Destinasi Wisata di Kajen Pekalongan, Harga Tiket Murah Meriah




Taman Wisata Goa Macan - @Devina Febriani
Taman Wisata Goa Macan - @Devina Febriani

Bagi Anda yang saat ini sedang berlibur ke , tidak ada salahnya jika Anda mencoba singgah ke Kajen. Kajen sendiri merupakan salah satu kecamatan yang berada di daerah . Ada banyak spot wisata menarik di daerah tersebut, yang bakal membuat Anda tidak membosankan.

Pemerintah Kota Pekalongan terus berbenah menggali potensi-potensi yang ada. Upaya pengembangan kepariwisataan di Kota Pekalongan tidak terlepas dari upaya pencarian berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan di masa-masa yang akan datang. Pencarian dan pengembangan potensi wisata tersebut tidak hanya dilakukan di pusat Kota Pekalongan, tetapi di berbagai daerah, termasuk Kecamatan Kajen.[1]

Taman Dadi Kajen

Bagi Anda yang suka kulineran atau nongkrong, bisa singgah sejenak ke Taman Dadi Kajen. Taman tersebut merupakan salah satu fasilitas publik sekaligus rekreasi bagi para pelancong maupun masyarakat sekitar. Letak taman ini berada di Nyamok, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.

Taman Dadi Kajen sendiri biasanya akan ramai di pagi hari dan menjelang sore. Pada pagi hari, apalagi saat weekend, Anda bisa melihat banyak pedagang jajanan, seperti cilok, rambut nenek, burger, mie ayam, dan sebagainya yang meramaikan taman. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat CFD atau Car Free Day.

Suasana akan semakin ramai saat menjelang malam, ketika banyak kedai kopi pinggir dan pedagang makanan hangat, seperti mie rebus atau bakso, mulai memadati area taman. Suasana yang ramai dengan banyak orang berjualan, menjadi salah satu tempat yang pas untuk ngobrol dan nongkrong.

Di taman tersebut, juga terdapat banyak ornamen, seperti patung dan gambar mural yang bisa Anda jadikan sebagai objek atau background untuk berfoto. Sebagian besar wisatawan sering berfoto selfie di taman tersebut. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Untuk sampai di Taman Dadi Kajen dari arah pusat Kota Pekalongan, Anda bisa melewati rute Jl. Raya Bojong ke Jl. Pahlawan.

Lihat Juga:   Referensi Penginapan Murah di Pasuruan, Tarif Rp100 Ribuan
Taman Dadi Kajen - www.cintapekalongan.com
Taman Dadi Kajen – www.cintapekalongan.com

Taman Wisata Goa Macan

Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Kajen tanpa melihat keistimewaan Taman Wisata Goa Macan. Ini merupakan spot wisata alam populer yang ada di kecamatan tersebut, dengan latar belakang pemandangan alam yang asri. Area tersebut juga cocok bagi Anda yang lelah dengan kesibukan kota.

Taman wisata ini berada di Jl. Kandangserang Tambakroto, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Untuk sampai di Goa Macan, Anda harus melewati hutan bambu yang sudah tidak begitu rimbun. Lurus saja, masuk ke dalam hutan, Anda akan menemukan gerbang menuju Taman Wisata Goa Macan. Goa Macan sendiri dikelilingi dengan tebing-tebing yang sedikit curam.

Di pinggiran tebing, sudah terdapat batuan yang biasanya digunakan oleh pelancong untuk beristirahat atau sekadar bersantai menikmati pemandangan sekeliling. Di area tersebut, Anda bahkan bisa memasang hammock atau menggelar tikar untuk piknik keluarga. Selain terdapat tempat untuk beristirahat, Anda bisa berfoto di sekitar area Goa Macan. Ada beberapa spot foto dengan beragam ornamen indah, seperti payung warna-warni dan patung.

Taman Wisata Goa Macan - @Devina Febriani
Taman Wisata Goa Macan – @Devina Febriani

Kajen

Jika Anda ingin merasakan hiruk-pikuk Kecamatan Kajen dengan low budget, Anda bisa mampir ke Alun-Alun Kajen. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit banyak pelancong yang baru saja singgah ke Kecamatan Kajen. Pemandangan yang asri dengan fasilitas yang lengkap, menjadi daya tariknya.

Lihat Juga:   Harga Menginap di The Forest Cisarua, Tawarkan Villa & Glamping Kekinian

Lokasi Alun-Alun Kajen berada di Jl. Mandurorejo Kajen, Tambor, Nyamok, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Jika Anda dari arah Pekalongan, Anda bisa melewati rute Jl. Raya Bojong atau melalui Jl. Wonopringgo.

Di sekitar alun-alun, Anda bisa menemukan beberapa penjual jajanan ringan. Kebanyakan orang menjual gorengan dan kopi. Anda bisa menikmati camilan tersebut sambil menikmati keindahan Alun-Alun Kajen.

Alun-Alun Kajen dikelilingi oleh aneka jenis pepohonan kecil dan tanaman berbunga. Banyaknya tumbuhan di alun-alun membuat tempat tersebut rindang dan memiliki hawa sejuk. Setiap sudut area dilengkapi dengan bangku-bangku taman lengkap dengan meja kecil sebagai tempat untuk meletakkan makanan atau .

Bagi Anda yang berminat jalan-jalan ke Alun-Alun Kajen, Anda tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar tiket masuknya. Sementara, untuk jajanan di sekitar alun-alun, harganya beragam, mulai Rp5 ribuan per porsi.

Alun-Alun Kajen - @sigit deka
Alun-Alun Kajen – @sigit deka

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda temukan ketika singgah di Kajen, Pekalongan. Memang, tidak terlalu banyak tempat wisata di kawasan ini. Meskipun begitu, spot wisata di atas dapat menjadi hiburan tersendiri bagi Anda saat kebetulan berlibur ke Kajen.

[1] Sabana dkk. 2019. Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, Vol. 16.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan