Fasilitas dan Harga Rumah Pohon Taman Dayu, Pasuruan




Pengunjung Rumah Pohon Taman Dayu (sumber: tripcanvas.co)
Pengunjung Rumah Pohon Taman Dayu (sumber: tripcanvas.co)

Pasuruan menjadi salah satu bagi orang-orang yang berada di Malang, Surabaya, dan sekitarnya. Selain karena dekat, di daerah ini terdapat banyak tempat yang menarik, salah satunya Rumah Pohon Taman Dayu. Objek wisata tersebut tidak hanya menawarkan fasilitas lengkap bagi pengunjungnya, tetapi juga harga sewa yang relatif .

Fasilitas Rumah Pohon Taman Dayu

Rumah Pohon Taman Dayu berlokasi di kawasan agrowisata dan hutan pinus di Kabupaten Pasuruan. Pohon Taman Dayu sendiri merupakan sebuah bentuk dari upaya pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya area Pasuruan yang diatur dalam undang-undang.[1] Dengan adanya objek wisata tersebut, pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar menjadi lebih baik dan berkembang. Ini juga berdampak pada tingginya lonjakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah Pasuruan.

Rumah Pohon Taman Dayu tidak hanya menawarkan keindahan kawasan agrowisata. Di daerah tersebut, Anda bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan pinus yang tinggi. Banyaknya pohon pinus di kawasan ini membuat area memiliki hawa yang sejuk di siang hari dan dingin menjelang malam.

Tidak hanya sejuk, daerah tersebut juga hampir terlihat seperti area berbukit dengan hutan kecil. Sehingga, Anda bisa melihat hutan-hutan kecil dari ketinggian tertentu. Selain seperti bukit, tanah di daerah ini juga terbilang subur dan cukup gembur dengan lapisan rumput hijau di atasnya. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan sepatu atau sandal yang ringan. Ini akan membantu mempercepat pergerakan Anda saat mengeksplorasi daerah tersebut.

Lihat Juga:   Info Penginapan Strategis di Dekat Wisata Pantai Akkarena Makassar
Rumah pohon Taman Dayu (sumber: kumparan)
Rumah pohon Taman Dayu (sumber: kumparan)

Memasuki area rumah pohon, Anda bisa melihat pondokan kecil yang terbuat dari kayu, dilengkapi dengan beranda dan tangga. Setiap rumah pohon dibangun tepat di bawah pohon pinus yang berukuran tinggi sebagai penyangga tiang pondokan. Di bagian bawah rumah pohon, terdapat tanda khusus apakah rumah tersebut sudah disewa atau belum.

Jika rumah pohon belum disewa, Anda bisa berfoto-foto di bagian tangga hingga beranda. Namun, jika pondokan tersebut sudah disewa, Anda dilarang menginjak tangga bagian rumah pohon. Selain itu, Anda juga tidak boleh membuka pintu pagar rumah pohon atau berfoto di tangganya.

Rumah pohon yang ada di area hutan pinus juga terlihat rapi dengan letak yang agak berjauhan dan biasanya berada di pojok area. Ini bertujuan untuk mempermudah para wisatawan saat ingin berfoto di depan rumah pohon, sekaligus menjaga privasi orang yang ingin menyewa.

Rumah pohon tersebut bisa disewa sehari semalam, cocok bagi Anda yang ingin tidur di alam bebas. Karena rumah pohon tidak terbuat dari semen atau bata, suara binatang seperti jangkrik bisa Anda dengarkan dari dalam . Ini menimbulkan suasana seperti ketika Anda berkemah, namun dengan fasilitas lebih lengkap.

Setiap rumah pohon dilengkapi dengan dua pintu, yaitu pintu pagar dan pintu ruangan atau kamar. Bagian luar kamar adalah beranda depan yang difasilitasi dengan tempat duduk untuk bersantai. Kebanyakan tamu memanfaatkan tempat ini sebagai area minum teh atau kopi sambil menunggu malam.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Pantai Pulo Manuk
Rumah pohon Taman Dayu (sumber: kumparan)
Rumah pohon Taman Dayu (sumber: kumparan)

Ruang kamar di rumah pohon cukup luas dengan kelengkapan berupa tempat tidur yang nyaman dan digelar di lantai, cermin, dan tikar. Selain itu, ada juga fasilitas berupa stop kontak, kipas angin, dan lampu kamar. Sehingga, meskipun Anda berada di tengah hutan pinus, Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk bermain gadget.

Kamar mandinya sendiri tidak berada di dalam kamar, tetapi di luar kamar. Kamar mandi umum ini bisa digunakan oleh tamu yang menginap di rumah pohon atau wisatawan yang hanya berkunjung. Kamar mandi tersebut terbilang bersih dengan bak air yang cukup besar dan shower.

Harga Rumah Pohon Taman Dayu

Menurut pengunjung yang pernah menginap di Rumah Pohon Taman Dayu, Anda perlu membayar sewa kamar dengan harga Rp300.000 per malam, dan memiliki kapasitas 6 hingga 8 orang. tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Tiket parkir kendaraan di sini cukup , yakni Rp2.000 per kendaraan.

sewa kamar Rumah Pohon Taman Dayu tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai tips jika Anda ingin menginap, sebaiknya Anda membawa perbekalan yang cukup, termasuk lotion anti nyamuk, minyak angin, baju, dan . Sehingga, Anda bisa bermalam dengan nyaman.

[1] Tjahjono, Jojok Dwirido, dkk. 2018. Kebijakan dan Strategi Pengembangan Kawasan Agroekowisata Kecamatan Tutur di Kabupaten Pasuruan. PEDULI Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 2(1): 32-39.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan