Update Fasilitas & Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang

harga, fasilitas, tiket, masuk, per, orang, dewasa, anak-anak, di, kabupaten, pandeglang, banten, rute, kolam, musala, gazebo, warung, makanan, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu, objek, wisata, kendaraan, lokasi, pemandian, air, panas, cisolong

Provinsi Banten selama ini lewat beberapa destinasi wisata alam seperti Pantai Anyer, Karang Bolong, hingga Tanjung Lesung. Padahal di Kabupaten Pandeglang ternyata ada salah satu tempat wisata murah meriah yang bisa Anda kunjungi bersama pasangan atau saat akhir pekan atau musim . Tempat itu adalah Air Panas Cisolong.

Pemandian Air Panas Cisolong terletak di Kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kabupaten Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Untuk menuju Pemandian Air Panas Cisolong, Anda tidak perlu khawatir sebab lokasi objek wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Selain menawarkan pemandian air panas yang dianggap berkhasiat untuk kesehatan, Anda juga bisa menikmati bonus yaitu berendam sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan asri di Pemandian Air Panas Cisolong.

Rute Ke Pemandian Air Panas Cisolong

Apabila Anda berangkat dari arah Serang melewati Kota Pandeglang, maka Anda setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menempuh jalur selatan, yaitu jalan AMD, dari pertigaan Cigadung belok ke kiri, dan ini juga merupakan jalur bus dari . Selain itu, Anda juga bisa melalui jalur pusat Kota Pandeglang sekitar 4 km ke arah barat. Jarak Pemandian Air Panas Cisolong dari Kota Pandeglang tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 km. Sedangkan jika dari Labuan Raya Pandeglang, hanya berjarak sekitar 5 km.

Kawasan pemandian air panas Cisolong dan sekitarnya (instagram: @boimbaelah)

Kawasan pemandian air panas Cisolong dan sekitarnya (instagram: @boimbaelah)

Saat tiba di Pemandian Air Panas Cisolong, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan, sebab di sana sudah disediakan fasilitas berupa tempat parkir yang cukup luas untuk mobil maupun sepeda motor. Dari tempat parkir, Anda masih harus berjalan kaki ke lokasi pemandian sejauh 100 meter. Setelah sampai, Anda akan disambut dengan kolam ikan dan hawa sejuk khas Pandeglang. Objek yang buka selama 24 jam ini biasanya ramai dikunjungi oleh saat akhir pekan. Biasanya, akan datang beramai-ramai mulai pukul 4 sore hingga 9 malam.

Lihat Juga:   Pantai Rindu Alam, Pantai Unik dengan Deretan Pohon Pinus yang Asri di Tanah Bumbu

Harga Tiket Masuk Ke Pemandian Air Panas Cisolong

Harga tiket masuk ke pemandian air panas yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang ini pun cukup murah yaitu sekitar Rp 10 ribu per orang (dewasa) dan Rp 5 ribu per orang (anak-anak). Harga tiket itu berlaku baik di pada saat weekday atau weekend. Di dalam Pemandian Air Panas Cisolong, tersedia fasilitas berupa kolam air panas besar untuk pengunjung dewasa dan kolam air panas kecil untuk anak-anak. Sedangkan, Anda yang ingin melakukan terapi juga disediakan 5 pemandian lengkap dengan bathtub di dalamnya.

Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang - wisatabanten.com

Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang – wisatabanten.com

Sumber air panas Pemandian Air Panas Cisolong sendiri berasal dari Gunung Karang. Jumlah sumber air panas yang ada di Gunung Karang terdiri dari 30 buah sumber, sedangkan yang besar berjumlah 7 sumber, serta sisanya berupa sumber berukuran kecil yang letaknya tak beraturan di antara sawah-sawah penduduk. Meski sumbernya mencapai puluhan, rupanya sumber air panas yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat hanya beberapa saja, termasuk Pemandian Air Panas Cisolong.

Pemandian Air Panas Cisolong memiliki volume debit air mencapai 35 liter per detik dengan suhu berkisar 65-70 derajat celcius apabila cuaca sedang cerah. Namun, apabila cuaca sedang hujan, maka suhu kolam pemandian tersebut akan meningkat hingga 80 derajat celcius. Dibandingkan kolam pemandian air panas pada umumnya, Pemandian Air Panas Cisolong memiliki keunggulan dari segi kandungan belerang di dalamnya yang tidak terlalu pekat.

Oleh sebab itu, walaupun Anda sedang mendekat atau berendam di dalam Pemandian Air Panas Cisolong, Anda tidak akan mencium bau belerang yang terlalu menyengat. Dengan demikian, Anda bisa merasakan sensasi berendam sekaligus berenang dalam kolam air hangat layaknya di hotel-hotel mewah. Kelebihan lain dari Pemandian Air Panas Cisolong adalah kolamnya dilengkapi dengan fasilitas undakan atau semacam tangga yang memungkinkan Anda untuk duduk sambil berendam.

Lihat Juga:   Padang Savana Bromo, Luas Menghampar Hijau di Selatan Gunung Bromo

Di kawasan Cisolong sendiri rupanya ada 2 kolam pemandian air panas yang satu dikelola oleh Pemkab Pandeglang, sedangkan satunya lagi adalah kolam air panas miliki perorangan. Letak kolam air panas milik perorangan tersebut berada di sebelah bawah kolam milik Pemkab Pandeglang.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cisolong

Di pemandian juga disediakan fasilitas yang cukup komplit. Misalnya saja kolam pemandian untuk dewasa dan anak-anak, tempat perendaman perorangan dan keluarga, kemudian restoran-restoran kecil yang menjual , hingga kegiatan ekstrem seperti flying fox. Untuk menjajal flying fox, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10 ribuan per orang. Cukup murah bukan? Selain itu, ada pula fasilitas pendukung lainnya seperti musala, gazebo untuk sekadar bersantai bersama keluarga, kamar mandi, air, dan sebagainya.

Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang - lifestyle.liputan6.com

Pemandian Air Panas Cisolong Pandeglang – lifestyle.liputan6.com

Pemandian Air Panas Cisolong disebut-sebut memiliki kandungan kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, hypertherma dengan kadar zat aluminium yang cukup tinggi, sehingga berendam di dalamnya diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja untuk menyembuhkan penyakit rematik, gangguan saraf, dan segala penyakit kulit.

Apabila Anda memutuskan untuk berwisata ke Pemandian Air Panas Cisolong, pastikan Anda membawa baju ganti serta perlengkapan mandi untuk membilas diri setelah puas berendam. Jangan lupa untuk membawa perbekalan secukupnya untuk mengisi perut. Namun, bila Anda tidak sempat membawa bekal pun tidak perlu risau, sebab di sekitar lokasi Pemandian Air Panas Cisolong, kabarnya ada beberapa warung yang menjual makanan.

Pertimbangkan juga faktor keamanan ketika hendak ke Pemandian Air Panas Cisolong, terutama bagi Anda yang membawa anak-anak. Meski di Pemandian Air Panas Cisolong sudah disediakan petugas untuk berjaga, tetapi tetap saja Anda harus selalu mengawasi anak Anda dan mendampinginya saat berendam di Pemandian Air Panas Cisolong.

[Update: Nurina Thirafi]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>