Punya Stasiun Bergaya Indische, Adakah Hotel di Maos Cilacap?




Stasiun kereta api Maos, Cilacap (google: Holby Rizky)
Stasiun kereta api Maos, Cilacap (google: Holby Rizky)

Mungkin banyak dari Anda yang belum terlalu familiar dengan Maos. Ini adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Cilacap, yang berselang sekitar 27 km dari ibu kota Kabupaten Cilacap. Walau memiliki sebuah tipe C, Maos memang tidak terlalu populer sebagai tempat wisata. Itulah mengapa agak sulit menemukan penginapan, terutama hotel, di daerah tersebut.

Secara administratif, Kabupaten Cilacap adalah salah satu daerah terluas di Provinsi Jawa Tengah. Itu membuat wilayah ini kaya akan objek wisata. Sejumlah destinasi liburan yang telah terkenal di kalangan pelancong adalah Pantai Teluk Penyu, Cagar Alam Nusa Kambangan, dan Segara Anakan. Selain itu, jangan lupakan juga Cilacap, Pantai Jetis, Benteng Pendem Cilacap, Kampung Laut Cilacap, Benteng Karang Bolong, hingga sejumlah seperti Curug Mandala dan Curug Cimandaway.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cilacap dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, ada 38 destinasi wisata di daerah tersebut, sedangkan yang telah terdaftar sebanyak 6 buah. Dengan banyaknya spot liburan, angka kunjungan turis ke Cilacap pun terus meningkat, dari 409.031 orang pada tahun 2013 menjadi 529.107 orang pada tahun 2016.

Sayangnya, destinasi wisata di Cilacap memang tidak menyebar secara merata. Di Kecamatan Maos misalnya, masih minim spot wisata. Kalaupun ada, kebanyakan adalah tempat kuliner, seperti Warung Ndeso Maos, dan sejumlah tempat pemancingan, seperti Pemancingan Si Mano dan Pemancingan BBM. Itu mungkin alasan kenapa di Maos belum berdiri penginapan sekelas hotel, setidaknya hingga artikel ini diterbitkan.

Namun, bukan berarti di Maos tidak ada tempat bermalam. Masih ada sejumlah homestay dan kamar kost yang dapat Anda jadikan lokasi menginap, termasuk untuk transit setelah bepergian menggunakan kereta api. Sebagai referensi, berikut informasi daftar penginapan di Kecamatan Maos dan kisaran harga sewa kamarnya per malam.

Anggrek Homestay Cilacap

Anggrek Homestay Cilacap (google: Anggrek Homestay)
Anggrek Homestay Cilacap (google: Anggrek Homestay)

Seperti namanya, penginapan ini beralamat di Jalan Anggrek No. 78, Lancar, Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasi Anggrek Homestay termasuk strategis karena tidak jauh dari Jalan Raya Maos Lor. Selain itu, di dekat akomodasi tersebut juga bertebaran tempat kuliner, seperti Mie Ayam Bu WS, Dawet Ayu Mugi Barokah khas Banjarnegara, Dapur Zaza, dan Martabak Mas Damar.

Menurut penuturan pengunjung yang pernah menginap, lokasi memang menjadi keunggulan utama Anggrek Homestay. Tidak cuma dekat dengan tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, properti ini juga berjarak tidak terlalu jauh dari Maos dan terminal. Selain itu, penginapan tersebut juga menawarkan yang nyaman serta yang lumayan memadai.

Secara tampilan, layaknya homestay pada umumnya, bangunan Anggrek Homestay memang tidak terlalu luas, tetapi terkesan bersih dan rapi. Saat Anda tiba di tempat ini, Anda akan menemukan area parkir yang lapang. Sementara itu, di dalam kamarnya sudah disediakan seperti ranjang dan kasur serta lemari pakaian. Ada juga ruang tamu lengkap dengan kursi dan meja yang cocok untuk bersantai.

Tarif Anggrek Homestay

Tipe SewaTarif per Malam
Sewa 1 KamarRp150.000
Sewa 1 RumahRp450.000
Kamar Anggrek Homestay Cilacap (google: Puannisa Pinanggi)
Kamar Anggrek Homestay Cilacap (google: Puannisa Pinanggi)

Informasi harga sewa Anggrek Homestay di atas kami rangkum dari akun Instagram resmi penginapan yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa biaya sewa Anggrek Homestay tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda tertarik menginap, Anda dapat melakukan pemesanan langsung di lokasi atau menghubungi nomor WA 0856 9513 0065. Informasi tambahan, tamu yang memesan kamar jauh-jauh hari diwajibkan membayar uang muka atau DP.

Kost di Maos

Nama KostAlamat
Kafka Kost MaosJalan Gumilir-Purwokerto No. 16, Kampung Baru, Karangreja, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (0857 4711 7300)
Kost Syam JayaJalan Maos-Kesugihan RT 001 RW 001, Kampung Baru, Karangreja, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (0813 2691 6083)

Tarif sewa kost jauh biasanya lebih terjangkau dibandingkan hotel. Selain disewakan bulanan, ada pula kamar kost yang bisa disewa secara harian, mingguan, bahkan tahunan, sehingga cocok untuk mereka yang ingin staycation di Cilacap. Mengenai informasi dan tarif sewa kamar, Anda dapat datang langsung ke lokasi kost yang bersangkutan atau menghubungi nomor kontak yang telah tertera.

Lihat Juga:   Rekomendasi Villa di Sentul Selatan dan Tarifnya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan