Waduk Selorejo: Punya Wisata Air, Spot Mancing, Plus Santai sambil Kulineran

  • Whatsapp

Malang punya dua buah waduk, yakni Waduk Karangkates dan Waduk  Selorejo. Jika Waduk Karangkates terletak di Kecamatan Sumberpucung, Waduk Selorejo berada di wilayah administrasi Kecamatan Ngantang. Tepatnya di Dusun Sedawun, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Waduk Selorejo dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1970 oleh Presiden Soeharto. Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air di Jawa Timur, waduk ini juga menjadi objek yang menarik perhatian banyak pengunjung. Hingga kemudian diberi nama Taman Wisata Bendungan Selorejo. 

Bacaan Lainnya

Bendungan ini memiliki luas sekitar 23 hektar dan berfungsi sebagai sumber air bagi warga sekitar. Dikelilingi perbukitan hijau dan pepohonan rimbun, waduk ini menawarkan pemandangan indah dan menenangkan. Apalagi dengan permukaan airnya yang tenang, menciptakan efek cermin yang memperindah sekitarnya.

Di samping menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat merasakan berbagai aktivitas seru di Waduk Selorejo. Salah satu aktivitas yang populer adalah mendayung perahu. dapat menyewa perahu dan menikmati suasana tenang di atas air sambil menikmati panorama sekitar waduk. Aktivitas ini sangat cocok dilakukan bersama rombongan, baik keluarga maupun teman-teman. Tarif sewa perahu bervariasi, mulai dari Rp80 ribu hingga Rp150 ribu, tergantung jenis perahu yang dipilih.

Lihat Juga:   Bukan Kelas Melati Biasa, Ini Fasilitas dan Tarif Hotel Cendrawasih Jember

Bagi pengunjung yang ingin sensasi lebih ekstrem, di sini juga tersedia fasilitas olahraga air, seperti jet ski dan parasailing. Aktivitas ini pasti cocok buat wisatawan yang hobi memacu adrenalin, memberikan pengalaman tak terlupakan. 

Sementara buat para mancing mania, tersedia pula area khusus memancing di tepi waduk.

Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajahi keindahan waduk dengan bersepeda di area sekitar, atau sekadar piknik santai di tepi hutan yang nyaman. Banyak spot foto yang bisa dijadikan latar belakang untuk mengabadikan momen Anda. 

Bagi pecinta alam bebas dan petualangan, Waduk Selorejo juga punya area camping. Pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di area camping. Menginap semalam di bawah langit yang indah dan gemerlap bintang pasti akan menyenangkan.

Lihat Juga:   Villa Anjani Batu, Penginapan dengan Rating Bagus di Dekat Batu Secret Zoo

Jika camping dirasa kurang nyaman, di sekitar area waduk juga terdapat penginapan. Di antaranya ada Selorejo Hotel & Resort, Omah Kulon Homestay, Layar Selorejo, dan Inna Eight Selorejo Hotel. Tarif penginapan tersebut bermacam-macam, yang termurah mulai Rp250 ribuan saja. 

Untuk semakin melengkapi kebutuhan pengunjung, Waduk Selorejo memiliki berbagai fasilitas. Seperti kuliner dan kafe, wahana bermain anak, mushola, tempat parkir, dan toilet umum. Wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh khas daerah di pusat souvenir, dan toko-toko kecil di sekitar waduk.

Waduk Selorejo telah menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang atau Kota Batu. Keindahan alamnya yang alami, serta beragam aktivitas menarik yang ditawarkan membuatnya menjadi sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Cukup dengan membeli tiket masuk sebesar Rp18 ribu saat weekday, atau Rp20 ribu saat akhir pekan, Anda sudah bisa relaksasi di Waduk Selorejo, dan menikmati berbagai aktvitas menarik yang menyenangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan