Tarif Lumayan, Ini Fasilitas Kamar Hotel Bintang 3




Kamar Hotel Bintang 3 - www.pegipegi.com
Kamar Hotel Bintang 3 - www.pegipegi.com

Jika Anda sedang , terutama bersama keluarga, dan kebetulan memiliki anggaran berlebih, menginap di hotel bintang 3 bisa menjadi opsi yang menarik. Pasalnya, penginapan kelas demikian sudah dibekali dengan yang memadai, bahkan terbilang mewah. Dibandingkan hotel bintang 4 atau bintang 5, sewa kamarnya pun rata-rata lebih terjangkau, terlebih ketika sedang ada promo.

Walau sekarang sudah ada beragam tipe , seperti , guest house, , resort, hingga dorm, hotel tetap menjadi pilihan populer di kalangan wisatawan. Ini dapat dikatakan sebagai sebuah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1]

Hotel sendiri memiliki beragam jenis. Penentuan jenis hotel ini terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan.[2] Berdasarkan hal tersebut, jika dilihat dari tempat hotel tersebut dibangun, penginapan ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain city hotel (biasanya berada di perkotaan), residential hotel (umumnya berada di pinggiran besar), resort hotel (cenderung berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai), serta motel (di pinggiran atau sepanjang jalan raya antar-).

Definisi dan Syarat Hotel Bintang 3

Jika dilihat berdasarkan kualifikasi bintang atau star, hotel saat ini setidaknya dapat dibedakan menjadi lima tipe, yakni hotel bintang 1, hotel bintang 2, hotel bintang 3, hotel bintang 4, dan hotel bintang 5. Menurut Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang Standar Usaha Hotel, hotel bintang sendiri dikatakan sebagai hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel.[3]

Lihat Juga:   Aplikasi dan Situs Booking Hotel Termurah

Khusus untuk hotel bintang 3, ini dapat dikatakan sebagai penginapan yang punya level setingkat lebih tinggi dari bintang 2 dan dua tingkat lebih tinggi dari bintang 1. Umumnya, hotel ini punya lokasi yang strategis (di pusat kota, dekat pusat bisnis dan perbelanjaan), serta punya fasilitas yang oke. Syarat-syarat suatu hotel dapat dikategorikan sebagai bintang 3 di antaranya sebagai berikut.

  • Jumlah kamar standar minimal 30 unit, dengan luas minimal 24 meter persegi.
  • Jumlah kamar suite minimal 2 unit, dengan luas minimal 48 meter persegi.
  • Fasilitas kamar mandi dalam, lengkap dengan toilet (atau toilet terpisah).
  • Punya sarana rekreasi sekaligus olahraga.
  • Kamar dilengkapi AC, televisi, dan jendela.
  • Punya restoran yang menghidangkan sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Tersedia valet parking.
  • Area lobby lapang dan punya sirkulasi udara yang baik.

Selain fasilitas-fasilitas di atas, fasilitas lain yang mungkin dimiliki oleh hotel bintang 3 adalah room service, kunci pengaman pada jendela kamar, koridor dan pintu darurat, lounge area, taman dan landscape, tempat penyimpanan pakaian, jasa atau layanan laundry, cermin panjang, ruang rapat, hingga dapur bersama. Bisa dibilang, fasilitas yang ditawarkan lebih mentereng daripada hotel bintang 2 dan hotel bintang 1.

Kamar Hotel Bintang 3 - travelingyuk.com
Kamar Hotel Bintang 3 – travelingyuk.com

Fasilitas Kamar Hotel Bintang 3

Seperti disinggung di atas, kamar-kamar yang disediakan di hotel bintang 3 biasanya berjumlah minimal 30 unit untuk tipe standar, dengan paling tidak 2 unit untuk kamar bertipe suite. Fasilitas yang disediakan di dalam kamar mencakup televisi (biasanya layar datar dan LED), pendingin ruangan atau AC, jendela, akses Wi-Fi gratis selama 24 jam, kamar mandi pribadi (dengan toilet terpisah), lemari penyimpan pakaian, ranjang tipe double atau twin, IDD telephone, dan terkadang ada minibar, lemari es, hingga sarapan secara gratis.

Lihat Juga:   Tarif Pondok Hexa, Penginapan Nyaman di Dekat Pantai Ujung Genteng

Dengan fasilitas yang bisa dibilang premium, tidak mengherankan jika kemudian harga sewa kamar hotel bintang 3 lumayan mahal. Di Jakarta misalnya, tarif rata-rata kamar hotel bintang 3 Rp300 ribuan per malam, walau mungkin ada yang menawarkan di bawah harga tersebut. Di daerah lain, terutama kawasan populer, harga yang dipatok kemungkinan bisa lebih mahal.

Apabila budget wisata Anda tidak terlalu banyak, mungkin hotel bintang 3 bukan merupakan opsi terbaik untuk menginap, terutama jika membutuhkan tempat hanya untuk sekadar beristirahat sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Pilihan terbaik tentu saja hotel bintang 1, bintang 2, atau bertipe dorm dengan harga sewa cuma puluhan ribu per malam.

Kamar Hotel Bintang 3 - www.pegipegi.com
Kamar Hotel Bintang 3 – www.pegipegi.com

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. : CV Alfabeta.

[2] Tarmoezi, Trizno. 2000. Hotel Front Office. Jakarta: Kesaint Blanc.

[3] Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan