Wisata Alas Pelangi Trawas, Camping Ground Keluarga dengan Fasilitas Lengkap




Wisata Alas Pelangi Trawas - travelandword.com
Wisata Alas Pelangi Trawas - travelandword.com

Mojokerto, Jawa Timur menyimpan segudang destinasi wisata. Selain wisata situs , potensi alam Mojokerto terutama kawasan Trawas selalu menarik untuk dieksekusi. Kini, saatnya Anda mencoba sensasi wisata di kawasan pegunungan Trawas, tepatnya di Wisata Alas Pelangi. Di sana, tak hanya puas berfoto, melainkan dapat mendirikan tenda bersama keluarga. Harga tiket masuk Wisata Alas Pelangi Trawas juga terjangkau, dijamin tak membuat kantong Anda bolong.

Kebanyakan indah letaknya pasti tersembunyi dan biasanya mengharuskan Anda untuk sedikit berjuang menuju lokasi. Selain trekking, Anda setidaknya harus berjalan jauh beberapa kilometer. Namun berbeda dengan satu ini yang menawarkan pemandangan lembah indah tetapi begitu mudah diakses oleh pengunjung. Lokasinya yang berada persis di tepi jalan raya Mojosari – Trawas, menjadikan tempat ini selalu ramai oleh pengunjung apalagi musim liburan. 

Wisata Alas Pelangi Trawas lokasinya cukup dekat dengan Wisata Paralayang Trawas , Wisata Air Terjun Dlundung, dan Coban Canggu. Namun, kebanyakan wisatawan memilih Wisata Alas Pelangi Trawas jika kedua tempat wisata ini telah dipadati pengunjung. Apalagi bagi Anda yang sering libur dengan membawa anggota keluarga lengkap, rasanya akan jenuh bila harus berwisata di tempat yang ramai pengunjung. Untuk itu, Wisata Alas Pelangi Trawas kerap dijadikan alternatifnya. Sebelum mengulasnya lebih detail, berikut informasi harga masuk Wisata Alas Pelangi Trawas pada 2020.

Masuk Wisata Alas Pelangi Trawas

Tiket (Rp)
Tiket Masuk AnakGratis 
Tiket Masuk Mengakses Hutan Pinus (Dewasa)10.000
Tiket Bermalam (Camping)25.000
Tiket Parkir5.000

Keindahan pohon pinus dan Gunung Arjuna yang menjulang tinggi menjadi daya tarik sendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Seperti halnya objek wisata lainnya, di Wisata Alas Pelangi Trawas terdapat banyak spot foto yang mungkin tak cukup waktu sehari untuk mengabadikannya. Bisa jadi Anda harus bergantian dengan pengunjung lain jika ingin berfoto di beberapa tempat.

Cafe di Alas Pelangi Trawas - www.wisatainfo.com
Cafe di Alas Pelangi Trawas – www.wisatainfo.com

Salah satu spot foto favorit di sana yakni kebun stroberi, tetapi jangan harap Anda dapat memetiknya, pasalnya tanaman tersebut memang sengaja dibiarkan berbuah untuk mempercantik lokasi tersebut. Nah, bagi Anda yang sudah puas berfoto, maka dapat mengisi perut yang kosong dengan mampir di kafe Wisata Alas Pelangi Trawas. Tak hanya sajian kopi, Anda juga dapat mencicipi aneka jenis ringan hingga berat yang ditawarkan dengan harga relatif terjangkau. Tak kurang dari Rp50 ribu, Anda sudah dapat menikmati beberapa cangkir minuman dengan roti atau pisang goreng.

Bagi yang membawa anak kecil, tak ada salahnya mengikutsertakan anak Anda dalam outbound kids yang telah disiapkan pihak pengelola. Selain dapat melatih keberaniannya, anak akan lebih senang dan terkesan selama di camp. Sambil menunggu Si Kecil puas mengikuti outbound, Anda dapat menyewa dan memasang hammock di antara pepohonan untuk bersantai menikmati udara segar Trawas.

Keistimewaan Camping Ground Alas Pelangi Trawas

Tak hanya menyusuri hutan pinus, Anda dapat mencoba sensasi menginap di Wisata Alas Pelangi Trawas. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, Anda dapat menginap semalam dengan yang terbilang lengkap. Anda dapat menyiapkan perlengkapan camping dari rumah, jika tertinggal maka tak perlu khawatir karena dapat menyewa di sana. Pihak pengelola juga menjanjikan tingkat keamanan dan kenyamanan selama camping. Untuk itu, area perkemahan ini dibatasi 80 tenda saja. 

Beberapa keunggulan camping ground yang satu ini yakni permukaan tanahnya rata, sehingga begitu nyaman sebagai alas tenda. Kontur tempat perkemahan sengaja dibuat terasering yang berguna agar aliran air saat hujan tidak mengganggu peserta camp. View langsung ke arah lembah dapat Anda nikmati di sana setiap saat. Lokasi parkir yang cukup dekat dengan area perkemahan tentu membuat pengunjung tak repot jika ada barang tertinggal.

Camping Ground Alas Pelangi Trawas - travelandword.com
Camping Ground Alas Pelangi Trawas – travelandword.com

Bagi wisatawan yang ingin membuat vlog liburan, mungkin akan terganggu dengan lokasi yang susah sinyal. Sama halnya dengan camp ground lainnya yang berada di ketinggian tertentu, Anda pasti akan kesulitan mendapatkan jaringan sinyal stabil. Untuk itu, Anda dapat membayar fasilitas wifi yang disediakan pihak pengelola selama menginap di sana. Tarif yang ditawarkan juga tak begitu mahal, disesuaikan dengan pemakaian voucher wifi Anda.

Menurut review sejumlah pengunjung yang pernah mendirikan tenda di Wisata Alas Pelangi Trawas mengungkapkan, tempat tersebut begitu layak sebagai tujuan camping yang ramah untuk keluarga. Kebersihan area perkemahan patut diacungi jempol. Anda dapat melihat kantong plastik di beberapa tempat sebagai tempat menampung sampah, sehingga tidak tercecer sembarangan. Tempat ibadah berupa musala juga disiapkan bagi para pengunjung yang menjalankan ibadah salat.

Fasilitas lainnya adalah lampu penerangan yang cukup terang pada malam hari, serta disediakan colokan untuk keperluan charging HP. Untuk fasilitas toilet, hanya tersedia 4 kamar mandi yang lokasinya persis di pinggir jalan raya. Meski begitu, airnya bersih dan segar khas pegunungan. Pada pagi hari, pengunjung yang mendirikan tenda biasanya melakukan ritual senam bersama. Hal tersebut tentu memberikan efek positif sekaligus menciptakan kesan tersendiri saat berada di sana.

Jika penasaran, Anda dapat menyediakan waktu liburan bersama keluarga untuk datang ke Wisata Alas Pelangi Trawas. Anda dapat mengakses Google Maps menuju Jl. Trawas – Mojosari No.32-19, Trawas, Kecamatan Trawas. Dengan Rp25 ribu per orang, Anda dapat menikmati sensasi bermalam di kawasan hutan pinus ini. Anda juga diperbolehkan membawa perbekalan dari rumah. Asyik, bukan?

Lihat Juga:   Penginapan Populer di Kawasan Ujung Berung, Bandung




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan