Hotel Transit Parung, Penginapan Budget di Parung yang Dilengkapi Karaoke & Club




Fasilitas kamar Hotel Transit Parung (Bambang Hadhidarsono Djamhoer via Google Travel Guide)
Fasilitas kamar Hotel Transit Parung (Bambang Hadhidarsono Djamhoer via Google Travel Guide)

Parung merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Parung mempunyai sebuah pasar tradisional yang beroperasi selama 24 jam penuh. Selain itu, di Parung juga ada beberapa objek yang cukup terkenal, misalnya saja Taman Pemandian Air Panas Tirta Sanita Gunung Kapur, hingga Tapak (fosil sejarah) di daerah Cidokom.

Tak cukup sampai di situ, di Parung pun terdapat beberapa lokasi ziarah seperti Makam Raden Demang Arya di Waru Jaya, Makam Syeikh Mbah Dempung di Bojong Indah, Makam Mbah Dengkong di Kampung Jeletreng Desa Cogreg, dan Makam H. Mawi di Gang Amsar Kampung Bojong Sempu Indah. Tidak mengherankan jika para atau kaum pendatang biasanya menyempatkan diri untuk mampir ke daerah Parung untuk sekadar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan atau bahkan untuk berwisata ke beberapa wisata yang telah disebutkan sebelumnya.

Kawasan Parung terdiri dari 9 kelurahan, antara lain Bojong Indah, Bojong Sempu, Cogreg, Iwul, Jabon Mekar, Pamager Sari, Parung, Waru, Warujaya, hingga Ciseeng. Di Parung terdapat banyak warung kuliner, tempat hiburan hingga sarana akomodasi yang bisa dituju oleh para wisatawan untuk berekreasi. Bagi masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan Parung, Bogor, Jawa Barat tentunya sudah tidak asing dengan Transit P’Arunk. satu ini termasuk penginapan yang cukup ‘terkenal’ di Parung meski lebih sering dikenal dengan predikat negatifnya.

Berdasarkan berita-berita yang beredar di kalangan penduduk setempat dan juga media massa, Hotel Transit Parung selama ini sering dijadikan sebagai tempat esek-esek. Image ini semakin lekat akibat Hotel Transit Parung yang juga sekaligus menawarkan fasilitas tempat hiburan malam sekaligus karaoke bagi masyarakat di daerah Parung dan sekitarnya.

Menurut penduduk setempat, Hotel Transit Parung sudah berdiri sejak sekitar 18 tahun silam. Dari yang awalnya berupa warung remang-remang, kemudian naik kelas menjadi hotel prostitusi. Keberadaan Hotel Transit Parung disebut-sebut sangat bertentangan dengan kebiasaan warga sekitar yang kabarnya cukup agamis. Warga sekitar mengaku risih lantaran Parung sudah terlanjur melekat dengan stigma mesum.

Hotel Transit Parung tampak depan (Om andri via Google Travel Guide)
Hotel Transit Parung tampak depan (Om andri via Google Guide)

Alhasil sejak beberapa tahun lalu masyarakat sekitar banyak yang menuntut agar Hotel Transit Parung ditutup. Apalagi disinyalir jika hotel tersebut legalitas perizinannya dipertanyakan, namun masih saja melakukan aktivitas yang dapat dikatakan bertentangan dengan norma. Bahkan nyatanya hingga kini Hotel Transit Parung juga masih beroperasi dan menerima tamu.

Beberapa tahun lalu, di Hotel Transit Parung kabarnya juga terdapat kasus pasangan PNS bukan suami istri ditemukan tewas dalam kondisi berpelukan di dalam hotel. Kemudian ada juga isu yang menyebutkan jika di salah satu hotel sempat dijadikan lokasi pembuatan film porno.

Terlepas dari segala isu negatif mengenai Hotel Transit Parung, pada dasarnya hotel ini menawarkan akomodasi yang tergolong nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat. Karena konsepnya adalah hotel transit, maka hitungan durasi menginap di Hotel Transit Parung pun relatif singkat, yakni dihitung per 6 jam. Biasanya jika Anda menginap lebih dari 6 jam, pihak hotel akan menarik tambahan.

Hotel Transit P’Arunk menyediakan beberapa kamar untuk transit, mulai dari kamar non AC yang dibanderol dengan tarif Rp165 ribuan, kemudian untuk kamar ber-AC harganya dibanderol Rp220 ribuan, superior room dikenai rate Rp285 ribuan, deluxe room biaya sewanya Rp380 ribuan, dan yang paling mahal executive room dipatok seharga Rp540 ribuan. Anda bisa memilih kamar yang paling sesuai dengan budget dan juga kebutuhan.

Setidaknya dengan tarif yang ditawarkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk bermalam di Hotel Transit Parung jika kelelahan sehabis menempuh perjalanan jauh atau sekadar mencari tempat beristirahat yang memadai di jalur Parung, Bogor.

Hotel Transit Parung - @Aggie Permana
Hotel Transit Parung – @Aggie Permana

Terlebih karena fasilitas yang tersedia di Hotel Transit Parung cukup lengkap, ada sejumlah unit kamar yang dilengkapi kipas angin atau air conditioner (AC), kemudian ada fasilitas telepon, televisi, kamar mandi dalam, air panas, ranjang yang cukup bersih dan nyaman, dan lain-lain. Selanjutnya di hotel ini juga ditunjang sarana seperti club yang biasanya menghadirkan Disc Jockey (DJ) di akhir pekan. Harga tiket masuk (HTM) ke clubnya biasanya dipatok Rp50 ribuan per orang.

Anda juga bisa menikmati fasilitas karaoke sound system, restoran dengan menu-menu yang menarik, hingga billiard. Bagi yang membawa kendaraan pun tak perlu khawatir, sebab di Hotel Transit Parung dilengkapi area parkir kendaraan yang cukup luas dan bisa menampung beberapa kendaraan sekaligus seperti sepeda motor atau bahkan mobil.

Menurut beberapa tamu yang pernah menginap di Hotel Transit Parung, sebenarnya hotel ini cukup nyaman dan aman untuk dijadikan tempat bermalam. Beberapa orang mungkin mengeluhkan faktor kebersihan di kamar tipe ekonomi. Nah, solusinya tentu sewalah kamar yang tipenya agak mahal agar bisa mendapatkan fasilitas yang sebanding dengan harga.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tarif atau rate untuk menyewa kamar di Hotel Transit Parung bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda tertarik untuk bermalam di Hotel Transit Parung atau mengetahui informasi lain mengenai fasilitas di Hotel Transit Parung, Anda dapat langsung datang ke lokasi atau menghubungi kontak Hotel Transit Parung berikut.

Hotel Transit Parung

Alamat: Jl. Raya Parung Km 39 No. 88, Jabon, Parung, Bogor, Jawa Barat, 16330, Indonesia
Nomor telepon: (0251) 8610118

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Kuningan Guest House, Penginapan Murah di Sentra Bisnis Kuningan




Tentang Dian Kartika1112 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan