Banyu Biru, Wisata Pemandian Alami di Kabupaten Pasuruan




banyu biru - wisatanesia.co

Selama ini, Kabupaten Pasuruan memang lebih dikenal dengan objek wisata Penanjakan sebagai spot untuk melihat terbit (sunrise) di . Namun ternyata, tak cuma Penanjakan yang menjadi wisata andalan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten tersebut. Pasuruan juga punya Banyu Biru, sebuah pemandian dengan nuansa yang masih alami.

banyu biru - wisatanesia.co
banyu biru – wisatanesia.co

 

Pemandian alam Banyu Biru terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. ini berjarak sekitar 15 km atau 30 menit berkendara dari arah Kota Pasuruan.

Jika ditelusuri, Pemandian Banyu Biru telah ada sejak zaman Kolonial . Ini bisa dilihat dari foto kuno tahun 1900-an koleksi KILTV dan Tropen Belanda. Saat itu, banyak turis Eropa yang pelesir ke tempat ini. Selain berenang, mereka juga bermain-main dengan monyet-monyet liar yang jinak.

Dulunya, Pemandian Banyu Biru disebut dengan Telaga Wilis. Banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa air di pemandian ini bisa membuat awet muda. Bahkan, pada hari tertentu dalam kalender Jawa, banyak pengunjung yang melakukan ritual di pemandian ini.

Di Pemandian Banyu Biru, terdapat empat dengan ukuran cukup besar. Dua kolam pertama adalah kolam dengan sumber mata air asli dari alam, sedangkan dua kolam lainnya adalah kolam renang buatan.

Selain kolam renang yang cukup besar, wisatawan juga bisa menemukan sisa arca yang saat ini dikumpulkan dan tergolek di sebuah sudut pemandian. Arca-arca itu diidentifikasi oleh arkeolog asal Belanda pada tahun 1929.

Peninggalan paling menarik di pemandian ini adalah Kala. Kala ini diramal merupakan bagian dari struktur candi. Karena itu, Banyu Biru sering juga disebut sebagai patirtaan (pemandian kuno) yang dulu dikunjungi Raja Majapahit, Hayam Wuruk, ketika dalam perjalanan ke Lumajang. Ini masih ditambah dengan kumpulan arca yang berciri Siwa yang oleh Mpu Prapanca dituliskan sebagai Desa Buddhis.

Di samping kolam renang dan peninggalan bersejarah, Pemandian Banyu Biru juga menyediakan arena bermain, lapangan tenis, stand pameran, dan juga kolam ikan. Untuk bisa menikmati serunya bermain air di Pemandian Banyu Biru, pengunjung cukup membayar masuk sebesar Rp5.000 per orang pada hari-hari biasa.

Lihat Juga:   Homestay Desa Wisata Poncokusumo, Akomodasi Minimalis Tarif Rp100 Ribuan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan