Update Tarif Penginapan Dekat Situ Patenggang, Bandung

  • Whatsapp
Situ Patenggang, Bandung (sumber: mytrip123.com)
Situ Patenggang, Bandung (sumber: mytrip123.com)

Untuk menarik minat wisatawan, di sekitar kawasan objek wisata pasti dilengkapi dengan fasilitas pendukung, salah satunya penginapan. Jika tidak berada di wisata, akomodasi-akomodasi ini didirikan tidak jauh dari tempat liburan tersebut berlokasi. Sejumlah spot rekreasi di Indonesia rata-rata sudah didukung dengan fasilitas penginapan seperti ini, tak terkecuali dengan Situ Patenggang.

Situ Patenggang merupakan objek wisata yang berada di Bandung, , tepatnya di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Nama populer yang digunakan sebagai nama danau ini sebenarnya ada dua, yaitu “Situ Patengan” dan “Situ Patenggang”. Kedua nama tersebut memiliki filosofi tersendiri yang menunjukan identitas situ serta saling memiliki keterkaitan .

Bacaan Lainnya

Apabila wisatawan menyebutnya “Situ Patengan”, hal ini mengacu kepada nama desa tempat danau ini berada. Nama “Patengan” berasal dari bahasa Sunda “Pateangan” yang artinya saling mencari. Sementara, nama “Patenggang” sendiri, yang juga dari bahasa Sunda, artinya terpisah dari jarak maupun waktu.

Lihat Juga:   Dipenuhi Perumahan, Ini Rekomendasi Penginapan di Sepatan Tangerang

Awalnya, situ ini adalah bagian dari cagar alam atau taman nasional. Namun, pada tahun 1981, Situ Patenggang diubah menjadi taman wisata alam dan dikelola oleh PTPN VIII kawasan Bandung Selatan. Pengembangan demi pengembangan, termasuk perbaikan sarana transportasi serta fasilitas pendukung wisata seperti penginapan, sarana ibadah, , tempat penjualan cinderamata, tempat parkir, gazebo/shelter, perahu, dan lain-lain, hingga saat ini terus dilengkapi.

Selain itu, Situ Patengan juga memiliki tempat nongkrong berupa kafe. Kafe ini terbilang unik, karena bentuknya yang mirip dengan perahu. Di sekitar kafe, terdapat kawasan yang menghampar luas. Wisatawan pasti akan menyempatkan diri untuk singgah ke tempat ini, sekadar untuk berfoto atau minum teh hangat.

Lihat Juga:   Griya Pesisir & Penginapan Lainnya di Sekitar Pantai Indrayanti

Daftar Penginapan Dekat Situ Patenggang

Penginapan dekat Situ Patenggang, Bandung (sumber: agoda)
Penginapan dekat Situ Patenggang, Bandung (sumber: agoda)
Nama Penginapan Alamat Tarif per Malam (Rp)
Pondok Gembyang- Panas Alam Jl. Patengan KM 38 Baru Tunggul Alam Endah Ciwidey 210.001
Penginapan Nugraha Jl. Patenggang, Rancabali, Ciwidey 160.000
Alend Bungalow and Resto Jl. Raya Patenggang No. 795, RT 2 RW 16, Babakan Jampang Ciwidey 400.000
Rancabali Ciwidey Perkebunan Teh Rancabali 425.000
Cimanggu Cottage Ciwidey Jl. Raya Ciwidey-Kawah Putih 1.500.000
Kampung Strawberry Hotel Jl. Ciwidey-Rancabali KM 7 275.000
Patengan Ciwidey Jl. Ciwidey-Rancabali, Patengan 1.300..000

Biaya sewa kamar di tiap penginapan di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada beberapa tahun lalu, harga sewa kamar di tiap penginapan tersebut berkisar Rp246 ribuan hingga Rp800 ribuan per malam. Reservasi bisa Anda lakukan secara langsung di lokasi atau melalui situs online.

[Update: Almasshabur]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan