Citamiang, Bumi Perkemahan Sekaligus Tempat Wisata ‘Wonderful’ Buat Liburan




Citamiang Bogor - www.pegipegi.com
Citamiang Bogor - www.pegipegi.com

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat memang dikenal memiliki banyak objek alam yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika warga Ibukota dan sekitarnya senang sekali bepergian ke Puncak saat memasuki akhir pekan atau musim liburan. Selain menginap di , , atau hotel, banyak juga yang ingin merasakan nikmatnya menginap di alam terbuka dengan camping di sebuah bumi perkemahan atau camping ground. Salah satu kemah yang di Puncak adalah kawasan wisata alam Citamiang.

Menurut Suwantoro (dalam Purnomo dkk, 2016: 52-67), objek wisata alam adalah sumber daya alam yang berpotensi dan memiliki daya tarik bagi serta yang ditujukan untuk pembinaan cinta alam, baik dalam kegiatan alam maupun setelah pembudidayaan.

Adapun beberapa objek wisata alam yang dikelola oleh LMDH Puncak Lestari adalah obyek wisata alam Gunung Kencana, objek wisata alam Track Puncak Kondang, objek wisata alam Bumi Perkemahan Citamiang, dan objek wisata alam Kampung Rimba. Menurut Purnomo & Nurrochmat (2016), masing-masing objek wisata tersebut secara berurutan resmi dibuka untuk umum sejak tahun 2014, 2013, 2011, dan 2015. Sejak dibuka untuk umum, rata-rata pengunjung yang datang ke wisata tersebut cenderung mengalami peningkatan, khususnya pada saat musim liburan.

Dari sekian objek wisata yang dikelola, Gunung Kencana dan Citamiang termasuk destinasi yang cukup populer. Berdasarkan sumber PHBM KPH Bogor tahun 2016 lalu, rata-rata jumlah pengunjung setiap 2 minggu di objek wisata Bumi Perkemahan (Buper) Gn. Kencana mencapai 800 orang, sedangkan di Citamiang Camping Ground jumlahnya 250 pengunjung.

Akses atau rute menuju wisata Citamiang pun cukup mudah. Pasalnya, tempat berkemah ini ada di Jalan Raya Ciawi-Cianjur. Jika Anda berangkat dari arah Ciawi, gerbang masuk buper ini terletak persis di sisi kiri jalan raya, hanya berselang sekitar 1 km sebelum Agrowisata Gunung Mas. Anda bisa menuju lokasi perkemahan dengan naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Jika naik kendaraan umum, Anda bisa meminta turun di gapura Kebun Teh Ciliwung. Dari situ, Anda dapat naik ojek atau jalan kaki ke lokasi camp yang berjarak sekitar 700 meter dari pintu masuk.

Citamiang Bogor - travelingyuk.com
Citamiang Bogor – travelingyuk.com

Sejak dikelola oleh Perhutani KPH Bogor dari tahun 2018 lalu, harga tiket masuk menuju Citamiang dipatok sekitar Rp40 ribu per orang. Sedangkan untuk sewa lahan bagi yang ingin camping masih akan ditarik tarif sebesar Rp50 ribu per tenda. Anda bisa membawa peralatan atau perlengkapan kemah sendiri untuk camping. Tetapi jika malas repot, Anda juga bisa menyewa tenda dome atau villa pondokan di Citamiang dengan biaya tambahan.

Selama berada di Citamiang, Anda akan dimanjakan pemandangan alam yang begitu memikat. Apalagi di sana juga sudah ada spot-spot menarik untuk berfoto selfie. Posisinya yang berada di ketinggian 1.000 mdpl (meter di atas permukaan laut) membuat udara di Citamiang terasa begitu sejuk. Terlebih karena area sekitar bumi perkemahan ini dikelilingi oleh ratusan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, persis seperti setting film.

Tak hanya dari pohon pinusnya saja, daya tarik lain dari Citamiang tentu saja adalah aliran sungainya yang begitu sugar. Jangan khawatir, untuk menuju sungai tersebut Anda tak perlu susah-susah trekking, sebab lokasinya ada di sebelah camping ground. Alirannya juga tak terlalu deras, sehingga Anda bisa leluasa bermain di sungai tersebut.

yang ada di Citamiang pun tergolong lengkap, ada villa yang disewakan, toilet umum yang cukup bersih dan layak pakai, hingga jalur trekking yang pemandangan alamnya begitu menarik. Bagi umat muslim pun tak perlu khawatir, sebab sudah disediakan pula musala untuk beribadah. Ketika malam hari pun kabarnya ada lampu sorot dari arah gerbang masuk supaya area camping ground tak terlalu gelap.

Citamiang Bogor - www.pegipegi.com
Citamiang Bogor – www.pegipegi.com

Apabila Anda ingin berkunjung ke Bumi Perkemahan Citamiang bersama rombongan untuk liburan, pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup. Selain itu, perlu Anda ingat juga bahwa atau tarif tiket masuk Citamiang bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Referensi:

Lihat Juga:   Lokasi & Tiket Kebun Bunga Matahari Jogja, Spot Keren Berswafoto

Purnomo, Reza, Dodik R. Nurrochmat. 2016. Kebijakan Pemanfaatan Lahan Melalui Skema PHBM Di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan. 3(1): 52-67.




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan