Bumi Perkemahan Nglimut, Wisata Alam Murah & Sejuk di Gonoharjo Kendal




Bumi Perkemahan Nglimut - www.kendalkab.go.id
Bumi Perkemahan Nglimut - www.kendalkab.go.id

Jika Anda merencanakan liburan ke Provinsi Jawa Tengah, dan kebetulan bosan mengunjungi Semarang, Solo, atau Banyumas, Anda bisa menjadikan Kendal sebagai alternatif rekreasi Anda. Masih berbatasan dengan Semarang, kabupaten ini punya beberapa destinasi wisata yang oke, salah satunya Wana Wisata Nglimut di Gonoharjo, yang terkenal akan bumi perkemahannya.

Lokasi Wana Wisata Nglimut

Seperti disampaikan di atas, Wana Wisata Nglimut berlokasi di Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Berada di lereng Ungaran, jalan menuju ini memang sedikit naik dan berliku. Meski demikian, jalurnya sudah bisa dilalui berbagai tipe kendaraan, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua.

Jika kebetulan Anda berangkat dari Kota Semarang, perjalanan dapat dimulai dengan melintasi Jalan Raya Semarang-Boja, melewati Ngaliyan dan Mijen. Setelah tiba di Terminal Cangkiran (atau pertigaan Semarang-Kendal-Limbangan), Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Limbangan. Di Limbangan, ada papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke Wana Wisata Nglimut.

Sementara, apabila Anda bertolak dari Kota Ungaran, Anda bisa mengawali perjalanan ke Wana Wisata Nglimut via Jalan Ungaran-Gunung Pati, dilanjutkan menuju Jalan Gunung Pati-Mijen. Setelah sampai di Mijen, perjalanan bisa diteruskan menuju ke Terminal Cangkiran 9 atau pertigaan Semarang-Kendal-Limbangan), kemudian ke arah Limbangan.

Bumi Perkemahan Nglimut - pramukasma1godong.blogspot.com
Bumi Perkemahan Nglimut – pramukasma1godong.blogspot.com

Pesona dan Wana Wisata Nglimut

Kabupaten Kendal memang dikenal kaya akan wisata alam, baik itu wisata pegunungan maupun wisata laut (terletak di tepi Laut Jawa). Nah, dari sekian banyak wisata alam yang ada di kabupaten ini, salah satu yang cukup terkenal di kalangan traveler lokal adalah Wana Wisata Nglimut, karena menawarkan paket komplet, mulai , , hingga bumi perkemahan.

Namun, untuk bisa sampai ke pemandian air panas atau air terjun, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu dari gerbang masuk sekitar 1 km. Dari loket masuk, Anda akan diajak menurun tangga setapak demi setapak. Sekitar 5 menit perjalanan, wisatawan sudah disuguhi dengan aliran air terjun kecil yang cukup elok. Airnya yang mengalir dingin dapat dijadikan background untuk berfoto atau beristirahat sambil membasuh kaki.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan melewati jembatan kecil, lalu menapaki tangga naik. Karena tangga ini terbuat dari alami dan sedikit batako, maka wisatawan disarankan harus berhati-hati ketika melewatinya, terutama apabila sedang musim hujan sebab permukaan tangga relatif licin dan bisa menyebabkan Anda terpeleset.

Perjalanan dari sungai kecil sampai kolam panas sekitar 10 hingga 20 menit. Bagi mereka yang tidak terbiasa berjalan kaki, tidak perlu panik karena pengelola Nglimut sudah menyediakan gazebo yang di sepanjang jalan yang letaknya di pinggir jalan. Anda bisa memanfaatkan gazebo ini untuk berhenti dan istirahat sejenak.

Setelah melewati perjalanan yang mungkin melelahkan, wisatawan akan menemukan kolam pemandian air panas yang berada di tengah-tengah pepohonan yang sejuk. Di belakang tulisan ‘Gonoharjo Hot Spring Water’, pengunjung bisa mandi di kolam air panas yang kecil dengan pemandangan pepohonan yang rindang dan sedikit berkabut. Konon, air panas di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, seperti panu, kadas, gatal-gatal, dan lainnya.

Selain pemandian air panas, tempat wisata ini juga menyediakan air dingin yang lokasinya bersebelahan persis dengan kolam air panas. Bedanya, jika wisatawan disarankan hanya 30 menit berendam di air panas, maka untuk air dingin, silakan berendam atau bermain sepuasnya asalkan tahan terhadap udara dingin sekitar.

Pesona Wana Wisata Nglimut tidak berhenti di situ. Layaknya wisata pegunungan kebanyakan, Anda juga dapat menemukan air terjun yang segar di tempat ini. Beberapa wahana dan permainan pun sudah disediakan oleh pengelola, seperti kolam pemancingan, kebun binatang mini, taman bunga, flying fox, hingga area outbound.

Khusus untuk area outbound, ini adalah tempat yang sering dijadikan lokasi berkemah siswa-siswa sekolah asal Kendal dan sekitarnya. Namun, bukan berarti tidak ada pengunjung umum yang berkemah di tempat ini. Dikelilingi pohon-pohon tinggi dan rindang serta punya udara yang sejuk dan lapangan yang luas plus bersih, berkemah di kawasan ini tentunya bakal menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, Wana Wisata Nglimut telah didukung dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Di sini, Anda bisa menemukan lahan parkir kendaraan yang luas, musala sebagai tempat beribadah, kamar mandi yang bersih, dua taman (satu untuk bermain), kantin dengan sajian aneka makanan dan minuman, hingga ruang aula untuk rapat atau pertemuan.

Pemandian air panas Nglimut - www.kaskus.co.id
Pemandian air panas Nglimut – www.kaskus.co.id

Tiket Wana Wisata Nglimut

Dengan pesona alam yang luar biasa serta fasilitas yang terbilang komplet, ternyata harga tiket masuk ke Wana Wisata Nglimut sangat terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang untuk dewasa dan Rp5.000 per orang untuk anak-anak, dengan tarif parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua. Namun, apabila hendak berendam di air panas, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp12.500 hingga Rp15.000 per orang.

Penginapan di Wana Wisata Nglimut

Jika Anda hendak datang dari luar kota dan ingin bermalam, Anda bisa mendirikan kemah di camping ground yang sudah disediakan. Namun, apabila Anda kebetulan tidak membawa tenda atau malas berkemah, pengelola sudah menyiapkan beberapa villa, seperti Villa Padang, Villa Lombok, Villa Kendal, Villa Pati, Villa Demak, hingga Villa Rembang.

Bangunan villa berbentuk rumah panggung dengan dinding dan lantai kayu. Di depan villa, terdapat anak sungai yang airnya sangat jernih. Fasilitas yang disiapkan pun cukup lengkap, seperti dapur dengan peralatan memasak, kamar plus ranjang yang nyaman, hingga kolam berendam. Untuk menginap satu malam, pengelola mematok tarif mulai Rp400 ribu hingga Rp1 jutaan.

Lihat Juga:   Memacu Adrenaline Arungi Jeram di Ndayung Rafting Poncokusumo




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*