang sedikit turun menjadi Rp595 ribuan. Sementara itu, tarif dari Surabaya PP naik dari Rp1,65 juta menjadi Rp1,85 jutaan.

Stasiun Probolinggo - (id.wikipedia.org)
Stasiun Probolinggo – (id.wikipedia.org)

Namun jika ingin cepat sampai dan tidak membuang banyak waktu, pengunjung bisa menumpang ojek yang juga banyak tersedia di Terminal Bayuangga. Karena bersifat kendaraan pribadi dan menawarkan akses yang lebih cepat, maka tarif untuk ojek pun relatif lebih mahal dibandingkan menumpang angkutan umum, sekitar dua kali lipatnya.

(Panca)




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan