Raja Ampat-nya Sulteng, Ini Pesona Wisata dan Penginapan di Pulau Sombori




Pulau Sombori (sumber: lokadata.id)
Pulau Sombori (sumber: lokadata.id)

Pernah dengar tentang Pulau Sombori? Ini adalah salah destinasi wisata di Morowali, Tengah, yang disebut-sebut punya pesona mirip dengan Raja Ampat yang berlokasi di Papua. Bukan cuma menawarkan panorama serupa Raja Ampat, pulau tersebut juga dikatakan menawarkan keindahan yang dapat Anda temukan di Bunaken dan Wakatobi. Sayangnya, fasilitas penginapan di tempat ini dapat dikatakan masih sangat minim.

Nama Morowali dalam beberapa tahun belakangan mulai populer karena kerap dijadikan alternatif berlibur saat wisatawan berkunjung ke Sulawesi. Morowali sendiri adalah kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, berdasarkan UU RI Nomor 51 tahun 1999.[1] Empat tahun kemudian berdasarkan UU No. 12 tahun 2013, kabupaten ini dimekarkan, melahirkan DOB Morowali Utara

Berbicara mengenai , secara umum, di Kabupaten Morowali berorientasi pada alam dan cagar budaya.[2] Sejumlah tempat yang tengah hits di kalangan traveler kekinian adalah Air Terjun Buleleng, Air Terjun Tompaika, serta Benteng Fafontofure. Selain itu, ada pula sebuah pulau oke yang menawarkan pesona tiada tara, Pulau Sombori.

Pesona Wisata Pulau Sombori

Pesona Pulau Sombori (sumber: radarsulteng.id)
Pesona Pulau Sombori (sumber: radarsulteng.id)

Secara administratif, Pulau Sombori berada di Desa Mbokita, Kecamatan Menui, Morowali, Sulawesi Tengah. Pulau ini bisa Anda jangkau dengan menumpang pesawat terbang selama satu jam dari Bandara Mutiara Palu ke Bandara Maleo, Morowali. Dari bandara, dilanjutkan menumpang mobil menuju Bungku, ibukota Kabupaten Morowali, selama setengah jam. Setelah itu, wisatawan bisa menumpang kapal cepat (speedboat) selama sekitar dua jam ke Pulau Sombori.

Lihat Juga:   4 Tempat Wisata Terbaru yang Menarik untuk Dikunjungi di Lawang

Banyak yang menyebut Pulau Sombori sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi Tengah. Hal tersebut tidak berlebihan mengingat keindahan utama kawasan ini adalah gugusan pulau-pulau karang yang memang elok. Di sekitarnya, terdapat banyak tebing karang yang menjulang tinggi, membuatnya terlihat menawan. Ombak lautan yang menyisir tebing menghadirkan pesona lanjutan.

Merupakan sebuah kawasan konservasi perairan dengan luas sekitar 147.700 hektar, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung saat berlibur ke pulau ini. Bagi mereka yang menyukai keindahan bawah laut, pasti tidak ingin melewatkan snorkeling dan diving. Dua spot terbaik untuk aktivitas tersebut yang dapat ditemukan di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Khusus di Pulau Koko, ada bonus dengan lambaian nyiur sehingga memberikan kesejukan yang luar biasa.

Sementara itu, Pulau Dua Laut adalah sebuah pulau kecil yang merupakan kampung nelayan, berjumlah sekitar 30 . Pulau ini dikelilingi pasir putih yang tentu saja memesona. Keistimewaan lainnya adalah punya aquarium point yang sangat besar dan indah. Lokasi untuk snorkeling terletak di pantai yang sedikit menjorok, tetapi sedikit dangkal. Jika ingin sensasi lebih, bisa mencari spot yang agak jauh dari bibir pantai.

Pesona Pulau Sombori (sumber: pegipegi)
Pesona Pulau Sombori (sumber: pegipegi)

Tak hanya snorkeling, wisatawan pun bisa melakukan trekking mengunjungi dua goa yang eksotis. Goa pertama adalah Goa Berlian, yang berada di bibir daratan Sulawesi, menghadap Mbokita. Disebut demikian karena stalaktit di dalamnya sangat berkilau mirip berlian. Sementara, yang kedua adalah Goa Tengkorak, berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut, dengan tengkorak manusia yang tidak diketahui asal-usulnya.

Lihat Juga:   10 Tempat Wisata Keren di George Town, Penang, Malaysia

Jangan lupa juga untuk mendatangi Pulau Kayangan Sombori. Pantai indah yang ada di Pulau Kayangan bisa dibilang cukup panjang, sekitar 20 m hingga 50 m, dan dihiasi dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Lokasi Pulau Kayangan sendiri termasuk berdekatan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Sombori. Perairan yang ada di sekitarnya merupakan perairan dangkal, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling atau sekadar berenang dan bermain air.

Penginapan di Pulau Sombori

Bagi wisatawan yang datang dari jauh dan membutuhkan tempat bermalam, sayangnya menurut penelusuran penulisan, tidak ada perusahaan atau instansi yang menyediakan penginapan di tempat ini. Namun, traveler masih bisa menginap di rumah penduduk yang memang terkenal ramah terhadap pendatang. Untuk bisa bermalam di rumah penduduk, pengunjung cukup membayar tarif mulai Rp50 ribuan per orang per malam.

Namun, jika sungkan menginap di rumah penduduk, alternatif penginapan terdekat adalah berada di Pulau Labengki. Ini adalah pulau yang berlokasi tidak jauh dari Pulau Sombori dan sering ditawarkan agen perjalanan dalam sebuah paket liburan Labengki-Sombori. Ada beberapa yang dapat dipilih, seperti Labengki Beach Hut dengan tarif Rp500 ribuan per orang per malam serta Labengki Nirwana Resort dengan sewa Rp3,6 jutaan untuk paket inap 4 hari 3 malam.

[1] CV Titara Marantam 2016. Rencana Terpadu dan Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM): Dokumen RPI2JM Bidang Cipta Karya Kabupaten Morowali-Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2016.

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan