Info Terbaru Biaya Extra Bed di Hotel

Extra Bed Hotel - www.familyhanoihotel.com
Extra Bed Hotel - www.familyhanoihotel.com

Umumnya, pengelola hotel telah menetapkan kapasitas suatu dalam suatu penginapan sesuai ketersediaan ranjang atau bed. Namun, jika tamu atau pengunjung datang dengan kapasitas yang melebihi ketentuan, banyak pengelola akomodasi yang menawarkan layanan extra bed, yang tentunya juga memerlukan biaya tambahan.

Ada pasti sudah tidak asing lagi dengan hotel. Meski sekarang sudah tersedia banyak tipe penginapan, seperti guest house, homestay, villa, resort, apartemen, atau , hotel masih menjadi akomodasi yang paling populer. Secara umum, hotel dapat dikatakan sebagai perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan , minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk menarik lebih banyak pengunjung, salah satu hal yang harus diperhatikan hotel tentu saja fasilitas dan layanan yang mereka berikan. Fasilitas adalah sumber daya fisik yang harus ada sebelum sesuatu jasa ditawarkan kepada konsumen.[2] Fasilitas juga dapat berarti segala sesuatu yang memudahkan konsumen dalam memperoleh kepuasan, dalam hal ini selama menginap.

Apa Itu Extra Bed?

Nah, karena merupakan tempat untuk tidur atau beristirahat, fasilitas utama yang wajib disediakan hotel adalah tempat tidur atau ranjang. Di dalam dunia perhotelan, dikenal macam-macam istilah untuk menyebut bed atau ranjang. Anda mungkin sudah familiar dengan single bed, demikian pula dengan twin bed, double bed, twin double bed, triple bed, hingga quadruple bed. Selain itu, dikenal pula istilah extra bed, baby cot, Hollywood bed, studio bed, hide-away bed atau sofa bed, Murphy bed, hingga fold away bed.

Single bed merupakan tempat tidur yang hanya diperuntukkan satu tamu dengan 200 cm x 100 cm, sedangkan twin bed adalah tempat tidur untuk dua orang tetapi terdiri dari dua tempat tidur single bed, dan double bed adalah tempat tidur untuk dua orang dengan ukuran sekitar 200 cm x 160 cm. Sementara, twin double bed adalah dua tempat tidur untuk empat orang yang biasanya disediakan di kamar tipe Family Room.

Biaya Menginap Extra Bed di Hotel – www.booking.com

Selain itu, ada pula Hollywood bed yang merupakan twin bed yang disambung oleh satu headboard, studio bed yang berupa sofa yang bisa dipakai untuk tempat tidur, hide-away bed yang merupakan sofa dengan bagian bawah sebagai tempat untuk menyembunyikan tempat tidur tambahan, Murphy bed yang merupakan tempat tidur yang bisa dilipat ke dalam dinding sehingga kamar memiliki ruang yang lebih luas, dan baby cot untuk tempat tidur anak atau bayi.

Lalu, bagaimana dengan extra bed? Seperti namanya, extra bed adalah tempat tidur tambahan yang bertujuan untuk menambah kekurangan tempat tidur. Extra bed ini biasanya berupa kasur lipat berukuran single dengan ukuran sekitar 90 cm x 90 cm. Penggunaan extra bed ini memungkinkan tiga orang tamu menginap di dalam satu kamar dengan double bed, misalnya.

Ada beberapa penginapan, biasanya sekelas homestay, yang menawarkan fasilitas extra bed ini secara cuma-cuma alias gratis. Namun, kebanyakan hotel, terutama hotel , menyediakan layanan extra bed dengan biaya tambahan. Biaya yang harus dibayarkan tamu untuk menggunakan fasilitas ini bervariasi, tergantung banyaknya unit yang dipakai, dengan sarapan atau tidak, dan durasi waktu menginap. Sebagai referensi, berikut biaya extra bed di sejumlah hotel di dalam negeri.

Biaya Extra Bed Hotel

Nama Hotel Alamat Biaya Extra Bed
Zest Hotel Yogyakarta Jl. Gajah Mada No. 28, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta Rp150.000 per malam
Indoluxe Hotel Jogjakarta Jalan Palagan Tentara Pelajar No. 106, Sumberan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Rp250.000 per malam
Swiss-Belinn Luwuk Jl. Kantor DPRD Baru, Maahas, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah Rp275.000 per malam
The Luxton Hotel Jl. Kartini No. 60, Sukapura, Kec. Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat Rp300.000 per malam
Swiss-Belhotel Tuban, Kuta Jl. Kubu Anyar 31, Tuban, Kuta, Badung, Bali Rp325.000 per malam (Grand Deluxe Room Only)
Hotel Ciputra Jakarta Jl. Letjen S. Parman No. 11, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Rp575.000 per malam

tarif extra bed di atas kami rangkum langsung dari keterangan hotel yang bersangkutan di situs resmi mereka, sudah termasuk sarapan untuk satu orang. Perlu Anda catat bahwa biaya extra bed tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya extra bed di hotel mulai Rp100 ribuan per malam, tetapi sekali lagi, tergantung kebijakan masing-masing akomodasi.

Extra Bed Kamar Hotel – unsplash.com

(Panca)

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. : CV Alfabeta.

[2] Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, hlm. 184.

Pos terkait