Pilihan Penginapan Selain Hotel di Dlingo Bantul, Yogyakarta




Ilustrasi: panorama alam Dlingo, Bantul (sumber: piknikasik.com)
Ilustrasi: panorama alam Dlingo, Bantul (sumber: piknikasik.com)

Tak hanya terkenal dengan pesona alamnya, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta juga populer dengan agrowisatanya. Salah satu tempat rekreasi bernuansa alam yang cukup populer di Dlingo, Bantul adalah Kebun Buah Mangunan yang menawarkan pemandangan hijau dan Pantai Parangtritis.[1] Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi spot wisata tersebut dari luar daerah, pastikan sudah memiliki tempat inap dengan fasilitas lengkap dan tarif relatif terjangkau. Sayangnya, kebanyakan akomodasi di Dlingo, bantul bukan hotel, tetapi homestay dan villa.

Penginapan Rudi

Penginapan Rudi berlokasi di Dusun Pencitrejo, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan dekat wisata Kebun Buah Mangunan. Dari penginapan menuju wisata kebun buah, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar sepuluh menit berkendara.

Mengusung konsep penginapan mewah yang asri, hampir semua bangunan Penginapan Rudi dikelilingi pepohonan rindang. Bahkan, ada taman yang luas di sisi kanan, kiri, dan belakang bangunan. Untuk taman belakang, terhubung dengan area kolam renang yang terbagi menjadi dua bagian, yakni khusus dewasa dan anak.

Taman samping kanan dan kiri bangunan terhubung dengan area parkir berkonsep semi indoor. Masuk bangunan Penginapan Rudi, Anda akan menemukan fasilitas umum lain, seperti ruang bersantai, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi.

Penginapan Rudi (sumber: booking)
Penginapan Rudi (sumber: booking)

Sementara itu, kamar-kamar di Penginapan Rudi sudah dibekali dengan teras atau balkon sebagai area bersantai pribadi. Lalu, bagian dalamnya difasilitasi dengan AC/kipas angin, lemari pakaian, set meja rias, dan rak untuk menjemur handuk. Beberapa kamar juga ada yang dibekali kamar mandi dalam dengan kloset duduk dan shower. Berikut harga sewanya.

Lihat Juga:   Tarif Villa Safira Pacet, Fasilitas Komplet Suasana Asri

Tarif Penginapan Rudi

Tipe Kamar Penginapan RudiTarif per Malam (Rp)
Deluxe Room – Nr121.456
Family Room – Nr299.616

Biaya sewa kamar Penginapan Rudi tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan pemesanan kamar secara langsung di lokasi, melalui situs online, atau menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 0882 3924 0276.

Homestay Sudiono

Homestay Sudiono (sumber: traveloka)
Homestay Sudiono (sumber: traveloka)

Homestay Sudiono beralamat di Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan dekat Kebun Buah Mangunan. Dari tempat inap menuju Kebun Buah Mangunan, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar lima menit menggunakan kendaraan bermotor.

Berada di daerah yang masih asri, bagian depan dan samping akomodasi adalah area perkebunan, sehingga hawa di Homestay Sudiono terbilang sejuk. Memasuki area penginapan, terdapat area parkir yang cukup luas dan terhubung dengan teras. Teras tersebut memanjang dan dilengkapi dengan kursi sebagai tempat bersantai.

Fasilitas publik lain di Homestay Sudiono, yakni ruang bersantai dan spot makan. Sementara itu, kamar-kamarnya dilengkapi dengan tempat tidur, lemari pakaian, dan set meja rias. Ada juga kamar mandi dalam dengan shower dan kloset duduk.

Menurut review pelancong, harga sewa kamar Homestay Sudiono per malam mulai Rp299.999. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau melalui situs online, karena pihak penginapan tidak menerima pemesanan kamar lewat telepon.

Lihat Juga:   Ndalem Kilen Homestay, Akomodasi Klasik & Murah Dekat UB Malang

Opa Doel

Villa Opa Doel (sumber: booking)
Opa Doel (sumber: booking)

Opa Doel ada di Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, dan dekat Kebun Buah Mangunan. Dari villa menuju kebun buah, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar sebelas menit menggunakan kendaraan bermotor.

Mengusung konsep hunian yang asri dan tradisional, bangunan Opa Doel masih terbuat dari kayu dengan atap yang tinggi dan seperti rumah panggung. Sekeliling bangunan adalah taman dengan setapak yang terhubung dengan area parkir.

Tidak disewakan per kamar, Villa Opa Doel disewakan per bangunan atau secara keseluruhan. Para tamu bisa menikmati fasilitas umum yang ada, seperti ruang bersantai, gazebo, taman, area bermain anak, dapur, spot foto, dan ruang makan. Ada juga kamar mandi luar dengan shower dan kloset duduk. Sementara itu, setiap kamar sudah dibekali dengan tempat tidur, lemari pakaian, set meja rias, TV, AC/kipas angin, dan kursi bersantai.

Terbilang cocok untuk acara liburan keluarga, Anda bisa menyewa Villa Opa Doel dengan tarif mulai Rp1.636.364 per malam. Biaya sewa tersebut tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi, melalui situs online, atau telepon di nomor 0812 1705 8780.

[1] Sudiro, Syawal. 2019. Agrowisata KEbun Buah Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Kepariwisataan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta, Vol. 13(3): 1-8.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan