Rekomendasi Spot Wisata Alam di Kaligua Brebes, Jawa Tengah




Puncak Sakub - jateng.tribunnews.com
Puncak Sakub - jateng.tribunnews.com

Berlibur ke yang ada di Jawa Tengah, belum lengkap rasanya jika Anda tidak menikmati keindahan yang disuguhkan. Pasalnya, Brebes memiliki banyak spot yang asri dengan pemandangan indah. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati view dengan nuansa hijau adalah Kaligua. Di area tersebut, sudah terdapat beberapa wahana wisata .

Kaligua sendiri merupakan sebuah yang berada di Kec. Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Brebes. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam 25 menit menggunakan kendaraan bermotor. Di sekeliling Kaligua, terdapat banyak destinasi wisata alam, seperti berikut.

Agrowisata Kaligua

Salah satu tempat wisata bernuansa alam yang populer di Kaligua adalah Agrowisata Kaligua. Ini adalah spot liburan yang bisa Anda datangi kapan pun. Lokasinya yang strategis, membuat wahana wisata alam tersebut selalu ramai pengunjung. Pengunjungnya tidak hanya dari kalangan saja, tetapi juga sekelompok mahasiswa dan anak sekolah yang melaksanakan kegiatan program pendidikan.

Untuk menuju Agrowisata Kaligua tidaklah sulit, Anda bisa melalui rute Jl. Pejagan-Bumiayu. Dari pusat Kabupaten Brebes, ambil arah timur laut menuju Jl. Raya Bulu, lalu ke Jl.Pejagan-Bumiayu. Ikuti jalan tersebut, Anda bisa melewati jalan alternatif di Jl. Raya Kaligayam, telusuri jalan tersebut hingga Anda menemukan Jembatan Layang Klonengan.

Telusuri jembatan tersebut dan menuju ke Jl. Bumiayu-Tonjong. Setelah itu, Anda harus menuju Jl. Pandan Sari, hingga menemukan perempatan, kemudian belok kanan dan Anda sudah menemukan tujuan Anda. Rute ini memakan waktu kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan bermotor, dengan jarak sekitar 66,8 km.

Sesampainya di Agrowisata Kaligua, Anda bisa melihat hamparan hijau tanaman teh dan beberapa jenis pepohonan besar yang rindang. Kebun teh ini sebenarnya adalah kebun teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Ini juga merupakan salah satu usaha perusahaan tersebut untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan SDA di sekitarnya.

Perlu Anda ketahui, setiap pohon teh di Agrowisata Kaligua akan dipanen setiap waktu panen tiba. Anda bisa melihat para petani teh berbondong-bondong memanen pucuk daun teh di pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memanen teh dan mengetahui bagaimana cara mengolah teh yang tepat di agrowisata tersebut.

Hasil panen teh yang sudah disortir akan dicuci dan diolah menjadi produk teh siap saji dengan varian teh hitam atau black tea. Produk teh siap seduh dengan merek Kaligua ini dipasarkan hingga ke berbagai daerah di luar Jawa Tengah. Varian tehnya tidak hanya teh hitam kering saja, tetapi juga teh hitam celup.

Di tempat wisata tersebut, Anda juga bisa berpiknik dan berfoto dengan keluarga atau teman. Pemandangan yang indah dengan segelas cangkir teh menjadi salah satu properti berfoto yang menarik. Menurut beberapa pengunjung, setelah mendapatkan masuk dengan harga mulai Rp20.000, Anda akan diberi segelas teh atau produk teh lainnya.

Agrowisata Kaligua - www.inibaru.id
Agrowisata Kaligua – www.inibaru.id

Wisata Tuk Bening dan Goa Jepang

Tidak jauh dari Agrowisata Kaligua dan masih satu dengan wahana wisata tersebut, Anda akan menemukan Wisata Tuk Bening dan Goa Jepang. Pemandangan alam di tempat ini asri, dikelilingi dengan hamparan tanaman teh, pepohonan besar, serta beberapa jenis tumbuhan berbunga. Kebanyakan wisatawan yang singgah biasanya akan berfoto terlebih dahulu.

Ada banyak spot foto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata, mulai dari dengan background tumbuhan berbunga, hingga jembatan kayu di atas sungai. Anda bisa berfoto dengan gaya yang unik dan menarik. Jika Anda lelah dan ingin menikmati hawa sejuk di tempat ini, sudah banyak gazebo serta bangku yang tersebar. Anda bahkan bisa berpiknik bersama keluarga. Setelah itu, Anda bisa menikmati keindahan sumber air dengan air yang jernih dan bebatuan alam di sekitarnya.

Untuk melihat keindahan Tuk Bening, Anda bisa menggunakan jembatan gantung yang telah disediakan. Air yang jernih akan mengalir deras dan mengisi sungai serta beberapa kolam kecil di tempat wisata tersebut. Tidak jauh dari sumber air, Anda pun bisa mengunjungi Goa Jepang.

Goa Jepang sendiri merupakan salah satu goa peninggalan Jepang yang dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian sekaligus tempat penyimpanan senjata dan penyekapan oleh tentara Jepang. Di goa tersebut, sudah dilengkapi banyak diorama dengan aneka ragam pose. Patung-patung tersebut menggambarkan peristiwa yang terjadi di Goa Jepang pada masa lalu. 

Untuk menikmati fasilitas dan keindahan Wisata Tuk Bening dan Goa Jepang, Anda bisa membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk ke wahana ini sudah termasuk tiket wisata menuju Agrowisata Kaligua.

Wisata Tuk Bening - panturapost.com
Wisata Tuk Bening – panturapost.com

Puncak Sakub

Destinasi wisata alam berikutnya yang bisa Anda kunjungi di Kaligua adalah Puncak Sakub. Ini merupakan salah satu tempat wisata populer bagi kaum pencinta alam. Dari Puncak Sakub, Anda bisa melihat keindahan Slamet yang menjulang tinggi. Jika Anda beruntung, Anda bahkan bisa menikmati pemandangan sunrise atau sunset dari tempat ini.

Untuk menuju Puncak Sakub tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju arah barat dari Wisata Tuk Bening dan Goa Jepang dengan waktu tempuh sekitar 17 menit. Puncak Sakub sendiri berada di Jl. Kaligua yang masih satu lokasi dengan Agrowisata Kaligua Brebes.

Karena pemandangan yang indah dengan latar belakang Gunung Slamet, Anda pun bisa berfoto dengan berbagai macam pose yang unik. Selain menjadi lokasi foto, banyak juga wisatawan yang berkemah di tempat ini. Untuk menikmati semua fasilitas yang ada, menurut beberapa pengunjung, Anda perlu membayar tiket masuk mulai Rp25 ribuan per orang.

Puncak Sakub - jateng.tribunnews.com
Puncak Sakub – jateng.tribunnews.com
Lihat Juga:   Oemah Arma Rinjani, Akomodasi Rp1,2 Jutaan di Batu dengan Kolam Renang




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan