Tempat Wisata Menarik di Urumqi yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Hongshan Park (Red Hill Park) - www.chinatourguide.com

Ürümqi adalah ibukota dari Daerah Otonomi Xinjiang, sebelah barat laut Republik Rakyat Tiongkok. Urumqi sendiri merupakan kota terbesar di bagian barat serta terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai kota terjauh dari laut, sekitar 2.648 km dari garis terdekat. Uniknya, Urumqi dihuni oleh etnis Uyghur yang sebagian besar pemeluk agama Islam.

Posisi Urumqi sendiri berada di perbatasan antara Turki dengan negara bagian Rusia, tak heran jika kebudayaan di sana sebagian besar memadukan kebudayaan Turki dan China. Bagi Anda umat muslim, pelesir ke Urumqi mungkin bisa masuk dalam agenda traveling Anda. Pasalnya di sana ada banyak tempat yang menarik untuk dijelajahi.

Tempat Wisata di Urumqi

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Urumqi tentu saja adalah Hongshan Park alias Red Mountain. yang menyenangkan ini mempunyai beberapa atraksi seperti sebuah kincir raksasa (ferris wheel), sebuah kuil Buddha, dan pemandangan kota yang luar biasa. Saat mengunjungi kuil Buddha di Hong Shan, Anda juga bisa menemukan pagoda yang kerap dijadikan objek fotografi oleh para yang ke Urumqi. Untuk masuk ke Hongshan sendiri sebenarnya gratis, tetapi Anda masih harus mengeluarkan untuk beberapa atraksi.

Hongshan Park (Red Hill Park) - www.chinatourguide.com

Hongshan Park (Red Hill Park) – www.chinatourguide.com

Tak jauh dari Hongshan, Anda bisa mendaki ke area Yamalike Mountain alias Yamalike. Kawasan pegunungan itu bisa menjadi alternatif wisata yang seru bagi Anda penggemar tantangan. Bagi penduduk setempat, Yamalike dijuluki Demon Mountain karena dulu saat Sungai Urumqi sering banjir, lembah ini dan Hongshan dituduh sebagai iblis yang menyebabkan bencana banjir tersebut. Tak heran jika di dekat pegunungan ini terdapat beberapa 2 pagoda yang dibangun untuk menjinakkan ‘iblis’ tersebut. Hingga kini pagoda itu masih ada, namun sayang sungainya sudah hampir surut dan tidak ada.

Lihat Juga:   Objek Wisata di Taiwan yang Wajib Dikunjungi

Suasana di Yamalike Mountain cukup tenang dan tingginya hanya sekitar 1.310 meter di atas permukaan laut. Tak usah khawatir, sebab jalur trekking di Yamalike ternyata sudah berpaving dan sangat mudah untuk dilalui. Ada beberapa spot di Yamalike yang menawarkan view atau pemandangan kota Urumqi yang benar-benar mempesona. Dari puncak tertinggi di Yamalike, Anda bisa menyaksikan secara langsung seperti apa deretan menara dan gedung-gedung tinggi di Urumqi dengan latar belakang Gunung Bogda yang eksotis. Benar-benar panorama yang keren!

Masih berkutat di wisata , Urumqi juga punya sebuah danau yang sangat indah bernama Heavenly Lake. Nama itu memang bukan sembarang nama. Meski mungkin terkesan agak berlebihan, Anda baru akan paham seperti apa indahnya danau itu saat menginjakkan kaki di sana langsung. Heavenly Lake terletak di tengah Puncak Bogda, sekitar 110 km di sebelah timur Urumqi. Danau tersebut sumber airnya berasal dari salju yang mencair. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menikmati pemandangan terbaik di Heavenly Lake, sebaiknya berkunjunglah ketika musim panas.

Di Heavenly Lake Anda bukan hanya bisa menikmati hamparan danau yang luas atau pemandangan langit biru yang cerah, tetapi Anda juga bisa memancing ikan di sore hari menjelang petang. Suasananya yang mempesona mungkin tak akan bisa Anda temukan di tempat lain. Jangan khawatir, harga tiket masuk (entrance fee) ke Heavenly Lake tidak terlalu mahal kok, hanya CNY 60 saja pada low season (November-Maret) atau sekitar Rp 127 ribuan per orang, sedangkan saat high season (April-Oktober) harga tiket dipatok CNY 125 atau Rp 264 ribuan jika dikonversikan dalam rupiah.

Kuil Buddha Hong Shan - www.flickr.com

Kuil Buddha Hong Shan – www.flickr.com

Nah, bila Anda termasuk turis pecinta wisata . Jangan lewatkan berkunjung ke Xinjiang Regional Museum. Tempat wisata satu ini berlokasi di Xibei Rd, di Kota Urumqi. Museum Xinjiang adalah sebuah museum besar terpadu serta menjadi pusat koleksi dan studi peninggalan yang ditemukan di wilayah tersebut. Objek wisata yang dibangun sejak tahun 1953 silam ini mempunyai lebih dari 50.000 koleksi yang mewakili etnis dan kemanusiaan di wilayah tersebut.

Lihat Juga:   Biaya dan Fasilitas Penginapan di Pulau Oar, Banten

Ke Urumqi rasanya juga belum lengkap bila belum berbelanja ke pusat perbelanjaan ternama The Xinjiang International Grand Bazaar. Bazaar Market yang menjadi ikon dari Kota Urumqi ini adalah pasar terbesar yang ada di wilayah Provinsi Xinjiang dan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat Xinjiang yang sebagian besar adalah muslim.

Bazaar ini punya keunikan berupa keseluruhan arsitektur bangunannya yang bernuansa Timur Tengah, lengkap dengan bangunan masjid dan menara yang berdiri megah. Tak cukup sampai di situ, Bazaar Market juga mengombinasikan kegiatan budaya Islam, turisme, dan hiburan. Di sana Anda bisa menemukan gerai makanan cepat saji seperti KFC, pasar jajanan, souvenir, pakaian, sepatu, dan masih banyak lagi.

Satu lagi objek wisata menarik yang tak boleh Anda lewatkan, yakni Shuimogou Park yang terletak 5 km di timur laut Kota Urumqi. Shuimogou Park adalah kawasan resor yang indah dan terkenal lewat pemandian air panasnya di seluruh China dengan suhu rata-rata 38-40 derajat celsius sepanjang tahun. Pemandian air panas di Shuimogou Hot Spring diklaim mengandung natrium, kalium, radon, zinc, dan lain-lain yang kabarnya juga bisa diminum sebagai air mineral. Selain berendam dalam air panas, Anda juga bisa mengadakan pesta BBQ atau berolahraga ski ketika musim dingin.

Selain tempat-tempat wisata yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak destinasi menarik lain di Urumqi seperti Confucian Temple, Liyushan Park, Jalur Sutra (Silk Road), Water Mill Valley, Dabancheng, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>