Rekomendasi Wisata di Bandongan, Magelang




Alun Alun Kota Magelang (sumber: magelangkota.go.id)

Bandongan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten , Jawa Tengah. Daerah yang tak jauh dari Jogja ini, tidak hanya terkenal dengan tempat nongkrongnya dan kuliner, tetapi juga wisata alamnya. Beberapa area rekreasi tersebut juga terbilang viral di kalangan backpacker, karena harga atau tarif masuk yang relatif terjangkau. Sebagai rekomendasi, berikut ulasannya.

Bukit Sleker Asri

Bukit Sleker Asri terletak di Grenjeng, Gandusari, Badongan, Magelang, Jawa Tengah. tersebut memiliki konsep rekreasi alam dengan beberapa wahana foto yang menarik. Spot wisata ini letaknya memang berada di area hutan pinus di Bandongan.

Bukit Sleker Asri (sumber: travelingyuk.com)
Bukit Sleker Asri (sumber: travelingyuk.com)

Tidak sulit untuk menemukan tempat tersebut. Jika Anda datang dari arah Borobudur, Anda bisa melewati Jl. Raya Bandongan dengan waktu tempuh sekitar 22 menit menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun bukan di tengah , Bukit Sleker Asri terbilang memiliki lokasi yang strategis, karena tidak jauh dengan publik seperti warung makan dan kafe.

Di bukit tersebut, Anda tidak hanya dimanjakan dengan hamparan hijau dan pohon pinus, tetapi juga area piknik dan permainan outbound yang seru. Selain itu, Anda bisa berfoto di lokasi yang telah disediakan, seperti area jamur raksasa, gapura bukit, taman bunga, dan gubuk ala rumah kurcaci. Menurut review pengunjung, untuk menikmati semua fasilitas di Bukit Sleker Asri, Anda perlu membayar tiket masuk Rp5.000 per orang.

Magelang Kuda & Joglo

Berlibur ke Magelang akan terasa lebih seru jika Anda belajar naik kuda. Ada beberapa spot berkuda di Magelang yang terbilang cukup populer, salah satunya Magelang Kuda & Joglo yang terletak di Jl. Raya Bandongan Dusun Jurang, Krajan, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah.

Magelang Kuda & Joglo (sumber: beritamagelang.id)
Magelang Kuda & Joglo (sumber: beritamagelang.id)

Tidak sulit mengakses spot rekreasi tersebut. Bagi Anda yang datang dari pusat Kota Gudeg, Anda bisa melalui Jl. Magelang-Yogyakarta selama 1,25 jam menggunakan kendaraan bermotor. Letak Magelang Kuda & Joglo yang berada di pinggir jalan, terbilang cukup strategis dan tidak sulit ditemukan.

Lihat Juga:   Kahai Beach Hotel, Penginapan Pinggir Pantai Lampung dengan Waterboom

Magelang Kuda & Joglo atau biasa dikenal dengan Mangkujo tidak hanya menawarkan wisata berkuda. Anda bisa menikmati lezat karena memang tempat rekreasi tersebut memiliki konsep wisata resto keluarga. Selain itu, juga terdapat lokasi khusus untuk berfoto. Anda bisa berfoto bersama kuda atau di gubuk kecil dan rumah pendopo.

Menurut review pengunjung, untuk menikmati wisata berkuda di Mangkujo, berkisar Rp5.000 hingga Rp20.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk makanan dan tiket parkir kendaraan.

Wisata Bunga Krisan 2

Jika Anda termasuk generasi millenial yang suka berfoto ala-ala vintage di kebun bunga, jangan sampai lewatkan kesempatan berfoto di Wisata Bunga Krisan 2. Tempat rekreasi tersebut berlokasi di Krajan, Ngepanrejo, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah.

Wisata Bunga Krisan 2 (sumber: tribunnews.com)
Wisata Bunga Krisan 2 (sumber: tribunnews.com)

Bagi Anda yang berada di daerah Temanggung, Anda bisa mengakses spot wisata bunga ini melalui Jl. Kaliangkrik-Windusari. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh selama 1 jam. Meskipun letaknya agak terpencil, Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang menuju Wisata Bunga Krisan 2, terdapat petunjuk papan jalan yang lengkap.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Wisata Bunga Krisan 2, antara lain berfoto di tengah padang bunga krisan, menikmati teh bunga krisan di kafe yang ada, dan melihat petani bunga memanen atau menanam bunga krisan. Menurut review pengunjung yang pernah datang ke spot rekreasi ini, turis perlu membayar tiket masuk mulai Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang.

Bukit Asri Kertojoyo

Jika Anda masih belum puas berwisata alam di Bandongan, tidak ada salahnya untuk singgah ke Bukit Asri Kertojoyo. Tempat rekreasi ini terletak di Jl. Bandongan-Tempuran, Bandongan, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah. Rekreasi alam tersebut memiliki konsep seperti hutan lindung berukuran raksasa.

Lihat Juga:   Spot Wisata Menarik Wajib Kunjung di Loksado-Kandangan dan Update Tarifnya
Bukit Asri Kertojoyo (youtube: Explore Wisata Magelang)
Bukit Asri Kertojoyo (youtube: Explore Wisata Magelang)

Tidak sulit mengakses tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang datang dari arah Kota Salatiga, Anda bisa melewati Jl. Magelang-Boyolali dengan waktu perjalanan 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, Anda bisa menemukan Bukit Asri Kertojoyo dengan mudah, karena terletak di pinggir jalan.

Di bukit tersebut, Anda tidak hanya bisa melakukan tracking atau pendakian kecil, karena Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan alam yang indah. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat fasilitas khusus untuk berpiknik, berupa bangku kayu dan pendopo kecil. Menurut review pengunjung, harga tiket masuk ke Bukit Asri Kertojoyo berkisar Rp5.000 per orang.

Curug Kembar Sukosari

Di Bandongan, juga ada yang dikenal dengan nama Curug Kembar. ini berlokasi di Hutan Sukosari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah. Letaknya yang berada di dalam hutan, membuat spot rekreasi ini jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, pemandangan yang ditawarkan tidak kalah apik dengan spot wisata alam lainnya.

Curug Kembar Sukosari (google: riki rivaldo)
Curug Kembar Sukosari (google: riki rivaldo)

Jika Anda datang dari arah Wonosobo, Anda bisa mengakses curug ini melewati Jl. Sapuran Salaman atau Jl. Wonosobo-Magelang dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Jalan menuju area wisata tersebut terbilang cukup terjal, sehingga Anda perlu waspada dan sebaiknya menggunakan kendaraan yang beroda besar serta tebal.

Sesampainya disana, Anda bisa langsung memarkirkan kendaraan di area yang sudah disediakan. Setelah itu, Anda perlu menyusuri jalan setapak di hutan untuk menemukan air terjun. Dinamakan air terjun kembar, karena Anda bisa melihat dua air terjun sekaligus dalam satu spot. Kebanyakan orang yang berkunjung akan memang lebih suka foto-foto. Selain berfoto, Anda juga bisa piknik atau sekadar bersantai di pinggir lokasi.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan