Balkondes Tuksongo, Kawasan Wisata & Homestay Eksotis di Borobudur




Balkondes Tuksongo Borobudur - www.agoda.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Candi yang terkenal, Anda jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Balkondes Tuksongo. Ini adalah salah satu kawasan wisata sekaligus penginapan yang tengah hits di kalangan traveler. Pasalnya, dengan menginap di tempat ini, wisatawan diklaim akan merasakan sensasi menjadi seorang bangsawan, meski hanya untuk satu malam.

Sebelum membahas mengenai Balkondes Tuksongo, tidak ada salahnya jika kita mengupas sedikit mengenai pesona Candi Borobudur. Ini adalah candi Buddha, yang seperti namanya, terletak di Borobudur, , Jawa Tengah. Candi Borobudur dikatakan sebagai candi atau kuil Buddha terbesar di dunia dan sempat masuk sebagai salah satu keajaiban di planet ini.

Dilansir dari situs resminya, Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra antara tahun 780 hingga 840 Masehi. Kala itu, candi ini didirikan dengan tujuan sebagai tempat pemujaan Buddha dan sebagai tempat ziarah. Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut ajaran Buddha.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam, terbagi menjadi dua bagian, yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Menurut bukti-bukti sejarah, Candi Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa.

Balkondes Tuksongo Borobudur - www.agoda.com
Balkondes Tuksongo Borobudur – www.agoda.com

Sejak saat itu, Candi Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran (perbaikan kembali). Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, dan kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Candi Borobudur sendiri menjadi objek wisata tunggal yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Pada tahun 1974 silam, sebanyak 260 ribu wisatawan, dengan 36 ribu di antaranya wisatawan mancanegara, datang berkunjung ke monumen ini. Angka ini kemudian meningkat mencapai 2,5 juta pengunjung setiap tahunnya pada pertengahan 1990-an sebelum krisis moneter.

Lokasi Balkondes Tuksongo

Seiring dengan banyaknya turis yang berkunjung ke Candi Borobudur, di sekitar kawasan monumen ini juga telah berdiri banyak akomodasi untuk menginap. Nah, salah satu yang cukup unik adalah Balkondes Tuksongo. Anda bisa menemukan tempat bermalam ini di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, atau berselang 1,42 km dari Candi Borobudur.

Selain dekat dengan Candi Borobudur, lokasi Balkondes Tuksongo juga tidak begitu jauh dari beberapa spot populer di Magelang. Apabila Anda hendak berkunjung ke Kafe Apel Songo, jarak dari akomodasi hanya berkisar 716 meter. Sementara, jika Anda hendak bepergian ke Terminal Borobudur, cukup menempuh sejauh 2,33 km dari properti.

Balkondes sendiri merupakan akronim dari Balai Ekonomi Desa. Dilansir dari situs resminya, Tuksongo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Borobudur, yang memadukan teknologi digital yang kekinian dengan keunikan suasana pedesaan khas Indonesia. Ketika berwisata ke tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan wisata unik yang bervariasi, mulai dari wisata budaya, kesenian, pendidikan, hingga agrowisata.

Pengunjung akan menikmati pengalaman wisata berbasis teknologi digital yang inovatif dan konon katanya sulit ditemukan di tempat lain. Pelayanan maksimal berbasis teknologi digital ini sudah bisa dirasakan mulai dari pemesanan wisata yang dapat dilakukan secara online hingga sistem pembayaran dengan digital cash.

Setelah tiba di area seluas 18.000 m2 ini, petualangan yang sebenarnya akan segera dimulai. Pengunjung akan dimanjakan dengan kegiatan wisata kekinian seperti digital signage, smart parking, dan home automation. Tanpa meninggalkan wisata alam asli Indonesia, turis bisa menikmati pemandangan khas pedesaan berlatar belakang kegagahan Bukit Menoreh dan stupa Borobudur. Untuk memaksimalkan pelayanan bagi para turis, desa wisata ini dilengkapi dengan tiga bangunan utama yaitu Balkondes, , dan juga amphitheater.

Ada beragam produk unggulan yang ditawarkan Balkondes Tuksongo, antara lain seni lukis, seni pahat bambu, seni topeng besi, produksi mie soun, produksi tepung onggok, dan restoran. Sementara, wisata yang disajikan di antaranya budidaya lele terpal, Tuksongo Virtual Arts House, Kesenian Topeng Kawedar, dan perkebunan tembakau.

Balkondes Tuksongo Borobudur - www.traveloka.com
Balkondes Tuksongo Borobudur – www.traveloka.com

Fasilitas Balkondes Tuksongo

Seperti dijelaskan di atas, desa wisata ini juga menyediakan penginapan untuk mengakomodasi tamu yang hendak bermalam. Tempat bermalam ini memiliki arsitektur bangunan khas rumah Joglo Jawa klasik, dengan fondasi menggunakan material kayu, genteng dari tanah liat, dan lis kayu berukir. Meski terkesan sangat tradisional, namun tempat ini tetap nyaman ditempati.

Untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan, pengelola juga telah melengkapi tempat inap ini dengan fasilitas yang memadai. Ketika memutuskan bermalam, pengunjung akan menemukan bebas asap rokok, air conditioner atau AC, TV LCD, hingga perlengkapan untuk mandi. Di samping itu, tersedia juga restoran klasik dan paket tur wisata ke Candi Borobudur.

Tarif Balkondes Tuksongo

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk bisa menginap di Balkondes Tuksongo? Jika Anda berminat singgah, tarif per malam dipatok Rp600 ribuan. sewa tersebut tentunya bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan dan kebijakan pengelola. Untuk memperoleh lebih detail atau melakukan , Anda bisa menghubungi nomor ponsel 0856 2727 959 atau datang langsung ke lokasi.

Lihat Juga:   Villa Orlando Batu, Akomodasi Mewah di Kompleks Panderman Hill Tarif Affordable




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan