Info Terkini Cara Booking Hotel Bayar Langsung di Tempat Tanpa Kartu Kredit dan DP

Ilustrasi: booking hotel (sumber: asksuite.com)
Ilustrasi: booking hotel (sumber: asksuite.com)

Sejak munculnya banyak agen travel di Indonesia, dan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri menjadi semakin mudah karena masyarakat Indonesia bisa melakukan hotel, tiket api, hingga tiket secara online melalui situs-situs resmi maupun aplikasi mobile. Sayangnya, hampir sebagian besar online travel agent (OTA) biasanya mengharuskan para pemesan untuk menggunakan kartu kredit sebagai sistem pembayaran yang sah, apalagi bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri. Lalu, bagaimana cara booking hotel tanpa kartu kredit dan bayar langsung di tempat?

Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan mencari agen travel online yang menerima pembayaran langsung di hotel atau memilih akomodasi yang menerima pembayaran lewat kartu debit, ATM, dan internet banking dari bank-bank di Indonesia. Tak perlu khawatir, saat ini Anda bisa menemukan beberapa agen travel online yang juga bersedia menerima pembayaran hotel melalui gerai minimarket ternama seperti Indomaret dan Alfamart.

Bacaan Lainnya

Nah, jika Anda ingin pesan kamar dan membayarnya langsung saat berada di hotel, setidaknya ada beberapa pilihan online travel agent yang menerima sistem pembayaran semacam itu. Yang pertama bisa Anda pilih adalah Traveloka. Di Traveloka, ada beberapa hotel yang menyematkan sistem pembayaran di tempat. Namun, Anda harus lebih jeli dalam mencari, pasalnya hotel yang menerima sistem pembayaran di tempat biasanya disertai dengan keterangan ‘Bayar di Hotel tersedia’ di laman Traveloka.

Ketentuan yang diterapkan tiap hotel pun berbeda, ada yang berlaku untuk setiap kamar, ada pula yang hanya berlaku untuk kamar tertentu (biasanya yang paling murah). Jika memesan di Traveloka, Anda bisa melihat di kolom bagian harga dan perhatikan kamar yang menyertakan keterangan ‘Bayar di Hotel’, maka kamar itulah yang bisa Anda booking tanpa memerlukan DP (down payment).

Selain Traveloka, Pegipegi juga memiliki fitur yang serupa, yakni Bayar di Hotel. Cara menggunakan fitur ini, Anda harus terlebih dahulu menjadi member Pegipegi, kemudian memesan hotel dalam kondisi sudah login, lalu pilih ‘Bayar di Hotel’ pada pilihan metode pembayaran. Nantinya, cukup tunjukkan voucher hotel yang ada di email Anda saat hendak check-in. Seperti halnya Traveloka, fitur ini hanya dapat digunakan dalam pemesanan kamar yang memiliki tanda ‘Bayar di Hotel’.

Agen travel online berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Booking.com. Seperti dua kompetitornya, Booking.com ternyata juga memiliki fitur booking hotel bayar di tempat. Bedanya, fitur yang diusung situs Booking.com diberi nama ‘Tanpa Uang Muka-Bayar di Akomodasi’.

Terbaru, online travel agent Tiket.com juga menyediakan fitur bertajuk Pay at Hotel (bayar di hotel) yang memungkinkan customer Tiket.com untuk melakukan booking hotel melalui aplikasi tanpa perlu membayar terlebih dahulu. Pembayaran dapat dilakukan ketika check-in di hotel. Selain itu, customer dapat membatalkan pesanan hotelnya dengan cara yang mudah melalui aplikasi Tiket.com. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan Anda memilih hotel dengan label “Bayar di Hotel”. Menariknya, layanan ini bisa digunakan dengan atau tanpa kartu kredit.

Hotel-hotel yang menyediakan layanan pemesanan ini pun hanya hotel tertentu saja, namun biasanya fitur ini berlaku di semua kamar dan sudah termasuk fitur pembatalan gratis (free cancellation). Namun, Anda perlu memperhatikan secara jeli di daftar pencarian hotel yang ada di Booking.com saat hendak memesan kamar dengan fitur tanpa uang muka.

Pos terkait