View dan Fasilitas Oke, Berapa Harga Villa Lombok di Pahawang?




Pulau Pahawang (sumber: rutemu.com)

Bagi mereka yang ingin menikmati ekosistem alam dan bawah yang menakjubkan, Pulau Pahawang bisa menjadi referensi yang menarik. Berlokasi di Lampung, pulau ini memang tidak cuma memiliki pantai yang memesona, tetapi juga keindahan bawah laut yang elok. Mengenai penginapan, Anda pun tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia sejumlah akomodasi, seperti Lombok, Villa Terapung Pondok Bagoes, dan beberapa homestay, dengan harga sewa yang dapat disesuaikan bujet .

Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata di Lampung memang semakin berkembang pesat, salah satunya karena provinsi berada tepat di gerbang utama keluar-masuk Pulau Sumatera, khususnya dari Jawa. Menurut Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, pada tahun 2010 hingga 2015, jumlah domestik yang datang ke wilayah tersebut meningkat 61,38 persen, sedangkan kedatangan turis mancanegara naik 67,36 persen.[1]

Hal tersebut tidak mengherankan lantaran Lampung memang dibekali dengan potensi yang menakjubkan. Nah, salah satu spot rekreasi oke di provinsi ini yang menjadi favorit banyak pelancong adalah Pulau Pahawang. Ini adalah sebuah pulau yang masuk dalam daerah administratif Kabupaten Pesawaran. Sekitar tahun 2010, pulau ini mulai dilirik wisatawan, setelah sebelumnya dilakukan konservasi hutan mangrove dan terumbu karang.[2]

Pulau Pahawang sendiri menjadi surga bagi penggemar snorkeling. Pasalnya, ada beberapa spot menarik yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut, di antaranya di Tanjung Putus, Gosongan, Cukuh Pandan, dan Rumah Nemo. Selain menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang lucu, para wisatawan juga bisa mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Pahawang, seperti Pulau Kelagian, Pulau Maitem, dan lainnya.

Lihat Juga:   Tarif Hemat, Ini Rekomendasi Hotel Bintang 3 di Batu, Malang

Fasilitas Villa Lombok Pahawang

Villa Lombok/Andreas Resort di Pahawang (sumber; traveloka)
Villa Lombok/Andreas di Pahawang (sumber; traveloka)

Seiring dengan popularitasnya yang meningkat, kunjungan turis ke Pulau Pahawang pun juga ikutan naik. Hal ini berimbas pada menjamurnya di pulau tersebut. Sebagian besar berupa homestay yang dikelola penduduk lokal, tidak sedikit pula ditemui villa yang oke dan eksotis. Nah, salah satu villa yang sering dijadikan rujukan bermalam banyak traveler adalah Villa Lombok.

Sering juga disebut Villa Andreas Resort, akomodasi ini tentunya berlokasi di Pulau Pahawang, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Apabila wisatawan bertolak dari Kota Bandar Lampung, perlu menempuh perjalanan sejauh 26 km atau sekitar 30 sampai 45 menit berkendara untuk tiba di properti ini. Setibanya di Pelabuhan Ketapang, turis bisa menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Pahawang.

Secara tampilan, Villa Lombok mengusung desain bangunan yang unik, yang mungkin mengingatkan kita akan villa-villa di Lombok. Aroma tradisional sangat kentara di penginapan ini, dengan ornamen kayu mendominasi sebagian besar bangunan. Yang unik, tempat bermalam ini menawarkan sensasi menginap yang seru karena memang berdiri tepat di tengah laut, yang dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu.

Meski tampak tradisional dari luar, fasilitas yang ditawarkan akomodasi ini ternyata cukup lengkap dan sudah modern. Saat menginap di tempat ini, wisatawan akan menemukan ranjang yang empuk berukuran queen size, toilet yang bersih dengan air tawar, hingga pendingin ruangan berupa AC. Ada pula tempat duduk di depan villa yang cocok sebagai spot menikmati pemandangan laut biru, serta air mineral plus dispenser.

Lihat Juga:   Update Daftar Hotel Bertarif Murah di Jakarta Timur

Harga Villa Lombok Pahawang

Villa Lombok/Andreas Resort di Pahawang (sumber; traveloka)
Villa Lombok/Andreas Resort di Pahawang (sumber; traveloka)

Walau unit yang disediakan terbatas, namun kapasitas villa ini ternyata lumayan besar, bisa menampung hingga maksimal 10 orang tamu. Untuk Anda yang berminat menginap, pengelola mematok mulai Rp450 ribuan per malam per orang. Sementara, jika ingin properti yang dilengkapi AC, harganya memang lebih mahal, berkisar Rp800 ribuan per malam.

Harga Paket Tour Pahawang

Selain bisa dipesan secara pribadi, bagi mereka yang tidak ingin repot, sekarang sudah tersedia sejumlah agen tour and travel yang menyediakan paket liburan ke Pulau Pahawang plus menginap di Villa Lombok. Rata-rata, agen perjalanan menawarkan tarif mulai Rp900 ribuan per orang untuk paket tour Pahawang 2D1N, dengan jumlah peserta 8 sampai 10 orang. Namun, ada pula yang mematok tour sebesar Rp840 ribuan per orang dengan durasi inap yang sama.

[1] Al-Khoiriah, Rofiiqoh, Fembriarti Erry Prasmatiwi, M. Irfan Affandi. 2017. Evaluasi Ekonomi dengan Metode Travel Cost pada Taman Wisata Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis Universitas Lampung, Vol. 5(4): 406-413.

[2] Muliarto, Hendro, Isye Nurhasanah Susanah, Citra Persada. 2018.  Analisis Program Pengembangan Ekowisata di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Prosiding Seminar Nasional Perencanaan Pembangunan Inklusif Desa Kota Pascasarjana UNAND, hlm. 115-124.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan