Yuk, Coba Rafting Seru & Aman Bagi Pemula di Kali Elo Magelang!




Rafting Magelang - www.pegipegi.com

Anda akan berlibur ke Kota Yogyakarta dalam waktu dekat? Nah, jika Anda sudah bosan berbelanja atau hanya berkeliling Jogja, Anda dapat memacu adrenaline dengan menjajal rafting di Kali Elo, . Kali atau Sungai Elo menjadi salah satu trip arung jeram yang bisa dilalui dalam segala musim, entah itu musim penghujan maupun musim kemarau karena debit airnya yang cukup terjaga.

Rafting Magelang - www.pegipegi.com
Rafting Magelang – www.pegipegi.com

rafting yang sangat dekat dari Yogya ini terletak di Desa Pare, Kelurahan Mungkid, Kabupaten Magelang. Untuk menuju ke Kali Elo, Anda bisa menempuh sekitar 45 menit dari pusat Kota Jogja. Karena tidak sederas Kali Progo, Kali Elo bisa dibilang relatif aman dan cocok untuk rafting kalangan pemula. Pasalnya tiap jeram yang dilalui di Kali Elo hanya masuk kategori kelas II-III saja.

Dengan panjang lintasan sekitar 12 km dan durasi antara 2,5-3 jam, Anda dijamin akan menikmati pemandangan yang indah dan merasakan keseruan ber-arung jeram ditemani pemandu yang telah berpengalaman. Rute untuk arung jeram di Kali Elo akan berangkat atau menggunakan starting point dari bawah Jembatan Blondo dan berakhir di sekitar daerah Sawitan.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk Wahana di TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Seperti rafting pada umumnya, tiap perahu dapat diisi dengan 4 orang dewasa dengan 1 orang pemandu. Selain pemandangannya yang indah, tiap pemandu dari operator rafting di Kali Elo biasanya cukup ramah dan sanggup membuat petualangan rafting Anda menjadi seru dan tak terlupakan.

Sayangnya, karena air sungai yang kurang begitu jernih – terutama di musim penghujan, Anda jarang dapat melihat ikan yang berada di dalam sungai. Biasanya di bebatuan akan ada hewan biawak yang sedang berjalan-jalan atau laba-laba air di sekitar sungai. Selain tidak terlalu deras dan membahayakan, rute rafting Kali Elo juga dekat dengan sejumlah tempat seperti Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Desa Candirejo, hingga Punthuk Setumbu.

Lihat Juga:   Info Lengkap Lokasi Penginapan Dekat Pantai Nglambor Gunung Kidul

Biasanya para operator rafting Kali Elo menarik sekitar Rp 650 ribuan per paket untuk maksimal 6 orang. Apabila Anda tertarik untuk mencoba rafting di Kali Elo, bersiaplah untuk menuju ke sana pada pagi, siang, atau sore hari. Biasanya kegiatan arung jeram Sungai Elo dilakukan pada jam 08.00 – 09.00 – 10.00 WIB (pagi), 12.00 – 13.00 WIB (siang), atau 15.00 WIB (sore).

Biaya yang dipatok untuk sekali rafting di Kali Elo tersebut relatif murah karena sudah termasuk biaya sewa peralatan rafting, jasa pemandu, asuransi, snack saat istirahat, dan minum, sertifikat, retribusi, dan lokal. Untuk menjajal arung jeram Kali Elo tak ada persyaratan khusus selain usia minimal peserta yang sekurang-kurangnya adalah 4 tahun. Jika ada peserta yang anak-anak, maka jumlah peserta dalam perahu nanti akan disesuaikan dengan berat tubuh dan keseimbangan perahu.




Tentang Dian Kartika1100 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan