Murah Meriah, Ini Wisata Alam Dekat Pelabuhan Ketapang Banyuwangi




Pelabuhan Ketapang Banyuwangi - strategi.co.id
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi - strategi.co.id

Sebelum naik kapal ferry di Pelabuhan Ketapang menuju Bali, alangkah asyiknya jika Anda berpetualang sebentar di daerah tersebut. Pasalnya, ada banyak tempat menarik dengan fasilitas lengkap yang berlokasi dekat Ketapang. Selain menyuguhkan fasilitas dan keindahan alam, beberapa spot juga menawarkan harga tiket masuk yang .

Banyuwangi merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur, dan sangat dekat dengan Bali, yang sudah dikenal sebagai daerah tujuan wisata internasional. Posisi seperti ini menyebabkan Banyuwangi mampu menarik perhatian banyak . Selain itu, Banyuwangi juga dikenal memiliki segitiga berlian yang memiliki potensi kuat sebagai daerah ekowisata.[1]

Bagi Anda yang baru saja singgah di Ketapang, dan bingung mencari area wisata yang pas, Anda tidak perlu khawatir. Karena, ada beberapa tempat yang bisa Anda singgahi dalam waktu singkat dari kawasan pelabuhan tersebut.

Grand Watu Dodol

Terletak di Jl. Situbondo-Banyuwangi, Paras Putih, Bangsring, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Grand Watu Dodol, atau biasa dikenal dengan GWD, menjadi destinasi banyak wisatawan saat berada di Ketapang. Ini karena letaknya yang strategis dan dekat dengan pelabuhan.

Untuk menuju GWD dari Pelabuhan Ketapang, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh selama kurang lebih 11 menit. Seperti halnya pantai yang ada di Banyuwangi, Pantai GWD merupakan salah satu objek wisata alam dengan barisan kelapa yang menjulang tinggi sebagai penghiasnya. Pantai ini juga dilengkapi dengan area rerumputan yang tersebar di sepanjang jalan menuju pantai.

Lihat Juga:   Tempat Wisata di Wonoayu Sidoarjo, Sempatkan Mampir

Karena terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dengan pemandangannya yang indah, Pantai Grand Watu Dodol pernah dijadikan salah satu titik penilaian dalam ajang ASEAN Tourism Standard Award yang digelar di pada tahun 2018 lalu. Berkat Pantai GWD, Banyuwangi berhasil mendapatkan predikat ASEAN Clean Tourist City.

Untuk menikmati keindahan Pantai GWD, tentunya Anda harus membayar tiket masuk. Saat weekday, masuk ke Pantai GWD sebesar Rp5.000, sedangkan pada weekend, tarifnya naik menjadi Rp7.000. Selain membayar tiket masuk, jika Anda memakai kendaraan pribadi, maka Anda akan dikenai parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp10.000 untuk bus.

Pantai Grand Watu Dodol - www.liputan6.com
Pantai Grand Watu Dodol – www.liputan6.com

Pantai Cacalan

Terletak di Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur, Pantai Cacalan letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Anda bisa naik kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 13 menit dari pelabuhan menuju pantai. Sesampainya di Pantai Cacalan, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai berpasir kecokelatan yang indah.

Pantai ini memiliki hawa yang sejuk karena dikelilingi berbagai tumbuhan dan pohon, mulai rumput, tumbuhan perdu, hingga nyiur yang menjulang tinggi. Sebagai fasilitas umum, Anda bisa bersantai di gazebo pinggir pantai atau menikmati sunset di kursi payung. Pantai Cacalan juga menyediakan spot foto dengan background unik. Bagi Anda yang ingin foto ala selebgram, pantai ini memiliki fasilitas ayunan yang menghadap bibir pantai. Jika saat pasang, bagian bawah ayunan akan dipenuhi dengan air. Sehingga, menciptakan efek dramatis untuk berfoto.

Lihat Juga:   Info Terbaru, Losmen dan Penginapan Murah di Cibitung, Bekasi

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Cacalan, jangan lupa menganggarkan dana untuk tiket masuknya. Tarif tiket masuk ke Pantai Cacalan terbilang murah, yaitu Rp2.500 per orang. Selain membayar tiket masuk, Anda juga perlu membayar tiket parkir jika membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp2.000, sedangkan tarif untuk roda empat Rp5.000. Jika Anda datang dengan rombongan dan naik bus, Anda akan dikenakan tarif parkir Rp20.000 per kendaraan.

Pantai Cacalan - www.wisatamantap.com
Pantai Cacalan – www.wisatamantap.com

Itulah beberapa wisata yang paling dekat dengan Ketapang, Banyuwangi. Selain itu, Anda bisa mencoba melipir lebih jauh ke Wisata Puncak Asmoro yang berada di Kacangan Asri, Gombeng, Kec. Kalipuro, Banyuwangi. Tempat wisata alam dengan pemandangan bukit dan gunung tersebut bisa Anda jangkau dengan memakai kendaraan bermotor selama 27 menit dari Ketapang. Untuk tiket masuk ke Wisata Puncak Asmoro, Anda hanya perlu membayar Rp2.000 per orang.

[1] Jundi, Fauzan Al, dkk. 2016. Perkembangan Pariwisata di Banyuwangi pada Tahun 2000-2015. Jurnal Humanis, Fakultas Ilmu Budaya Unud, Vol. 17(2): 36-42.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan