Tiket Murah, Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu Banjir Pelancong




Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)
Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)

dikenal dengan keunggulan hasil pertanian buah apel. Tak heran jika sebagian masyarakat mengelola lahan pertanian apel yang sekaligus dijadikan tempat wisata. Selain Kusuma Agrowisata, Wisata Petik Apel Mandiri juga menjadi andalan kota tersebut, menawarkan harga tiket masuk yang relatif terjangkau.

Lokasi Wisata Petik Apel Mandiri

Wisata Petik Apel Mandiri berlokasi di Jl. Raya Junggo No. 33, Tulungrejo, Kec Bumiaji, Kota Batu. Dari Alun-Alun Kota Batu, Anda bisa berkendara sekitar 11 menit saja menuju lokasi. Untuk bisa lebih cepat sampai lokasi, Anda bisa lewat Jalan Punten dan Jalan Bukit Berbunga.

Daya Tarik Wisata Petik Apel Mandiri

Berada di Wisata Petik Apel Mandiri rasanya begitu menakjubkan. Tak sekadar berkeliling, para pengunjung bisa memetik bahkan makan langsung buah apel di tempat. Namun sebelum mengelilingi kebun, wisatawan akan dipandu oleh pendamping yang akan menjelaskan buah apel mana yang sudah bisa langsung dipetik. Selain itu, para pendamping juga mengedukasi mengenai jenis-jenis buah apel yang ada di kawasan tersebut.

Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)
Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)

Salah satu jenis apel yang dikembangkan di Indonesia adalah jenis manalagi yang berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Kota Batu. Selain manalagi, jenis apel anna juga diprediksi memiliki prospek bisnis yang cerah.[1] Di Wisata Petik Apel Mandiri sendiri, ada empat jenis apel yang dapat Anda temukan, mulai dari manalagi, anna, granny smith, hingga rome beauty.

Keempat jenis yang dibudidayakan di Wisata Petik Apel Mandiri, masing-masing buahnya memiliki perbedaan dari bentuk, warna, hingga rasa. Apel manalagi misalnya, cenderung berwarna hijau kekuningan, granny smith berwarna hijau, anna berwarna merah kekuningan, sedangkan rome beauty berwarna hijau kemerahan. Apel manalagi tidak berasa asam walau belum matang, sedangkan rome beauty menawarkan rasa segar karena memiliki kandungan air lebih banyak.

Lihat Juga:   Info Terbaru Daftar dan Tarif Tempat Pijat di Jakarta

Selain memetik apel, traveler juga diperbolehkan memotret kebun apel. Tak sedikit pengunjung yang berswafoto dengan apel hasil buruannya. Berwisata petik apel tentu memberikan efek relaksasi dan hiburan tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi, view elok di sekitar kebun yang bisa memanjakan mata Anda.

Harga Tiket Wisata Petik Apel Mandiri

Untuk bisa menikmati Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu, Anda cukup menyiapkan tiket masuk mulai Rp25 ribu per orang dan bisa berkeliling sepuasnya. Wisata Petik Apel Mandiri dibuka mulai jam 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi pihak pengelola di nomor 0813 3319 6339 atau datang langsung ke lokasi.

Pengunjung Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)
Pengunjung Wisata Petik Apel Mandiri Kota Batu (youtube: BerwisataTV)

Lokasi Wisata Petik Apel Lainnya

Nama Petik Apel Alamat & Nomor Telepon
Wisata Petik Apel Agro Rakyat Jl. Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: 0882-2853-5883
Petik Apel Kebun 8 Jl. Raya Sumber Brantas, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: 0822-3286-3406
Wisata Petik Apel Makmur Abadi Jl. Diponegoro No. 10, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.
Mitra Apel Jl. Oro-Oro Ombo No. 7, Temas, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: 0812-3225-6186
Wisata Petik Apel KTMA Jl. Raya Tulungrejo No. 24, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: (0341) 511158
Petik Apel Kota Wisata Batu Jawa Timur Jl. Bukit Berbunga No. 53, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: 0813-5916-4820
Agrowisata Petik Apel Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu,
Wisata Petik Apel Green Garden Jl. Pangeran Diponegoro, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: 0822-9315-4647
Kampung wisata DUPANJA Punten, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: 0813-5961-0422
Petik Apel Batu Junggo Jl. Raya Junggo, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: 0812-9319-7116
Kusuma Agrowisata Jl. Abdul Gani, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu. Telp: (0341) 593333
Wisata Petik Apel Sumbergondo Jl. Raya Sumbergondo, Sumbergondo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Telp: 0813-3319-6339
Lihat Juga:   Liburan Seru dengan Wahana Saloka Theme Park Semarang, Berapa Harga Tiket Masuk per Orangnya?

Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya untuk reservasi di nomor yang tertera atau datang langsung ke lokasi. Harga tiket masuk wisata petik apel juga dapat ditanyakan saat reservasi. Biasanya saat datang bersama rombongan, Anda berkesempatan mendapatkan diskon harga tiket masuk.

Tips Memilih Apel Saat Berwisata

  • Periksa permukaan apel. Caranya adalah dengan menekan secara lembut buah apel yang dipilih. Apabila semua bagian buah apel itu terasa keras, itu berarti buah apel memiliki kualitas yang baik di dalamnya. Sebaliknya, hindari apel yang terasa lembut, apalagi yang sudah berubah warna atau bahkan melepuh dengan cepat saat ditekan, karena terlalu matang dan cenderung busuk.
  • Periksa tampilan apel. Ada beberapa tanda pada buah apel seperti bintik-bintik hitam yang berasal dari alam dan hal itu tak berpengaruh pada apel. Namun, hindari buah apel dengan memar, sebab itu tanda pembusukan dan dagingnya pun sudah tak manis lagi.
  • Perhatikan warna apel. Anda disarankan memilih apel warna gelap karena menandakan buah tersebut telah menyerap cukup banyak sinar matahari sehingga membuat rasanya lebih enak.
  • Hirup aroma apel. Apel segar dengan kualitas yang baik akan memiliki aroma yang kuat. Jika aroma yang dikeluarkan apel terasa menyenangkan dan kuat, maka apel tersebut layak konsumsi.

Selain beberapa langkah di atas, Anda pun bisa meminta saran pada pemandu. Perlu diingat, Anda tidak boleh sembarangan saat memetik buah agar tidak merusak apel yang lainnya.

[1] Sufrida, dkk. 2007. Khasiat & Manfaat Apel. Jakarta: Agromedia, hlm. 24.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan