Deretan Homestay Layak Inap di Taman Nasional Ujung Kulon




Wisma Sarang Badak - travel.detik.com
Wisma Sarang Badak - travel.detik.com

Meski masih jarang, namun ada beberapa yang bisa Anda jadikan menginap ketika sedang melakukan kunjungan ke Nasional Ujung Kulon. Dengan tarif kamar yang lebih , namun fasilitas yang ditawarkan homestay-homestay tersebut cukup memadai. Berikut beberapa homestay dan penginapan sejenis di Ujung Kulon.

Homestay Rimba Jaya

ini terletak di area Taman Nasional Ujung Kulon, Kertajaya, Sumur, Kabupaten , Banten. Lokasi Homestay Rimba Jaya berada bersebelahan dengan kantor perwakilan Perhutani, Desa Taman Jaya, sehingga sangat dekat dengan dermaga dan mudah ditemukan oleh wisatawan yang ingin berlibur ke taman nasional tersebut.

Menurut ulasan beberapa tamu yang pernah singgah di tempat ini, Homestay Rimba Jaya dikatakan sebagai penginapan yang bagus untuk bermalam dan strategis untuk mengeksplorasi Taman Nasional Ujung Kulon. Selain itu, akomodasi ini juga terletak di tepi pantai Desa Taman Jaya serta kantor lapangan taman nasional.

Secara tampilan, Homestay Rimba Jaya sebenarnya mengusung desain yang tidak jauh berbeda dengan penginapan sejenis. Ketika Anda tiba di tempat ini, Anda akan disapa dengan halaman yang sangat luas dan bangunan memanjang ke samping yang didominasi warna kuning dan cokelat di dinding luar. Sementara, keberadaan tanaman hijau membuat penginapan ini berkesan asri dan damai.

Sebagai tempat bermalam, Homestay Rimba Jaya telah dibekali dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, para tamu akan menemukan dua tempat tidur model single bed, kipas angin, dua unit kamar mandi di dalam kamar, serta enam kamar mandi di luar kamar. Jika berminat, informasi tarif dan bisa Anda peroleh dengan menghubungi nomor ponsel 0857 8234 8844.

Homestay Rimba Jaya - www.ujung-kulon.com
Homestay Rimba Jaya – www.ujung-kulon.com

Homestay Sunda Jaya

Akomodasi juga berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Di dalam blog pribadinya, penginapan ini diketahui dibangun dengan bantuan WWF Ujung Kulon karena pada saat itu belum ada penginapan seperti homestay di Desa Taman Jaya. Homestay Sunda Jaya merupakan salah satu akomodasi yang disarankan oleh salah satu situs online.

Lihat Juga:   Villa Kalendra, Penginapan Murah Dekat Candi Songgoriti, Batu

Sebagai sebuah tempat bermalam, penginapan tersebut tampil dengan desain yang sederhana, dengan mengedepankan nilai tradisional. Homestay Sunda Jaya memiliki bangunan khas rumah-rumah adat Jawa Barat, dengan dominasi kayu di sekujur bangunan. Karena itu, ketika menginap di tempat ini, para tamu dijamin akan menemukan suasana yang asri dan tenang.

Untuk memanjakan waktu istirahat wisatawan, penginapan yang juga sering disebut Homestay Pak Komar tersebut telah didukung dengan empat kamar yang dilengkapi dengan dua single bed dan kamar mandi yang berada di luar kamar. Tarif menginap per malam dipatok mulai Rp50 ribuan per kamar, sudah termasuk gratis kopi atau teh setiap waktu. Sementara, jika ingin mendapatkan sarapan, perlu menambah biaya sebesar Rp15 ribuan.

Untuk tiba di tempat ini, jika Anda berangkat dari , Anda bisa menuju Terminal Kalideres, kemudian menumpang bus ke Labuan dengan tarif sekitar Rp25 ribuan sampai Rp30 ribuan dengan durasi waktu sekitar tiga sampai empat jam. Setelah sampai Labuan, perjalanan dilanjutkan dengan bus kecil yang langsung ke Taman Jaya dengan tiket sekitar Rp30 ribu. Untuk informasi lebih lengkap atau reservasi, Anda bisa menghubungi nomor ponsel 0818 0618 1209.

Homestay Sunda Jaya - frenkeyblog.com
Homestay Sunda Jaya – frenkeyblog.com

Sarang Badak

Penginapan lain setara homestay yang berlokasi di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Wisma Sarang Badak. Akomodasi ini berada di Jalan Taman Nasional Ujung Kulon No. 100, Desa Kertajaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Selain tempat bermalam, penginapan ini juga memberikan informasi dan jasa pariwisata untuk melakukan kegiatan selama di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Meski bernama Sarang Badak, namun wisma ini bukan sarang sungguhan dari hewan bercula satu tersebut. Nuansa alami lengkap dengan pepohonan yang rindang serta arsitektur tradisional menjadi ciri khas Wisma Sarang Badak. Hawa pedesaan yang tersaji di sini juga bisa membuat tamu malas untuk keluar dari selimut dan bangkit dari tempat tidur.

Lihat Juga:   Griyo Sultan Agung, Akomodasi Terjangkau Dekat Gedung DPRD Kota Malang

Struktur bangunan yang terbuat dari material alami, seperti bambu, kayu, dan daun kirai untuk atap, memang membuat penginapan ini tampil unik. Tidak hanya itu, Wisma Sarang Badak juga tidak menggunakan AC karena dapat merusak atmosfer. Namun, tamu tidak perlu takut kepanasan karena atap yang terbuat dari kirai akan membuat mereka tetap terlindung dari terik matahari.

Sebagai tempat singgah, penginapan ini telah didukung dengan fasilitas yang cukup memadai. Di area umum, tamu bakal menemukan meja dan kursi di teras untuk bersantai, ruang tamu dengan perabotan dari kayu, hingga kamar mandi. Sementara, untuk kamarnya, telah didukung dengan dua single bed yang nyaman, meja, serta teras plus kursi dan meja. Dengan tarif mulai Rp200 ribuan per malam, pemesanan kamar bisa Anda lakukan melalui nomor ponsel 0813 9916 5205.

Di samping tiga penginapan tersebut, sebenarnya masih ada akomodasi lain di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, namun rata-rata memiliki tarif lebih mahal. Untuk Anda yang punya bujet berlebih, mungkin bisa singgah di Ciputih Resort yang terletak di samping Pantai Ciputih. Memiliki 50 unit kamar, akomodasi ini telah didukung dengan fasilitas seperti AC, double bed, TV kabel, kamar mandi pribadi, refrigerator, hingga shower. Untuk booking kamar, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 828 1093.

Selain itu, ada Honje Eco Lodge yang juga berlokasi di Taman Nasional Ujung Kulon. Ini sebenarnya merupakan villa pribadi yang akhirnya disewakan untuk umum. Ada dua villa yang disewakan di tempat ini, yaitu Rumah Merah dan Rumah Biru. Dengan tarif mulai Rp1 jutaan hingga Rp2 jutaan per malam (ketika hari biasa), reservasi bisa dilakukan melalui nomor ponsel 0857 8006 6198.

Wisma Sarang Badak - travel.detik.com
Wisma Sarang Badak – travel.detik.com




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan