Rekomendasi Akomodasi Halal Hotel/Penginapan Syariah di Madiun




Ilustrasi: resepsionis hotel syariah (sumber: ikosindo.co.id)
Ilustrasi: resepsionis hotel syariah (sumber: ikosindo.co.id)

Saat ini, mulai banyak dikenal di tengah masyarakat. Sehingga akomodasi berbasis halal ini turut menjadi tren di industri perhotelan. Meski begitu, tak banyak yang tahu mengenai perbedaan syariah dengan konvensional.

Banyak yang mengira hotel konvensional hanya ditujukan khusus pengunjung yang beragama Islam saja. Padahal, hotel syariah juga terbuka untuk siapa saja tanpa memandang agama. Hal khusus yang membedakan keduanya adalah pengoperasian dan bisnisnya berdasarkan syariat Islam.

Sejumlah regulasi yang harus diperhatikan ketika Anda menginap di hotel syariah yakni saat berkunjung dengan pasangan lawan jenis, maka wajib memperlihatkan bukti dan dokumen pernikahan sebagai persyaratan. Tentu saja hal tersebut berdampak baik untuk kenyamanan seluruh pengunjung hotel sebab telah sesuai dengan ajaran Islam.

Jika dibanding dengan hotel konvensional, jumlah pengunjung dan pangsa pasar dari hotel-hotel syariah juga terbilang banyak. Terlebih bagi hotel-hotel yang menerapkan konsep unik dan berbeda, diimbangi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Hotel syariah pun kini menjadi rekomendasi akomodasi yang nyaman. Salah satunya di Kota Madiun, terdapat sejumlah rekomendasi hotel syariah yang patut Anda coba jika berwisata di sana.

Hotel Setya Syariah

Hotel Setya Syariah Madiun (sumber: pegipegi.com)
Hotel Setya Syariah Madiun (sumber: pegipegi.com)

Akomodasi yang terletak di kawasan Jalan Nori 27 Mangunharjo, Madiun ini terbilang penginapan syariah dengan terjangkau. Mulai dari Rp185.000, Anda dapat menginap di sana. Fasilitas yang ditawarkan begitu lengkap meliputi ruangan full AC, pelayanan restoran, area parkir yang luas dan akses Wifi gratis bagi pengunjung.

Belum lagi pelayanan 24 jam yang ramah dari pihak hotel dan ditunjang dengan laundry akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Akomodasi ini juga sangat mudah diakses dari beberapa tempat populer di Madiun. Jika Anda ingin menuju Alun-alun Kota Madiun, jarak dengan penginapan hanya sekitar 274 meter, sedangkan jarak dengan Stasiun Madiun kisaran 1,69 km saja.

Kategori Fasilitas PenunjangTarif Penginapan
Standar 41 Single Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp185.000
Standar 31 Twin Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp200.000
Superior 21 Queen Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp225.000
Superior 11 Twin Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp265.000

Sarapan tambahan akan dikenai Rp10.000 per orang. Waktu sarapan mulai pukul 07.00-09.00 WIB. Hotel ini memiliki kebijakan untuk tidak menerima yang dilakukan oleh pasangan yang belum menikah. Sehingga setiap pasangan wajib menunjukkan identitas bukti pernikahan seperti KTP suami-istri, foto sertifikat pernikahan atau sejumlah foto pernikahan.

Hotel Airy Syariah Kejuron

Hotel Airy Syariah Kejuron (sumber: traveloka.com)
Hotel Airy Syariah Kejuron (sumber: traveloka.com)

Jika Anda tengah bepergian melewati kawasan Kejuron Kota Madiun, tak ada salahnya untuk mencoba penginapan dengan konsep minimalis ini. Anda dapat mengatur jadwal check in hotel pada pukul 14.00 WIB.

Hotel yang memiliki 52 kamar ini direkomendasikan bagi Anda yang tengah mencari akomodasi dengan terjangkau. Mulai dengan rate penginapan Rp192 ribuan, Anda dapat mencoba pilihan kamar yang tersedia.

Kategori KamarFasilitas PenunjangTarif Penginapan
Standard Twin2 Twin Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp191.800
Standar Double2 Double Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp191.800
Studio 1 Double Bed2 Double Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp276.200
Studio 2 Twin Beds2 Twin Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp276.200
Suite 1 Double Bed1 Double Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp310.700
Family Studio1 Double Bed & 1 Twin Bed

Free Wifi & Breakfast

Rp325.200

Untuk menambah kenyamanan bagi pengunjung, pihak hotel menawarkan layanan pijat spa untuk meningkatkan kebugaran setelah berkeliling Kota Madiun. Akomodasi ini juga cocok untuk keperluan bisnis karena menyediakan layanan rapat dengan fasilitas yang memadai. Tentu saja, tak hanya berlibur Anda juga dapat memaksimalkan waktu untuk rapat di hotel yang didominasi warna cream ini.

Tak jauh berbeda dengan Hotel Setya Syariah, Hotel Airy Syariah juga cukup dekat dijangkau dari Alun-alun Kota Madiun yang hanya berjarak sekitar 678 meter. Selanjutnya jika Anda ingin mendatangi Danau Sarangan, jaraknya juga dekat karena berkisar 21,96 km dari hotel. Hotel dengan tiga lantai ini dapat menjadi pilihan akomodasi Anda dengan pasangan.

Fakta Hotel Syariah

Ilustrasi: kamar hotel syariah (sumber: navitime.com)
Ilustrasi: kamar hotel syariah (sumber: navitime.com)

Tidak diperkenankan membawa pasangan bukan muhrim

Regulasi ini yang jelas membedakan antara hotel syariah dengan hotel konvensional. Jika tak mampu memenuhi persyaratan, maka pihak hotel tak akan memperbolehkan Anda untuk registrasi.

Pegawai hotel menggunakan jilbab dan peci

Hotel berbasis syariah dengan jelas menerapkan aturan menutup aurat bagi seluruh pegawainya. Sehingga ketika menginap di sana, Anda akan merasa jauh lebih nyaman dan aman. Ditunjang dengan sikap ramah, membentuk hotel syariah memiliki pelayanan maksimal.

Makanan dan minuman di hotel syariah sudah pasti halal

Jangan heran jika ketika Anda menginap di sana, tak akan menemukan bar atau restoran yang menyediakan minuman beralkohol dan makanan yang tidak halal. Untuk menjaga mutu, hotel syariah akan makanan dan minuman yang disajikan semua bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Setiap kamar terdapat Alquran, tempat ibadah dan bersuci

Hotel syariah akan memudahkan Anda untuk beribadah dengan layanan yang lengkap sebagai penunjang, mulai dari Alquran hingga tempat ibadah. Tentu saja Anda tak akan kesulitan mencari tempat berwudu karena di sana sudah pasti disiapkan.

Memperhatikan aturan-aturan syariat Islam dalam berbisnis, membuat banyak yang beralih untuk menginap di hotel-hotel syariah. Dengan pelayanan yang menunjang untuk tamu beribadah, tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan kembali menginap.

Lihat Juga:   Wisma Kepodang Kaliurang, Tempat Favorit Untuk Kumpul dan Training




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan