Harga Tiket Masuk dan Tarif Penginapan di The Paseban Puncak




Pesona The Paseban Puncak - (Youtube: The Paseban)

The Paseban Puncak atau biasa dikenal dengan Kampung Budaya Sunda Paseban, terletak di Kp. Paseban RT 04 RW 05, Desa Megamendung, Kec. Megamendung, , Puncak, Kabupaten , . Letaknya yang strategis membuat tempat wisata ini ramai wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, spot liburan ini juga memiliki harga tiket masuk yang tergolong murah untuk pelajar, yaitu Rp5 ribu per orang.

Pesona The Paseban Puncak

The Paseban Puncak sendiri didirikan di Bogor, atas dasar melestarikan budaya Jawa Barat yang mulai sirna. Banyak orang yang menilai kebudayaan Jawa Barat tidak seindah kebudayaan lainnya. Dengan dibangunnya The Paseban Puncak, diharapkan kebudayaan setempat bisa bersaing. Ada banyak sekali kebudayaan yang dilestarikan di tempat ini seperti pencak silat, tari topeng khas Jawa Barat, seni musik khas Jawa Barat, dan masih banyak lagi.

Setiap kebudayaan memiliki tempat khususnya masing-masing. Anda bisa menikmatinya dalam sebuah ruangan khusus yang ada di area The Paseban Puncak. Untuk pencak silat misalnya, dapat dinikmati di sebuah bangunan khusus mirip pendopo lengkap dengan bale-bale, peralatan musik, dan peralatan pencak silat. Pelaku pencak silat tidak hanya orang dari The Paseban Puncak sendiri, tetapi Anda juga bisa belajar bersama dan menjadi peserta pencak silat. 

Anda juga bisa belajar menari tarian khas Jawa Barat di The Paseban Puncak, dan beberapa penari biasanya menggelar acara tari bersama. Diharapkan dengan kegiatan menari bersama, Anda tidak hanya sekadar menikmati keindahan tarian khas Jawa Barat, tetapi juga bisa mempelajarinya. Bisa dibilang, tempat wisata ini tidak hanya menghadirkan keindahan kebudayaan Jawa Barat saja, tetapi juga sebagai wisata edukasi yang menarik.

Kebanyakan mahasiswa dan pelajar di Jawa Barat dan sekitarnya juga sering menggelar acara di sini. Kebanyakan dari mereka mengadakan acara study tour agar lebih mengenal budayanya sendiri. Tempat wisata edukasi yang seru dan menarik seperti ini pastinya disukai oleh pelajar dan mahasiswa. Mereka tidak akan merasa jenuh seperti halnya jika mereka belajar kebudayaan di kelas dengan segudang teori yang ada.

The Paseban Puncak - (Youtube: The Paseban)
The Paseban Puncak – (Youtube: The Paseban)

The Paseban Puncak selain sebagai tempat wisata edukasi menarik, tempat wisata ini juga merupakan salah satu objek liburan populer di kawasan Wisata Mega Mendung. Wisatawan mampir ke tempat wisata ini biasanya untuk melepas penat dan lelah. Berkunjung ke The Paseban Puncak, bisa membuat pikiran lebih tenang dan rileks untuk sebagian besar wisatawan yang hadir. Hal ini karena selain menghadirkan banyak hiburan, tempatnya juga asri dan indah.

The Paseban Puncak dibangun di tanah dengan ketinggian 1.100 meter dpl yang masih dikelilingi hutan rindang tropis. Tempat ini memiliki udara sejuk dan segar tanpa adanya polusi udara, sangat berbeda dengan suasana di kota yang dikelilingi dengan banyak gedung dan udaranya berpolusi. Tempat wisata dengan suasana seperti ini cocok untuk Anda yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian dan kepadatan kota.

Suasana yang asri dan tempat yang indah, tentunya tidak hanya cocok untuk bersantai saja. Banyak pengunjung berfoto dengan berbagai objek menarik di The Paseban Puncak. Selain berupa bangunan khas Jawa Barat dan berbagai ornamen khas kebudayaannya, juga ada pondokan yang ditata rapi dan berjajar. Tempat dengan pondokan kecil ini menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto. 

Pondokan tersebut berada di area The Paseban Puncak dengan pola mengelilingi tanah lapang. Rumah pondokan dibuat dari kayu dan bambu beratapkan daun kering, dengan bentuk pondokan menghadirkan suasana pedesaan yang kental. Dinding pondokan dicat warna putih dengan ornamen bambu di sekitarnya, sedangkan untuk atapnya dihiasi cat warna warni agar semakin menarik.

Fasilitas dan Harga The Paseban Puncak

Selain tempat dipenuhi dengan bangunan pondokan mini yang berlimpah, ada berbagai macam fasilitas lainnya yang bisa Anda nikmati di The Paseban Puncak. Jika Anda ingin bersantai bersama keluarga dan menikmati keindahan alam di The Paseban Puncak, Anda bisa duduk santai di atas gazebo yang telah disediakan. Anda juga bisa menikmati pemandangan tersebut dari gardu pandang di area The Paseban Puncak.

Penginapan di The Paseban Puncak - www.kevillapuncak.com
Penginapan di The Paseban Puncak – www.kevillapuncak.com

Bagi Anda yang lebih suka mempelajari kebudayaan di The Paseban Puncak, Anda bisa mencoba pergi ke perpustakaan serta sanggar seni. Di perpustakaan dan sanggar seni, Anda tidak hanya mempelajari kebudayaan dari sebuah buku teori saja, Anda bisa melakukan dialog dengan beberapa ahli yang ada di sana. Tak jarang seniman dan budayawan Jawa Barat mengadakan sarasehan yang bisa Anda ikuti secara gratis.

The Paseban Puncak juga menyediakan tempat makan berupa cafe dengan Sunda yang kental. Untuk hidangannya, tidak hanya hidangan khas Jawa Barat tetapi juga hidangan Asia serta Western. Ini tentunya dapat dijadikan yang pas untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

The Paseban Puncak juga menyediakan tempat untuk Anda yang ingin berkemah atau menginap. Jika Anda ingin menginap, Anda bisa pergi ke camping ground. Sementara, apabila Anda ingin menginap di The Paseban Puncak, Anda bisa melakukan secara langsung ke lokasi yang ada di area wisata. Harga kamar di penginapan The Paseban Puncak mulai Rp600 ribuan per malamnya dengan fasilitas standar. Sementara, untuk menikmati bisa berkunjung ke The Paseban Puncak, Anda akan dikenakan tarif mulai Rp5 ribu untuk tiket masuknya.

Lihat Juga:   Suncity Hotel Sidoarjo, Penginapan Dekat Suncity Waterpark




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan