Wisma Pertamina, Alternatif Akomodasi Murah Dekat Stasiun Gambir




Wisma Pertamina - engi-likeit.blogspot.com
Wisma Pertamina - engi-likeit.blogspot.com

Selain objek wisata, penginapan juga sering ditemui di dekat pusat-pusat transportasi. Nah, kalau Anda berencana melakukan kunjungan ke menggunakan kereta api rute Gambir, ada beberapa akomodasi yang bisa digunakan sebagai tempat bermalam. Salah satu yang sering direkomendasikan wisatawan karena punya suasana yang asri dan adalah Pertamina.

Sebelum membahas mengenai Wisma Pertamina, kita kulik sedikit mengenai kawasan Gambir dan stasiun yang ada di sana. Gambir adalah sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Pusat dan menjadi salah satu strategis di ibukota. Pasalnya, di kecamatan ini berdiri Stasiun Gambir, yang merupakan salah satu stasiun utama bagi wisatawan yang hendak pergi dari Jakarta maupun sebaliknya.

Kecamatan Gambir sendiri terdiri dari enam kelurahan, dan salah satu yang populer adalah Kelurahan Gambir. Pasalnya, di kelurahan ini, selain Stasiun Gambir, juga terdapat Monumen Nasional dan Balai Kota DKI Jakarta. Seperti diketahui, Monumen Nasional sudah menjadi ikon Kota Jakarta dan sering didatangi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Memang, jika membahas mengenai Gambir, pikiran banyak orang pasti langsung tertuju pada stasiun kereta apinya. Stasiun Gambir adalah stasiun kereta api kelas besar A yang berada tepat di sebelah timur Monumen Nasional dan memiliki akses jalan ke monumen tersebut. Direnovasi secara besar-besaran pada tahun 1990-an, Stasiun Gambir kini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 2 dan jalur 3 sebagai sepur lurus.

Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api kelas eksekutif dan campuran dari dan menuju kota-kota penting dan utama di Pulau Jawa. Sebelumnya stasiun ini juga melayani pemberhentian KRL commuter line, namun kebijakan tersebut dihentikan sejak pertengahan 2012 lalu. Sebagian perjalanan KRL, juga KA Gumarang dan KA Senja Utama Solo, kemudian dialihkan ke Stasiun Pasar Senen.

Wisma Pertamina - engi-likeit.blogspot.com
Wisma Pertamina – engi-likeit.blogspot.com

Menjadi hilir-mudik wisatawan yang bepergian dari Jakarta atau datang ke ibukota, suasana Stasiun Gambir memang tidak pernah sepi. Bahkan, ketika musim mudik Lebaran tiba (juga arus balik), jumlah penumpang di stasiun ini sering overload. Hal tersebut tidak mengherankan karena layanan kereta api di Indonesia semakin baik dari waktu ke waktu, serta punya harga tiket yang lebih terjangkau dibandingkan pesawat terbang.

Nah, seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang menggunakan Stasiun Gambir untuk akses perjalanan, di sekitar pusat transportasi tersebut juga bermunculan berbagai tipe penginapan. Anda bisa menemukan akomodasi sekelas losmen hingga hotel berbintang. Namun, apabila Anda membutuhkan tempat inap yang asri di tengah cuaca Jakarta yang cenderung panas, salah satu rekomendasi menarik adalah Wisma Pertamina.

Lokasi dan Wisma Pertamina

Wisma Pertamina bisa Anda temukan di Jalan Medan Merdeka Timur 1A 61, RT 6 RW 1, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Ini adalah salah satu akomodasi yang berlokasi sangat dekat dengan Stasiun Gambir, berada persis di depannya. Namun, apabila wisatawan hendak menuju stasiun, harus berputar dulu karena lokasi penginapan berada di jalan satu arah.

Menurut ulasan para pengunjung yang pernah singgah, Wisma Pertamina menjadi salah satu referensi menarik tempat bermalam bagi mereka yang membutuhkan lokasi transit atau hanya menginap satu malam di Jakarta. Di samping itu, fasilitas yang diberikan akomodasi ini juga cukup memadai, dengan suasana yang cukup tenang.

Awalnya, Wisma Pertamina memiliki bangunan yang mirip hotel-hotel zaman dulu. Warna putih mendominasi dinding luar dan dalam akomodasi ini, demikian juga lantainya yang punya warna senada. Masing-masing kamar dihubungkan dengan lorong-lorong yang tidak terlalu lapang sehingga kesan lawas pun semakin terasa.

Namun kabarnya, Wisma Pertamina telah mengalami renovasi besar-besaran. Bangunan akomodasi ini sekarang memiliki suasana yang lebih modern, yang tujuan utamanya memang menghadirkan kenyamanan berlebih kepada tamu. Maklum, ketika masih mengusung bangunan lawas, banyak tamu yang ragu menginap di tempat ini karena punya kesan yang agak seram.

Layaknya wisma pada umumnya, fasilitas yang ditawarkan Wisma Pertamina memang tidak bisa dibandingkan dengan hotel berbintang. Namun, untuk kebutuhan menginap, fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai. Kamar-kamarnya punya ruangan yang bersih dan berukuran lapang (berkapasitas tiga hingga empat orang), lengkap dengan jendela kaca berbalut kelambu untuk menahan sinar matahari yang mungkin bisa menyilaukan.

Di tiap kamar, wisatawan akan menemukan ranjang tipe single/double, kursi empuk untuk bersantai, lemari kecil untuk menyimpan baju, air panas dalam termos, hingga meja kerja plus televisi 21 inch. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kamar mandi pribadi plus cermin rias, wastafel, dan toilet duduk. Untuk pakaian yang kotor atau yang basah, bisa diletakkan di tempat jemur baju atau keranjang laundry.

Wisma Pertamina - engi-likeit.blogspot.com
Wisma Pertamina – engi-likeit.blogspot.com

Tarif Wisma Pertamina

Lalu, berapa yang perlu dikeluarkan untuk bisa bermalam di tempat ini? Sayangnya, pihak penginapan tidak memberikan rincian resmi tarif kamar di Wisma Pertamina. Namun, menurut bocoran salah satu tamu, tarif kamar di lantai 1 berkisar 225 ribuan per malam, tarif kamar di lantai 2 mulai Rp275 ribuan per malam, sedangkan tarif kamar di lantai 3 mulai Rp215 ribuan per malam, sudah termasuk sarapan dan kopi/teh.

Perlu dicatat, tarif kamar Wisma Pertamina yang disebutkan di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan dan kebijakan pengelola. Jika Anda membutuhkan lebih lengkap atau melakukan reservasi, bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor telepon (021) 3865412/13/14.

Lihat Juga:   Pondok Penginapan 68 Lembang, Bandung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan