Wisma PGI, Penginapan Bernuansa Kolonial yang Nyaman di Menteng




Wisma PGI - www.tripadvisor.co.id

Tak semua penginapan kelas melati fasilitasnya buruk. Terutama di kawasan Ibu Kota, Anda dapat menemukan beberapa yang fasilitasnya tak kalah dari , misalnya saja seperti Wisma PGI yang ada di kawasan Menteng.

Wisma PGI - www.tripadvisor.co.id
Wisma PGI – www.tripadvisor.co.id

 

Wisma PGI adalah sebuah penginapan sekaligus bangunan bersejarah yang dikelola oleh Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI). Bangunan yang beralamatkan di Jl. Teuku Umar No. 17 RT 01/RW 01, Gondangdia, Menteng, Pusat, 10350 ini ternyata sudah dibangun sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1918 silam.

Wisma PGI memiliki desain arsitektur bangunan bergaya kolonial dengan atap berbentuk limas yang curam, serambi depan terbuka dan ukurannya luas, serta plafon yang tinggi. Ketika tahun 1950 bangunan tersebut difungsikan sebagai kantor pusat Dewan Gereja Indonesia (DGI), rupanya tak ada yang berubah dari pola bangunannya. Lantai di sana masih memakai bahan marmer dan setiap ruangan masih begitu terawat.

Pihak PGI hanya melakukan penambahan jendela di bagian serambi depan, ruang makan di samping bangunan induk, dan serambi samping diperluas. Sejak tahun 60an, bangunan tersebut akhirnya difungsikan menjadi guest house Wisma PGI.

Hingga saat ini Wisma PGI menjadi penginapan para pendatang dan juga kerap dijadikan untuk melakukan acara keagamaan seperti retreat, pelatihan, seminar, pertemuan, atau acara-acara resmi lainnya. Pasalnya Wisma PGI memiliki meeting room yang cukup luas dan mampu menampung sekitar kapasitas 15 hingga 30 orang.

Selain fasilitas yang lengkap, Wisma PGI juga sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 15 menit dari jalan tol Semanggi dan dekat dengan sejumlah kantor kedutaan besar seperti Kedubes Vietnam, Kedubes Irak, dan Kedubes Pakistan.

Di Wisma PGI menawarkan beberapa tipe mulai dari Single Standard Room, Double Standard Room, Deluxe Room, hingga Super Deluxe Room. Soal fasilitas jangan ditanya lagi, meski hanya penginapan kelas melati, nyatanya banyak orang yang mengaku puas dan merasa nyaman selama menginap di Wisma PGI.

Tiap kamar yang ada di Wisma PGI sudah dilengkapi dengan penyejuk ruangan alias AC, , TV kabel, akses internet gratis (free WiFi), dan kamar mandi dalam dengan air dingin dan air panas. Tentunya sangat nyaman bukan? Apalagi setiap kamar yang disediakan oleh Wisma PGI juga cukup luas.

Tak hanya mengandalkan kamar yang bersih, Wisma PGI juga memiliki restoran dengan menu-menu masakan Indonesia dan masakan barat yang lezat dan dapat Anda ambil sendiri secara prasmanan. Apabila Anda berencana untuk menginap di Wisma PGI, Anda dapat melakukan booking dengan menghubungi:

Wisma PGI

: Jl. Teuku Umar No. 17, RT.1/RW.1, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, 10350
Telp: (021) 3909427

Lihat Juga:   Dahlia Homestay Syariah, Penginapan Rp100 Ribuan Dekat Sengkaling Malang




Tentang Dian Kartika1096 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan