Agro Tawon Rimba Raya, Wisata Petik Madu Edukatif & Menarik di Lawang-Malang

Agro Tawon Rimba Raya - malang.merdeka.com

Ketika berada di Malang, Anda tak perlu kebingungan mencari menarik yang bisa Anda tuju untuk menyegarkan pikiran. Selain berkeliling di sekitar pusat atau merapat ke daerah Batu, Anda juga bisa berjalan-jalan ke daerah Kabupaten , tepatnya ke kawasan Lawang. Jika hendak ke Lawang, cobalah untuk menyempatkan diri mampir ke sebuah wisata menarik bernama Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu.

Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu adalah sebuah objek wisata edukasi yang berlokasi di Ruko Puri Kencana, Jl. Dr Wahidin No. 8, Kalirejo, Lawang, Krajan, Desa Bedali, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65215. Berwisata ke Agro Tawon Rimba Raya bisa menjadi alternatif liburan Anda bersama keluarga di akhir pekan atau saat libur panjang.

Agro Tawon Rimba Raya - www.malangkab.go.id

Agro Tawon Rimba Raya – www.malangkab.go.id

Agrowisata satu ini memelihara sekaligus mengembang-biakkan berbagai jenis lebah yang kemudian dapat dipanen langsung oleh para pengunjung. Akses menuju Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang cukup mudah lantaran lokasinya pun strategis, ada di pinggir jalan provinsi Malang-. Jika dari arah Malang, Anda bisa naik angkutan umum (angkot) warna hijau terang jurusan LA (Lawang-Arjosari). Perjalanan dengan jarak 12 km tersebut memakai waktu sekitar 15-30 menit saja apabila kondisi jalanan sedang lancar.

Petunjuk lokasi Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang ada di sebelah kiri jalan raya, yakni 1 km sebelum pasar dan Stasiun Lawang. Namun jika Anda berangkat dari arah Surabaya, maka usai melewati Stasiun Lawang, papan petunjuk ke arah Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang bisa Anda temui di sebelah kanan jalan.

Kabar baiknya, untuk masuk ke Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang ternyata Anda tak perlu membayar masuk, alias gratis. Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang ini dikelola oleh Bapak Hariyono dan sudah melewati 2 generasi. Agrowisata ini sendiri dibangun sejak tahun 1978 silam oleh Pak Gunawan, orang tua Pak Hariyono. Dari 10 glodok kayu yang digunakan untuk beternak lebah madu, Hariono memutuskan untuk mengembangkan usahanya dengan membuka agro wisata di area perkebunan seluas 6,5 hektare yang ada di belakang rumah dan tokonya.

Lihat Juga:   7 Objek Wisata Wajib Kunjung di Pasuruan

Mulanya agrowisata itu dibangun untuk mengedukasi para peternak lebah yang ada di sekitar Lawang. Pada perkembangannya, Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang bukan hanya terkenal di taraf domestik saja, tetapi juga sudah menggema sampai ke mancanegara. Saat menginjakkan kaki di Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang, Anda akan disambut pemandangan indah berupa hamparan tanaman anggrek, kayu putih, jojoba, randu, sengon, hingga kelengkeng yang menjadi pakan utama dari lebah.

Setidaknya terdapat 3 jenis lebah yang dibudidayakan di Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang untuk diambil madunya, antara lain lebah jenis Apis Melilfira, Acerana, dan Trigond. Sebagai , Apis Melilfira merupakan lebah Australia, kemudian Acerana adalah lebah lokal yang ganas namun tidak berbahaya, dan yang terakhir Trigond merupakan lebah kecil yang tidak menyengat. Dari beberapa jenis lebah tersebut, Apis Melilfira merupakan jenis yang cocok untuk dibudidayakan karena tubuhnya besar dan menghasilkan madu yang paling banyak.

Agro Tawon Rimba Raya - www.jitunews.com

Agro Tawon Rimba Raya – www.jitunews.com

Selain madu, produk-produk yang dihasilkan di peternakan lebah ini ada bermacam-macam, misalnya royal jelly, bee pollen, beeswax, dan propolis. Produk-produk lebah tersebut kemudian dijual di berbagai outlet penjualan yang ada di sana. Jenis madu yang ditawarkan ada beberapa, yakni madu standar, madu anti alergi yang berkhasiat mirip obat, hingga madu klanceng yang dihasilkan oleh binatang mirip tawon tetapi ukuran tubuhnya lebih kecil. Harga madu klanceng di Rimba Raya dijual mulai Rp 75 ribuan hingga Rp 150 ribuan per botol. Anda juga berkesempatan untuk menikmati madu asli langsung dari sarangnya dengan harga Rp 10 ribu per potong.

Lihat Juga:   Info Fasilitas Yang Disediakan Dalam Pesawat Sriwijaya Air Kelas Ekonomi

Secara umum, yang disediakan oleh pihak Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang cukup lengkap, selain dapat menikmati paket wisata edukasi tentang segala hal seputar madu dan proses budidayanya, Anda juga dapat mencoba wisata layaknya program outbond, wisata sehat, petik sayur, petik jamur, area jogging track, tempat bermain alias playground, gazebo untuk bersantai, area parkir kendaraan yang luas, musala, toilet, kantin, auditorium, hingga pusat oleh-oleh.

Bagi Anda yang ingin berkeliling area Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang juga bisa mencoba fasilitas ATV yang disewakan dengan atau sekitar Rp 25 ribu untuk durasi per 15 menit. Yang lebih seru lagi, jangan lewatkan mencoba layanan apitherapy, yakni terapi pengobatan menggunakan sengatan lebah. Sementara itu, yang tersedia di kafetaria Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang cukup variatif. Pastikan Anda menjajal khas di sana seperti ayam goreng, bebek goreng, hingga botok tawon yang unik dan rasanya lezat.

Apabila Anda berencana pergi ke sana bersama rombongan atau ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar fasilitas yang disediakan, sebaiknya melakukan penjadwalan terlebih dahulu dengan menghubungi pihak Rimba Raya di nomor berikut ini.

Agro Tawon Rimba Raya Wisata Petik Madu Lawang

Alamat: Ruko Puri Kencana, Jl. Dr Wahidin No. 8, Kalirejo, Lawang, Krajan, Desa Bedali, Malang, Jawa Timur 65215
Nomor telepon: (0341) 7706622 / 9161000
Fax: (0341) 42074
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-15.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>