Yuk, Rekreasi Murah ke Tempat Wisata Menarik & Bersejarah di Subang Ini!




Rumah Sejarah Kalijati - purwasuka.id

Siapa bilang rekreasi itu harus diisi dengan bepergian ke tempat-tempat mewah atau tempat yang memiliki banyak . Bagi Anda yang sangat mencintai sejarah, tak ada salahnya mengunjungi dan menjelajahi berbagai bangunan maupun lokasi yang memiliki catatan sejarah bangsa kita cita tercinta ini. Di mana saja lokasinya? Yuk, simak ulasan tempat di Subang berikut ini!

Karya

Gedung tua yang menjadi ikon Kota Subang ini ternyata telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya, Wisma Karya merupakan tempat hiburan para petinggi Belanda. Namun sejak berakhirnya masa penjajahan, Wisma Karya telah dimanfaatkan untuk pemerintah setempat untuk mengadakan berbagai macam acara. Tanpa mengubah bentuk aslinya, Wisma Karya kini difungsikan sebagai yang menyimpan benda-benda purbakala seperti fosil kepala kijang purba, kerang purba, kayu purba, dan sebagainya.

Yang lebih menarik lagi, Wisma Karya sekaligus menyimpan bukti penyebaran agama Islam di Subang. Di dalamnya terdapat koleksi Alquran dari kulit binatang yang sebelumnya ditemukan di daerah Cipunagara dan sejumlah keris yang dipakai oleh para penyebar Islam di Subang kala itu. Kini Wisma Karya juga disewakan untuk event-event masyarakat umum dan sejumlah tempat lain dipakai untuk kantor ormas.

Lihat Juga:   Wisma GM Pemalang, Akomodasi dengan Fasilitas Sekelas Hotel
Wisma Karya Subang - zidhanxsana.blogspot.com
Wisma Karya Subang – zidhanxsana.blogspot.com

Situs Subang Larang

Hingga kini situs yang terletak di Desa Nangerang, Binong begitu ramai dikunjungi peziarah. Subang Larang sendiri merupakan istri Prabu Siliwangi yang memeluk agama Islam dan keturunannya menjadi raja di Cirebon dan Banten. Selain itu tahun 2011 lalu di daerah tersebut banyak ditemukan benda-benda peninggalan sejarah yang diduga milik Nyai Subang Larang. Bahkan penemuan benda prasejarah di situs ini menunjukkan kemungkinan bahwa daerah Subang merupakan daratan pertama di yang disinggahi bangsa Austronesia dari utara.

Situs Subang Larang - ilove-subang.blogspot.co.id
Situs Subang Larang – ilove-subang.blogspot.co.id

Rumah Sejarah Kalijati

Wisata edukasi sekaligus sejarah berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat ke Subang adalah Rumah Sejarah Kalijati. Saat ini Rumah Sejarah Kalijati berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Subang. Tempat bersejarah yang berlokasi di kawasan Pangkalan Udara TNI AU Lanud Suryadarma ini merupakan sebuah museum yang merangkum peristiwa ketika penyerahan kekuasaan Belanda terhadap Jepang. Meski hanya berwujud rumah biasa, di tempat ini Anda bisa melihat sejumlah ruangan yang memajang foto lengkap dengan kronologis kejadian penting yang berlangsung selama masa penjajahan di Rumah Sejarah Kalijati.

Lihat Juga:   250 Anak Tangga Menuju Indahnya Puncak Gunung Bromo
Rumah Sejarah Kalijati - purwasuka.id
Rumah Sejarah Kalijati – purwasuka.id

Museum Amerta Dirgantara Mandala

Nah, bagi Anda penggemar dunia militer rasanya tak akan lengkap jika belum mengunjungi museum yang berada di dalam kawasan pangkalan TNI AU Suryadarma Kalijati, Subang. Gedung yang dibangun oleh Belanda sejak tahun 1917 silam ini diresmikan sebagai museum pada 1982. Museum yang menempati gedung hanggar C Lanud Suryadarma ini memiliki koleksi berbagai pesawat terbang mulai dari pesawat Gruman Goose, L-12 Lockheed, L 4 J Pipercup, T-66 Harvard, Cessna 180, Pesawat Gelatik, 1 parasit, dan sekitar 10 Pesawat Glider terbang layang. Di sana juga ada ruang pameran sejarah perkembangan sekolah penerbangan di Indonesia.

Museum Amerta Dirgantara Mandala - zidhanxjati.blogspot.co.id
Museum Amerta Dirgantara Mandala – zidhanxjati.blogspot.co.id




Tentang Dian Kartika1092 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan