Fasilitas dan Biaya Tiket Wisata Green Canyon




Bagi Anda yang ingin melihat Grand Canyon, tak perlu jauh-jauh pergi ke Arizona, Amerika Serikat. Indonesia ternyata juga memiliki Grand Canyon yang tak kalah indahnya, yang biasa disebut Green Canyon. wisata ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, atau sekitar 31 km dari .

Green Canyon merupakan aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Diapit dua bukit dengan hiasan bebatuan dan rerimbunan pepohonan serta airnya yang tenang dan berwarna hijau toska, menjadikan tempat ini suatu lukisan alam yang mengagumkan untuk dijelajahi.green-canyon-ciamis

Green Canyon sebenarnya bernama asli Cukang Taneuh, yang berarti jembatan tanah. Dinamakan demikian karena letaknya berada di atas lembah. Selain itu, di jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah selebar tiga meter yang menghubungkan Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras.

Pada tahun 1993, seorang turis dari terpesona dengan keindahan alam dan sungai yang bening berwarna hijau toska saat berkunjung ke daerah ini. Lalu, terinspirasi Grand Canyon, turis asal itu pun menyebut tempat ini dengan nama Green Canyon.

Untuk menjelajahi Green Canyon, pengunjung bisa menyewa perahu untuk menyusuri sungainya. Bagi pengunjung yang mahir berenang, mereka juga bebas menikmati keindahannya dengan berenang maupun menyelam. Namun bagi pengunjung yang tidak begitu mahir berenang, bisa menyewa pelampung serta mendapat panduan dari pengelola.

Selain menawarkan pesona alam, Green Canyon juga sudah dilengkapi dengan berbagai , seperti tempat ibadah, restoran, toilet, dan toko suvenir. Untuk pengunjung dari luar kota, tidak perlu khawatir, karena di sekitar kawasan Green Canyon terdapat beberapa penginapan atau homestay.

Untuk menuju Green Canyon, pengunjung bisa naik angkutan umum dari Pangandaran menuju Cijulang. Kemudian, dilanjutkan menggunakan ojek menuju dermaga Ciseureuh. Dari sini, pengunjung bisa menyewa perahu untuk menjelajahi Green Canyon. Adapun jam operasional, Green Canyon buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB-16.00 WIB. Khusus hari Jumat, buka mulai jam 13.00 WIB-16.00 WIB.

Berikut biaya tiket masuk Green Canyon.

Sewa PerahuRp150.000
Berenang/PerahuRp100.000 – Rp200.000
Body RaftingRp200.000 per orang
River TubingRp250.000 per orang

Sementara, berikut yang ada di sekitar kawasan Green Canyon.

Nama PenginapanFasilitasTarif per Malam
Homestay Kang Sarip3 , extra bed, air panas, parkir mobil, TV, ruang , dapur, kipas anging, maksimal 10 orangRp550.000 (weekday)

Rp650.000 (weekend)

Homestay Pak Idhar3 kamar, parkir mobil, TV, ruang keluarga, dapur, kipas angin, maksimal 10 orangRp500.000 (weekday)

Rp600.000 (weekend)

Homestay Kang Yuli2 kamar, parkir mobil, TV, ruang keluarga, dapur, kipas angin, maksimal 10 orangRp500.000 (weekday)

Rp600.000 (weekend)

Homestay Ibu Kasmah2 kamar, parkir mobil, TV, ruang keluarga, dapur, kipas angin, maksimal 10 orangRp500.000 (weekday)

Rp600.000 (weekend)

Pemesanan untuk homestay sebaiknya dilakukan 5 hari sebelumnya. Selain itu, pemesanan dilakukan dengan pembayaran down payment (DP) 50% dan dilunasi minimal dua hari sebelum kedatangan. Pembatalan sewa kurang dari dua hari akan dikenai biaya 100% dari total sewa atau dipersilakan dipindahkan ke penyewa lainnya dengan pemberitahuan sebelumnya.

Lihat Juga:   Helena Guest House, Penginapan Unik di Tengah Kota Malang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan