Wisata Pantai Jodo di Batang, Tawarkan Keindahan dengan Harga yang Murah




Wisata Pantai Jodo - www.eksapedia.com
Wisata Pantai Jodo - www.eksapedia.com

Tidak rugi ketika memilih ke Semarang, karena Anda tidak hanya akan dimanjakan oleh wisata kulinernya, tetapi juga wisata . Ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi dengan keluarga, mulai dari Gardu Pandang Lereng Kelir, Lembah Kalipancur, hingga Ungaran. Bagi Anda yang ingin suasana yang berbeda, Anda juga bisa melihat keindahan Pantai Jodo yang letaknya tidak jauh dari Lumpia. 

Pantai Jodo merupakan salah satu pantai yang berada di , Anda bisa menempuh waktu sekitar 1 jam 7 menit dari Semarang menggunakan kendaraan bermotor untuk tiba di pantai. Pengunjung Pantai Jodo sendiri biasanya lebih suka membawa mobil pribadi, karena mereka bisa membawa seluruh anggota keluarga. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Pantai Jodo, berikut ulasannya.

dan Rute Pantai Jodo

Pantai Jodo terletak di Jl. Sidorejo, Kec. Gringsing, Kab. Batang, Jawa Tengah. Lokasinya tepat berada di sebelah utara Pekalongan, jika dilihat dari peta. Letaknya juga tidak jauh dari Alun-Alun Kota Semarang, dengan jarak sekitar 59,8 km. Karena jarak yang tidak terlalu jauh dan lokasinya strategis, banyak orang dari berbagai kota di Jawa Tengah yang mampir ke Pantai Jodo.

Jika Anda datang dari arah Semarang, Anda bisa melewati Jl. Tol Jatingaleh-Krapyak di Tinjomoyo dari Jl. Dr. Wahidin. Setelah sekitar 13 menit , Anda akan menemukan jalur putar balik menuju Jl. Tol Semarang-Batang. Putar balik ke kanan dan ikuti Jl. Tol Semarang-Batang menuju Siklayu. Setelah itu, ambil arah menuju Jl. Lurah Budirejo hingga Anda menemukan perempatan dan ambil arah kanan. Di perempatan berikutnya, belok kiri dan di perempatan terakhir belok kanan. Lurus saja hingga Anda menemukan Pantai Jodo di ujung .

Rute akan berbeda jika Anda datang dari Pekalongan, yaitu bisa lewat Jl. Raya Pantura dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Dari Alun-Alun Pekalongan, ambil arah menuju Jl. Keputran Ledok I dan Jl. RA Kartini menuju Jl. Dr. Sutomo. Ikuti jalan tersebut hingga Anda berada di Jl. Urip Sumoharjo di Keputran.

Melewati jalan tersebut, Anda akan berada di Jl. Raya Pantura, dan lurus saja hingga Anda menemukan perempatan, lalu belok kiri ke Jl. Raya Krengseng. Lurus saja hingga Anda menemukan pertigaan dan belok ke kanan tetap berada di Jl. Raya Krengseng. Di pertigaan berikutnya, Anda harus mengambil arah kiri sejauh 400 m, lalu belok kanan. Ambil arah menuju Jl. Lurah Budirejo, setelah itu Anda akan menemukan perempatan dan belok kanan. Ikuti jalur tersebut hingga Anda menemukan petunjuk ke arah Pantai Jodo.

Wisata Pantai Jodo - ksmtour.com
Wisata Pantai Jodo – ksmtour.com

dan Tiket Masuk Pantai Jodo

Pantai Jodo juga dikenal dengan sebutan Pantai Buntu oleh penduduk sekitar, dan pantai ini memiliki sebuah tugu yang menjadi ikon tempat tersebut. Tugu itu berada tepat di depan pintu masuk utama, dengan tulisan Pantai Jodo. Biasanya, tugu tersebut dijadikan sebagai background foto oleh para wisatawan yang berkunjung, sebagai bukti bahwa mereka pernah singgah ke Pantai Jodo.

Melangkah masuk ke pintu gerbang utama Pantai Jodo, Anda akan disambut dengan hamparan pasir berwarna cokelat yang berujung di bibir pantai. Ada baiknya Anda berkunjung ke Pantai Jodo di pagi hari atau sore hari, untuk mendapatkan view pantai yang indah. Di pagi hari, Anda bisa melihat matahari terbit atau sekelompok elang laut yang terbang ke arah pantai.

Pantai ini tidak segersang pantai kebanyakan, karena ada banyak tumbuhan dan pohon cemara yang tumbuh di pinggir laut dan membentuk hutan kecil. Banyaknya tumbuhan di sekitar pantai, membuat udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk. Namun, jika Anda merasa kepanasan berada di bibir pantai, Anda bisa berteduh sebentar di bawah pohon cemara.

Spot yang terkenal di Pantai Jodo tidak hanya di hutan cemaranya, ada pula rel kereta api yang membentang di pesisir dekat dengan bibir pantai. Rel kereta api yang dibiarkan begitu saja menjadi daya tarik para pelancong. Rel tersebut kerap digunakan sebagai objek foto, Anda bisa berfoto dengan pose yang unik di situ.

Wisata Pantai Jodo yang kian populer tampaknya mendapat perhatian dari sejumlah pihak, termasuk pemerintah setempat. Mereka lantas mengelola tempat wisata tersebut dengan baik dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas. Di beberapa titik di area pantai, telah disediakan tempat-tempat bersantai, mulai dari hammock, gazebo, hingga kursi payung.

Wisata Pantai Jodo - tukangpantai.blogspot.com
Wisata Pantai Jodo – tukangpantai.blogspot.com

Fasilitas umum lainnya yang disediakan oleh pengelola pantai antara lain tempat swafoto, toilet yang bersih, mushola dengan peralatan sholat lengkap, arena bermain anak, dan masih banyak lagi. Anda akan mengetahui segala fasilitas menarik yang ada di Pantai Jodo saat berkunjung. 

Bagi Anda yang tidak membawa makanan saat berkunjung ke pantai, Anda pun bisa mencoba wisata kuliner pinggir Pantai Jodo. Ada banyak warung serta toko oleh-oleh di sekitar pantai dengan menu makanan serta minuman lengkap. Beberapa resto bahkan menjual oleh-oleh berupa ikan segar dan hasil tangkapan laut lainnya.

Untuk menikmati semua fasilitas serta keindahan pemandangan Pantai Jodo, Anda tentu saja perlu membayar tiket masuknya. Menurut beberapa pengunjung yang pernah singgah ke Pantai Jodo, harga tiket masuknya dipatok mulai Rp3.000 per orang. Harga tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola.

Lihat Juga:   Wisma Lestari, Penginapan Sekaligus Kost dengan Fasilitas Komplit di Pancoran




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan