Wisma Tani, Akomodasi Murah dan Bersih di Jakarta




Jakarta - jakarta.panduanwisata.id

Saat ini, para memang tidak perlu kesulitan dalam mencari akomodasi penginapan ketika berkunjung ke suatu daerah untuk beberapa hari. Mereka bisa menemukan berbagai jenis penginapan, mulai berbintang, kelas melati, villa, guest house, , , resort, hingga dan . Namun, ada satu lagi model penginapan yang juga mulai marak didirikan, yaitu .

Jakarta - jakarta.panduanwisata.id
Jakarta – jakarta.panduanwisata.id

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wisma dapat diartikan sebagai kumpulan rumah, kompleks perumahan, atau permukiman. Sementara, Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia menyebut wisma sebagai padanan balai, gedung, penginapan, pesanggrahan, dan rumah. Sebuah studi tentang akomodasi mendefinisikan wisma sebagai jenis akomodasi yang dibangun dan dimiliki suatu instansi untuk tempat peristirahatan bagi para pegawainya dan diperlengkapi dengan peralatan makan dan minum. Jadi, wisma adalah sejenis rumah untuk tamu, guest house.

Ditilik dari sudut arti, wisma juga segolongan dengan pesanggrahan. Menurut KBBI, pesanggrahan berarti rumah peristirahatan atau penginapan dan biasanya milik pemerintah. Kendati demikian, penamaan tak selalu seiring dengan arti dalam kamus, gerak bisnis pariwisata, dan perubahan gaya hidup terkait . Ada wisma milik perorangan yang berorientasi komersial dan mampu menampung 1.000 peserta kongres sehingga bukan lagi semata-mata tempat peristirahatan atau penginapan.

Merujuk pengertian tersebut, wisma memang saat ini masih identik dengan penginapan kepunyaan sebuah instansi atau lembaga yang memang ditujukan sebagai tempat singgah tamu yang berkunjung. Universitas Indonesia memiliki Wisma Makara, sedangkan Institut Pertanian Bogor punya Wisma Amarilis, Wisma Landhuis, dan Wisma Internasional. Kementerian Pertanian juga tidak mau kalah dengan lembaga-lembaga tersebut karena juga memiliki sebuah wisma bernama Wisma Tani.

Wisma Tani adalah akomodasi penginapan milik Kementerian Pertanian Indonesia yang berlokasi di Jalan Manggasari No. 3, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menurut beberapa review dari tamu yang pernah menginap di tempat ini, Wisma Tani digambarkan sebagai sebuah penginapan yang nyaman dan bersih, serta dekat halte busway sehingga memiliki akses yang mudah ke berbagai tempat di Jakarta.

Jika dilihat, tampilan luar Wisma Tani hadir dengan arsitektur modern, dengan area parkir yang luas dan gedung yang kokoh. -kamar di penginapan ini terletak berjejer, dengan desain yang sederhana. Tiap memiliki pintu dengan dominasi warna cokelat serta dua jendela berukuran cukup besar. Di teras depan, terdapat dua buah kursi yang terbuat dari kayu dan meja yang bisa dimanfaatkan tamu untuk bersantai.

Untuk fasilitasnya, kamar-kamar di Wisma Tani dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti ranjang double bed, kursi, kipas angin atau AC, dan TV di beberapa kamar. Selain itu, layaknya gedung lembaga lainnya, Wisma Tamu juga didukung dengan gedung serbaguna yang biasa digunakan untuk rapat atau seminar.

Untuk tarif kamar, bagi tamu umum (wisatawan kebanyakan), kamar dengan fasilitas Non-AC disewakan mulai Rp150 ribuan per malam, sedangkan kamar dengan AC disewakan mulai Rp325 ribuan per malam. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi kamar, bisa langsung menghubungi nomor (021) 7803089.

Lihat Juga:   Tarif INNI Homestay, Akomodasi Nyaman di Perumahan Araya, Malang




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*