Menikmati Keindahan Laut Sambil Makan Seafood di Pantai Ammani Pinrang




Pantai Ammani Pinrang
Pantai Ammani Pinrang

Kabupaten Pinrang rupanya memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dibanding wilayah lain di Provinsi Selatan. Pinrang memiliki beragam tempat yang mempesona mulai dari Air Terjun Latta Pitu, Air Terjun Sarambu, Air Terjun Salu Baribi, Air Terjun Kali Jodoh, Puncak Karomba, Pantai Wae Tuo’E, Mea, Gua Madingin, Pantai Kappe, hingga yang baru-baru ini populer dan ramai diperbincangkan adalah Pantai Ammani.

Pantai Ammani Pinrang - humas.dprd-pinrangkab.go.id
Pantai Ammani Pinrang – humas.dprd-pinrangkab.go.id

Berawal dari sebuah pantai yang tak terawat, Pantai Harapan Baru Ammani yang terletak di Desa Taddang Pali’e, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan saat ini telah menjelma menjadi sebuah pantai yang cukup populer di kawasan Sulsel. Hampir setiap pekan Pantai Ammani selalu ramai dikunjungi yang sedang berlibur bersama .

Awalnya, Dusun Ammani yang terletak di Desa Mattiro Tasi memang dikenal sebagai daerah yang terbelakang dan taraf perekonomian penduduknya kurang baik. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di sana hanya bekerja sebagai buruh tani dan nelayan tradisional dengan penghasilan yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jika dibandingkan dengan daerah lain yang berada di sekitar, Dusun Ammani memang terbilang cukup tertinggal.

Pantai Ammani Pinrang
Pantai Ammani Pinrang

Namun sejak pertengahan tahun 2015 lalu kondisi di Dusun Ammani mulai berubah setelah warga setempat berinisiatif untuk mengelola pantai yang tak terawat ini menjadi objek wisata yang lebih tertata dan layak untuk dikunjungi. Masyarakat setempat mengelola Pantai Ammani secara swadaya dengan mulai meratakan daerah sekitar pantai yang berbukit dan membuka akses kendaraan untuk masuk ke Pantai Ammani.

Setelah masyarakat berhasil mengelola kawasan wisata Pantai Ammani secara swadaya, pemerintah dan sejumlah pihak pun mulai tertarik memberi bantuan untuk Pantai Ammani mulai dari perbaikan jalan, pembangunan instalasi listrik, hingga perbaikan sempadan pantai. Sejumlah instansi juga memberi bantu berupa pengadaan freezer untuk menyimpan hasil laut dan tempat sampah untuk menjaga kebersihan di sekitar Pantai Ammani.

Lihat Juga:   Daftar Lokasi dan Tarif Penginapan di Bedugul, Bali

Menariknya para pedagang yang ada di kawasan Pantai Ammani memang saling mendukung. Di sana tiap pedagang hanya diizinkan memiliki satu usaha supaya ada pemerataan penghasilan. Jadi jika seseorang menjual ikan bakar, maka ia tak boleh berjualan es kelapa, pakaian, atau menyewakan perahu. Dengan demikian tak ada monopoli perdagangan di Pantai Ammani.

Untuk menuju ke Pantai Ammani dari Kota Pinrang arah barat, Anda hanya perlu menempuh jalur darat sekitar 40 menit saja dan lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Wakka yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Ammani, pastikan untuk datang sejak pagi hari. Sebab suasana di sana sejak pagi saja sudah ramai dan semakin siang akan semakin ramai.

Berbeda dari pantai pada umumnya, untuk urusan di Pantai Ammani Anda tak perlu repot-repot mencari. Pasalnya di kawasan Pantai Ammani tersedia sekitar 70-an restoran yang berjajar rapi di tepi pantai menjajakan menu-menu makanan seafood seperti aneka ikan dan udang segar. Ikan-ikan yang dijual di restoran Pantai Ammani ditawarkan dalam keadaan segar dan bisa langsung diolah di tempat atau dibawa pulang. Asyik kan?

Tersedia berbagai macam ikan, mulai dari ikan cepa, katamba, baronang, sunu, dan kerapu. Yang paling mahal adalah ikan baronang yang dibanderol seharga Rp 60 ribuan per kg dan ikan kakap merah seharga Rp 70 ribuan per kilogram. Sedangkan ikan jenis lainnya berkisar antara Rp 15 ribuan hingga Rp 40 ribuan per kilogram.

Jika ingin menyantap ikan-ikan segar tersebut di tempat, Anda akan dikenai biaya tambahan Rp 30 ribu per kg, sudah termasuk biaya memasak, nasi, sayuran, dan tempat makannya. Tak perlu khawatir kantong jebol saat hendak menikmati kuliner di Pantai Ammani, sebab Anda bisa menyesuaikan menu yang hendak Anda santap dengan anggaran.

Lihat Juga:   Info Harga Tiket Masuk dan Rute Jalan Menuju Taman Love Soreang

Meski ada banyak warung masakan di Pantai Ammani, kondisi di sekitar pantai ternyata cukup bersih. Saat berada di sana Anda bisa melihat banyak anak-anak yang bermain pasir di tepi pantai atau bermain air di pinggir pantai. Ombak di sana tak terlalu besar, sehingga cukup aman untuk digunakan berenang asalkan Anda tak terlalu ke tengah.

Selain tersedia warung masakan seafood, Pantai Ammani juga menyediakan speed boat dan banana boat yang bebas disewa oleh para pengunjung. Apabila Anda ingin menyewa banana boat, perahu tradisional, atau permainan lain, maka Anda akan dikenai biaya sekitar Rp 25 ribuan saja. Cukup murah kan? Di sana juga tersedia gazebo untuk berteduh sambil bersantai. Biaya sewa gazebo di Pantai Ammani berkisar antara Rp 150 ribuan hingga Rp 300 ribuan.

Sayangnya, karena masih dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat setempat, fasilitas yang ada di Pantai Ammani masih minim. Untuk urusan akomodasi, Anda mungkin akan cukup kesulitan menemukan penginapan yang lokasinya dekat dari Pantai Ammani. Sebagian besar wisatawan biasanya memutuskan untuk menginap di Pinrang, terlebih karena jarak dari pusat kota ke Pantai Ammani juga tak terlalu jauh. Selain ke Pantai Ammani, Anda juga bisa mampir ke Pantai Wakka yang letaknya saling berdekatan dengan Pantai Ammani.

Perlu diketahui bahwa warga setempat menerapkan beberapa peraturan yang ketat untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di Pantai Ammani. Misalnya saja larangan membawa senjata tajam dan minuman beralkohol. Pengunjung yang melanggar peraturan tersebut akan dikenai sanksi oleh pihak pengelola.




Tentang Dian Kartika1066 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*