Eksotis dan Menyegarkan, Ini 5 Air Terjun Cantik di Singaraja




Air Terjun Sekumpul - www.pegipegi.com
Air Terjun Sekumpul - www.pegipegi.com

Bali tidak melulu soal atau clubbing atau pura. Kalau Anda ingin suasana yang sejuk dan menyegarkan, Anda bisa menuju Singaraja. Pasalnya, di kawasan ini, Anda bisa menemukan sejumlah air terjun yang tidak cuma bikin suasana adem, juga punya pemandangan yang eksotis. Ini rekomendasi air terjun di Singaraja yang wajib Anda kunjungi saat pelesir ke Dewata. 

Air Terjun Gitgit 

Seperti namanya, air terjun ini terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, berjarak sekitar 11 km arah selatan dari Kota Singaraja. Memiliki keindahan alam yang eksotis, membuat objek Air Terjun Gitgit ini wajib masuk dalam daftar tujuan Anda. Jika Anda kebetulan bertolak dari Kota Denpasar, spot ini dapat ditempuh sekitar dua jam berkendara.

Punya ketinggian sekitar 35 meter, air yang jernih mengalir terjun dengan suara bergemuruh. Alam sekitar yang masih asri menjadi daya tarik lainnya yang mampu memikat banyak pelancong. Sepanjang kaki dari area parkir menuju lokasi yang berjarak sekitar 250 meter, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam, pepohonan, kicau burung, serta sejumlah art shop yang menjual cendera mata.

Air Terjun Gitgit - www.jejakpiknik.com
Air Terjun Gitgit – www.jejakpiknik.com

Air Terjun Kroya

Untuk mereka yang mengaku pencinta petualangan dan suka mengadu adrenalin, Air Terjun Kroya menjadi salah satu destinasi yang menarik didatangi. Berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 12 meter. Nah, Anda bisa bermain perosotan di air terjun tersebut, yang dikatakan relatif aman karena punya kontur bebatuan mirip papan seluncur.

Tak hanya bisa digunakan bermain perosotan, Anda juga dapat melompat dari tebing yang hanya berketinggian sekitar 5 meter. Jangan lupa membawa kamera untuk selalu siap menangkap momen bahagia di Air Terjun Kroya ini. Karena, foto yang Anda abadikan di sini pasti menjadi foto yang menarik dam dijamin bikin iri teman-teman dan sejawat Anda.

Air Terjun Kroya - www.kintamani.id
Air Terjun Kroya – www.kintamani.id

Air Terjun Banyumala

Masih di Kecamatan Sukasada, kali ini di Desa Wanagiri, ada air terjun yang tak kalah eksotis bernama Banyumala. Bahkan, air terjun ini disebut-sebut yang paling elok di Pulau Dewata. Pasalnya, Anda bisa menyaksikan tiga buah air terjun sekaligus yang tergabung dalam satu muara, nampak dua air terjun kecil yang mengapit dua air terjun lainnya yang berukuran lebih besar.

Keindahannya tidak berhenti di situ. Di bagian bawah air terjun, sudah terdapat kolam air yang menjadi tempat favorit banyak traveler untuk berenang atau sekadar bermain air dan berendam. Bahkan, saking jernihnya air di kolam ini, Anda bisa menyaksikan keberadaan dasar kolam secara langsung dari permukaan dengan mata telanjang. Bagaimana, tertarik ke tempat ini?

Untuk menuju ke tempat ini, Anda memang akan dikenakan tiket masuk. Namun, tidak perlu khawatir, karena harganya tidak terlalu mahal, cuma sebesar Rp10 ribu per orang. Sekadar tips, jika berencana melakukan kunjungan ke tempat ini, sebaiknya jangan pada momen liburan seperti Lebaran dan akhir tahun karena jumlah wisatawan dijamin akan membeludak.

Air Terjun Banyumala - ksmtour.com
Air Terjun Banyumala – ksmtour.com

Air Terjun Tembok Barak

Lokasi air terjun ini dapat Anda temukan di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Jika Anda berangkat dari Kota Denpasar, perlu menempuh jarak sejauh 80 km atau 2,5 jam berkendara untuk tiba di Air Terjun Tembok Barak, melalui Jalan Raya Bedugul-Singaraja. Meski perjalanan yang ditempuh cukup jauh, tetapi semua akan terbayar tunai saat Anda tiba di tempat ini.

Dibandingkan dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Tembok Barak memang tidak terlalu tinggi. Meski demikian, Anda akan dijamin terpukau dengan keindahannya. Pasalnya, air terjun diapit dua tembok atau dinding dari bebatuan berwarna kemerah-merahan, seperti namanya. Di bawah guyuran air terjun, sudah terdapat kolam air yang cukup luas, namun cukup dalam, sehingga tidak disarankan untuk berenang kecuali Anda memang benar-benar mahir.

Jika Anda tertarik berkunjung ke tempat ini, sebaiknya datang pada hari Senin hingga Kamis, karena dipastikan ketika weekend, lokasinya menjadi penuh sesak pengunjung. Jangan lupa juga membawa kamera, perbekalan makanan dan minuman karena belum terlalu banyak , serta pakaian ganti. Yang perlu diingat adalah tetap menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan air terjun ini.

Air Terjun Tembok Barak - voinews.id
Air Terjun Tembok Barak – voinews.id

Air Terjun Sekumpul

Berjarak sekitar 12 km dari Singaraja, tepatnya di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Anda bisa menemukan Air Terjun Sekumpul. Siap membius Anda dengan segala keindahannya, objek wisata ini dapat Anda tempuh sekitar 2,5 jam berkendara dari Kota Denpasar. Jalan yang harus dilalui cukup berkelak-kelok, dengan kontur yang tidak terlalu rata. Selain itu, wisatawan juga masih harus menuruni anak tangga sejauh 300 meter.

Namun, perjuangan Anda dijamin tidak akan sia-sia. Pasalnya, Anda tidak hanya akan mendapatkan satu, dua, atau tiga air terjun. Destinasi ini menawarkan hingga tujuh air terjun dalam satu lokasi. Dua di antaranya terletak berdampingan, tetapi dengan warna air yang berbeda. Jika yang kiri berwarna bening karena berasal dari air pegunungan, maka sebelahnya sedikit kecokelatan karena berasal dari sungai.

Debit air yang jatuh dari atas tidak terlalu ekstrem dan buas, sehingga tetap menyajikan panorama yang elok. Selain merasakan kesegaran air terjun, banyak juga turis yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk menenangkan diri dan berlatih yoga. Kalau Anda juga berminat mengeksplorasi keindahan air terjun, harga tiket masuknya sangat , cuma Rp2.000 untuk turis lokal dan Rp5.000 untuk wisatawan asing.

Air Terjun Sekumpul - www.pegipegi.com
Air Terjun Sekumpul – www.pegipegi.com
Lihat Juga:   Info Akomodasi Penginapan di Kertajati, Majalengka




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan