Pantai Ngeden, Spot Wisata & Mancing yang Sedang Nge-Hits di Gunungkidul

Pantai Ngeden - eksotisjogja.com

Saat berlibur ke daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, mayoritas wisatawan hanya terfokus untuk berkunjung ke Pulang Sawal alias Indrayanti. Padahal masih banyak menarik lainnya di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi, misalnya Nglimun, Butuh, Wohkudu, Jugala, hingga yang belakangan ini adalah Pantai Ngeden.

Pantai Ngeden atau yang dulunya dikenal dengan nama Pantai Ngedan secara administratif berada di Pedukuhan Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama pantai satu ini memang tergolong unik. Kabarnya nama ‘Ngedan’ sendiri memiliki makna ‘gila’ dalam Bahasa Jawa. Oleh sebab itu, sejak mulai dikelola oleh pemerintah, nama Pantai Ngedan pun diubah menjadi Pantai Ngeden.

Berbeda dari pantai-pantai lain yang sudah lebih dulu nge-hits, kondisi Pantai Ngeden masih cukup alami karena belum banyak terjamah oleh wisatawan pada umumnya. Walaupun tergolong alami, di Pantai Ngeden sudah tersedia beragam yang cukup memadai seperti area parkir kendaraan, warung makan, toilet, gazebo dan sebagainya. Bahkan ada pula camping ground yang letaknya persis di bibir pantai.

Rute Pantai Ngeden Gunungkidul

Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, jalan menuju Pantai Ngeden Gunung Kidul memang cukup jauh, sekitar 55 km jaraknya. Anda bisa menempuh sekitar 2 jam. Rute yang dapat Anda lalui dari Jogja adalah dengan berkendara menuju Ring Road Jl. Wonosari, kemudian ke daerah Sampaan, Piyungan, Bukit Bintang (Patuk Gunungkidul), GCD, Sambipitu, Hutan Bunder, Gading (pertigaan setelah lapangan udara belok ke kanan menuju arah Playen), Tumpak, Pasar Playen, lalu Kecamatan Playen (belok ke kanan menuju Paliyan).

Pantai Ngeden - www.gunungkidulku.com

Pantai Ngeden – www.gunungkidulku.com

Setelah sampai di Pasar Paliyan, Anda bisa berkendara ke pusat latihan TNI AD, ikuti jalan lurus ke arah selatan. Kemudian setelah ada telaga Anda bisa belok ke kanan, menuju Polsek Saptosari, lalu jika bertemu pertigaan tinggal belok ke kanan mengikuti JJLS (Jalan Jalur Lingkar Selatan). Nanti ada Lapangan Saptosari, Anda tinggal lurus saja. Kemudian setelah pertigaan di depan Balai Desa Jetis ambil arah kiri, melewati SMPN 2 Saptosari masih lurus, jika bertemu SD Negeri Bibis lanjut berkemudi lurus saja. Jika bertemu pertigaan, belok kanan dan masuk ke jalan cor beton, Anda tinggal ikuti saja papan petunjuk ke Pantai Ngeden.

Lihat Juga:   Teluk Hijau, Pantai Eksotis di Banyuwangi

Selain jalur tersebut, Anda juga bisa menempuh jalur alternatif dari Yogyakarta menuju Bantul, Imogiri, Tanjakan Siluk, Panggang, Saptosari, Desa Krambil Sawit, Dusun Bedalo, hingga sampai di Pantai Ngeden. Tak perlu khawatir, sebab perjalanan menuju Pantai Ngeden tidak terlalu ekstrem. Anda kemungkinan hanya akan melalui jalanan aspal yang sudah rusak sekitar 1,5 km. Jalurnya juga cukup mudah dilalui lantaran tidak ada jalan menanjak atau turunan yang terlalu curam. Apabila Anda sudah melewati jalan cor beton, maka Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang benar-benar menakjubkan.

Masuk Pantai Ngeden

Karena Pantai Ngeden masih tergolong ‘perawan’, alias alami, maka masih belum ada pungutan tiket masuk di sana. Saat tiba di Pantai Ngeden, Anda kemungkinan akan ditarik parkir sebesar Rp 2.000 saja. Cukup murah bukan?

Pantai Ngeden sendiri menawarkan panorama yang tidak jauh berbeda dari ciri khas pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya, dengan pasir berwarna putih bersih dan karang di bibir pantainya. Namun yang menjadikan Pantai Ngeden unik adalah karena kondisinya yang masih alami. Karena termasuk ‘surga yang tersembunyi’ di Gunungkidul, hampir tidak ada sampah berserakan di Pantai Ngeden.

Meski demikian, Pantai Ngeden sudah mulai ditata dan dikelola dengan dibangunnya beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan para wisatawan untuk sekadar duduk bersantai bersama sembari memandangi deburan ombak di Pantai Ngeden. Garis pantai dari Pantai Ngeden memang tidak terlalu lebar, hanya sekitar 100-150 meter saja.

Pantai Ngeden - eksotisjogja.com

Pantai Ngeden – eksotisjogja.com

Ombak yang ada di Pantai Ngeden juga tidak terlalu besar, sehingga masih relatif aman jika Anda gunakan untuk berenang di pinggir pantai. Namun sebaiknya jangan berenang terlalu ke tengah atau snorkeling di pantai ini, sebab di pinggiran pantai ada karang-karang besar yang cukup berbahaya jika Anda terhanyut ombak hingga membentur karang. Apabila Anda membawa anak-anak juga sebaiknya lebih waspada lagi dalam mengawasi mereka agar tidak tenggelam atau hanyut.

Lihat Juga:   House of Eva Jakarta, Penginapan Murah untuk Rombongan Besar

Area daratan atau lahan di bibir Pantai Ngeden pun cukup luas, sehingga bagi Anda yang tertarik untuk berlama-lama atau menginap di Pantai Ngeden juga bisa membawa tenda sendiri. Aktivitas camping bersama rombongan tentunya akan sangat menyenangkan, terlebih jika sambil memandangi matahari terbit (sunrise) atau terbenam (sunset) di Pantai Ngeden.

Nah, bila Anda membutuhkan spot terbaik untuk memandangi sunset dari Pantai Ngeden, maka Anda bisa beralih ke bagian atas dengan melalui jalan setapak yang telah dibangun sejauh sekitar 400 meter dari bawah pantai. Dari atas puncak bukit yang ada di Pantai Ngeden, Anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang sangat jelas dan pemandangan matahari terbenam di spot ini benar-benar akan menjadi pengalaman yang berkesan.

Kegiatan seru lainnya yang bisa Anda coba saat berada di Pantai Ngeden tentu saja adalah memancing ikan. Bagi warga Gunungkidul atau penggemar olahraga mancing, Pantai Ngeden termasuk salah satu spot memancing terbaik. Pasalnya di Pantai Ngeden ada kawasan terumbu karang yang menjadi bersarangnya ikan kerapu dan lobster. Jadi jangan lupa untuk bawa alat pancing ya saat ke Pantai Ngeden!