Daftar Penginapan Murah & Strategis di Kroya, Cilacap




Hotel Srandil - @Frederica Cynthia
Hotel Srandil - @Frederica Cynthia

Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang posisinya berbatasan langsung dengan salah satu daerah di Jawa Barat, yakni Pangandaran. Cilacap mempunyai pesona laut atau yang luar biasa, sebab bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia. Wilayah Cilacap sendiri cukup luas, dan di dalamnya termasuk daerah Kroya yang cukup ramai.

Kroya adalah sebuah kota di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Masyarakat Kroya sebagian besar menggunakan Bahasa Jawa-Banyumasan dan Bahasa Jawa Surakarta. Kota ini termasuk kota yang berkembang dan menjadi pusat perdagangan di wilayah timur Cilacap.

Kroya pun dikenal sebagai jalur pertemuan antara jalur KA dari arah Bandung-Tasikmalaya dengan jalur KA dari Cirebon (Kejaksan)-Purwokerto menuju antara dari Yogyakarta, Madiun, dan Surabaya. Hal itu pula yang menyebabkan Stasiun Kroya mempunyai tingkat lalu lintas terpadat di Daerah Operasi 5 Purwokerto. Bahkan Stasiun Kroya diklaim sebagai stasiun terbesar di wilayah Kabupaten Cilacap.

Karena menjadi persimpangan menuju berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat, tak heran jika wilayah ini pun padat. Untuk mengakomodir para pendatang yang kebetulan sedang bepergian ke Kroya, alhasil dibangun beberapa akomodasi di Kroya, terutama di dekat stasiun supaya bisa menampung para yang baru saja turun dari kereta api.

Bagi Anda yang berencana menginap atau transit di Kroya, tampaknya harus sedikit beradaptasi dan bersabar. Pasalnya Anda mungkin agak kesulitan untuk menemukan berbintang. Di Kroya kebanyakan penginapan yang disediakan adalah kelas melati. Meskipun sepintas tampak sederhana dan minimalis, tetapi fasilitas yang ditawarkan cukup layak untuk dijadikan tempat menginap. Berikut ini informasi lengkap lokasi dan tarif yang ada di Kroya, Cilacap.

Losmen Setia

: Jl. Stasiun No. 59, Semingkir, Bajing, Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53282
Nomor telepon: (0282) 494106

Lihat Juga:   Berlokasi di Klojen Malang, Palmyra Hostel Jadi Favorit Backpacker

Losmen Setia adalah salah satu penginapan kelas melati yang bisa Anda temukan saat sedang berada di Kroya, Cilacap. Meskipun tampilannya sangat sederhana, namun penginapan ini cukup disukai kalangan pendatang atau karena letaknya yang strategis. Hanya berjarak sekitar 50 meter saja menuju Stasiun Kroya. Jadi Anda bisa berjalan kaki dari penginapan untuk menuju stasiun, atau sebaliknya.

Losmen Setia menyediakan sekitar 9 unit yang di setiap sudah dilengkapi dengan fasilitas standar layaknya kipas angin, tempat tidur, meja, kursi, mandi dalam, handuk, sabun batangan, hingga cermin. Rate atau tarif sewa di Losmen Setia cukup murah, jika menginap setengah hari hanya dikenai biaya Rp 80 ribuan, tetapi jika menginap sehari penuh harga sewanya Rp 160 ribu per malam. Setidaknya Losmen Setia bisa Anda jadikan alternatif tempat transit sembari menunggu jadwal kereta.

Losmen Setia
Losmen Setia

Hotel Srandil

Alamat: Jl. Stasiun No. 54, Semingkir, Bajing, Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53282
Nomor telepon: (0282) 494129

Pilihan penginapan berikutnya di Kroya, Cilacap bisa bermalam di Hotel Srandil. Penginapan yang juga kelas melati ini menawarkan kamar-kamar yang cukup nyaman dan bersih, serta dengan harga yang relatif terjangkau. Jarak dari Hotel Srandil menuju Stasiun Kroya hanya sekitar 5 menit berjalan kaki saja. Asyik kan? Anda bisa menghemat ongkos transportasi.

Di Hotel Srandil menyediakan 2 tipe kamar. Yang pertama adalah kamar Standar tanpa AC dengan fasilitas kipas angin dan kloset jongkok. Biaya sewa di kamar standar hanya dibanderol Rp 80 ribuan saja pada hari biasa, sedangkan saat hari libur harganya naik jadi Rp 100 ribuan per malam. Sementara itu di kamar VIP dengan fasilitas penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), spring bed, dan kamar mandi dalam dengan kloset duduk dibanderol dengan harga Rp 150 ribuan per malam, sedangkan tarif saat high season Rp 200 ribuan per malam.

Lihat Juga:   Hotel Nasional Tulungagung, Akomodasi Murah dan Strategis Dekat Stasiun

Selama menginap di Hotel Srandil, Anda bisa menikmati sejumlah fasilitas memadai seperti resepsionis 24 jam, selimut, sampo dan sabun, handuk, area duduk, teras, kopi gratis di pagi hari, hingga area parkir kendaraan yang cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Hotel Srandil - @Frederica Cynthia
Hotel Srandil – @Frederica Cynthia

Hotel Sidodadi

Alamat: Jl. Haris Munandar No. 3, RT 004/RW 003, Semingkir, Bajing, Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53282
Nomor telepon: (0282) 494267

Hotel Sidodadi pun dapat Anda tuju sebagai tempat beristirahat ketika sedang berada di Kroya. Seperti halnya penginapan lain yang telah disebutkan sebelumnya, letak Hotel Sidodadi pun cukup dekat dengan Stasiun Kroya. Sayangnya resepsionis penginapan ini kabarnya tidak buka selama 24 jam.

Apabila Anda ingin cek di malam hari atau di luar jam check in biasanya, Anda lebih baik melakukan atau membuat janji terlebih dahulu dengan menghubungi pihak hotel. Fasilitas di Hotel Sidodadi pun standar, hanya ranjang, kamar mandi, tempat parkir kendaraan, dan lain-lain. Di Hotel Sidodadi terdapat sekitar 12 unit kamar yang disewakan dengan harga antara Rp 50 ribuan hingga Rp 200 ribuan per malam.

Sayangnya di wilayah Kroya, Cilacap penginapannya memang terbatas. Kalaupun ada, biasanya hanya penginapan-penginapan kelas melati. Anda bisa menemukan lebih banyak penginapan di wilayah terdekat seperti Menganti hingga daerah Banyumas yang paling dekat dari Stasiun Kroya.

Apabila ingin menginap di seputaran Cilacap, Anda bisa memilih penginapan seperti Hotel Serayu yang ada di daerah Kesugihan dan tarifnya mulai Rp 30 ribuan saja per malam, kemudian ada Hotel Anggrek dengan tarif mulai Rp 36 ribuan, dan masih banyak lagi.

Hotel Sidodadi - mapcarta.com
Hotel Sidodadi – mapcarta.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*