Panduan Wisata Hemat ke Malaysia ala Backpacker

Wisata ke Malaysia - www.wibowo.co

Bagi asal Indonesia, terutama kalangan backpacker, negara Malaysia adalah destinasi yang cukup menarik dikunjungi selain Singapura. Selain karena posisinya yang cukup dekat dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki kebudayaan dan bahasa yang tak jauh berbeda dari Indonesia, sehingga negara ini cocok dikunjungi oleh backpacker pemula yang baru saja coba-coba pelesir ke luar negeri.

Meski Malaysia tidak seluas dan sebesar Indonesia, Malaysia punya beragam keunikan yang membuatnya begitu layak untuk dieksplor, mulai dari kulinernya yang lezat dengan percampuran berbagai kultur, kota yang cukup maju, hingga banyaknya destinasi wisata menarik. Berikut ini panduan wisata ke Malaysia ala backpacker yang bisa Anda simak.

Tips Wisata ala Backpacker ke Malaysia

Apabila Anda ingin liburan hemat ala backpacker ke Malaysia, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah berburu dan membeli tiket pesawat saat sedang promo. Mengapa? Biasanya ketika promo beberapa maskapai budget kerap menawarkan harga tiket pesawat Indonesia-Malaysia cukup murah, mulai dari Rp 200 ribuan hingga Rp 900 ribuan untuk sekali jalan. Sebaiknya rajin-rajinlah memantau situs atau akun media sosial maskapai pesawat yang Anda incar.

Wisata ke Malaysia - www.lensanasrul.com

Wisata ke Malaysia – www.lensanasrul.com

Nah, jika Anda ingin mengunjungi 2 negara sekaligus, Anda bisa mencoba ke Singapura dulu, baru kemudian ke Malaysia. Dengan demikian Anda relatif lebih bisa menghemat biaya lantaran dari Singapura Anda bisa berangkat ke Malaysia dengan naik bus. Jika naik bus, lama perjalanannya sekitar 5 jam. Atau bisa juga naik kereta api dari Woodlands ke Malaysia dengan waktu tempuh lebih lama, sekitar 6-7 jam.

Tips ketiga, jangan berlibur saat peak season atau musim liburan. Seperti halnya Indonesia, peak season di Negeri Jiran biasanya ketika Hari Raya Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru. Jadi sebaiknya hindari berlibur pada musim-musim tersebut dan pilihlah tanggal keberangkatan atau tanggal berlibur saat hari kerja alias weekday dan lakukan pembelian tiket sejak jauh-jauh hari.

Lihat Juga:   Tarif dan Fasilitas Penginapan di Kampoeng Kidz Batu

Panduan berikutnya, pilihlah penginapan yang murah. Sebelum terbang ke Malaysia, pastikan Anda telah melakukan hotel dengan cara online atau cara-cara lainnya untuk menemukan penginapan yang termurah. Sebaiknya pesanlah hotel saat masih berada di Indonesia agar dapat memperoleh rate yang lebih murah. Biasanya penginapan murah bisa Anda temukan di kawasan Bukit Bintang dan Chinatown.

Apabila sudah mendarat di Malaysia, hal yang dapat Anda lakukan berikutnya tentu saja pelesir ke tempat- terkenal. Namun jika Anda ingin berhemat, sebaiknya kunjungi beberapa gratis yang ada di Negeri Jiran, misalnya saja Jembatan Putrajaya Malaysia yang terlihat begitu indah dan gemerlap di malam hari, atau bisa juga wisata religi dengan ibadah salat di National Mosque Malaysia atau Masjid Negara yang populer lewat arsitektur bangunannya yang indah, lalu bisa juga mengunjungi Caves yang merupakan tempat suci untuk pemeluk agama Hindu.

Selain mengunjungi destinasi-destinasi tersebut, jangan lewatkan juga berkunjung ke tempat-tempat terkenal seperti Menara Petronas alias Petronas Tower yang merupakan landmark Malaysia, ke Menara Kuala Lumpur untuk melihat pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian 472 meter, hingga pelesir ke kawasan Merdeka Square.

Urusan atau makanan di Malaysia pun tak perlu dirisaukan. Anda yang merupakan backpacker bisa mencari di Alor Street yang disebut-sebut sebagai surganya para pecinta . Di Alor Street Anda dapat menemukan banyak hidangan halal khas Malaysia sampai makanan yang non halal. Tak hanya di Alor Street saja, Anda juga bisa mampir ke Petaling Street yang dipenuhi dengan deretan pedagang makanan, atau mencoba mengisi perut di Food Court yang terdapat di Suria KLCC.

Wisata ke Malaysia - www.wibowo.co

Wisata ke Malaysia – www.wibowo.co

Saat liburan ke luar negeri seperti Malaysia, pastikan untuk tidak hanya membawa uang tunai (cash) dalam bentuk Ringgit (RM) saja, tetapi usahakan untuk membawa kartu kredit dengan logo VISA atau Mastercard untuk berjaga-jaga. Sebaiknya gunakan kartu kredit hanya saat Anda terjebak keperluan mendesak saja. Selebihnya bawa ringgit dalam jumlah lebih untuk kemudian ditukarkan lagi ke rupiah jika masih ada sisa ketika pulang ke Tanah Air.

Lihat Juga:   Lokasi dan Nomor Telepon Hotel-hotel di Pasuruan

Lalu kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan ke Malaysia ala backpacker? Rupanya jika Anda pandai-pandai dalam berhemat, Anda bisa menekan segala pengeluaran yang dibutuhkan selama berada di Negeri Jiran. Menurut beberapa orang yang pengalaman backpacker ke Malaysia, ternyata untuk 3 hari di Malaysia butuh ‘duit’ tidak sampai Rp 1 juta loh! Ada juga backpacker yang hanya menghabiskan sekitar Rp 2,1 jutaan untuk selama 6 hari 5 malam di Malaysia. Luar biasa bukan?

Jika ingin benar-benar hemat, maka jangan samakan wisata ke negara tetangga layaknya hidup di negeri sendiri. Apabila di Indonesia Anda terbiasa makan 3 kali sehari, maka sebaiknya saat berada di Malaysia jangan samakan memakai pola makan 3 kali sehari juga. Anda bisa mengurangi pola makan Anda menjadi 2 kali sehari, misalnya makan siang dan malam saja.

Untuk gambaran secara umum, kebutuhan harian untuk hidup di Malaysia ala backpacker dengan menginap di dorm dengan bunk bed dibutuhkan biaya sekitar RM 15-50, sedangkan untuk makan di pinggir jalan sekitar RM 5-7, dan kebutuhan transportasi RM 1-2,50. Jadi untuk kebutuhan harian keseluruhan bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di salah satu kota yang ada di Malaysia sekitar RM 100 atau Rp 356 ribuan jika dikonversikan dalam rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>