Villa Linggarjati Indah, Punya Suasana Asri & Harga Murah




Villa Linggarjati Indah - @One Galuh
Villa Linggarjati Indah - @One Galuh

Jika Jawa Barat menjadi target destinasi Anda, namun bosan berkunjung ke Bandung atau , mungkin Anda bisa mencoba rekreasi ke kawasan . Pasalnya, di kabupaten ini, ada beragam objek wisata menarik yang bisa Anda jadikan refreshing, salah satunya Linggarjati. Bahkan, di sekitar tempat wisata tersebut, sudah tersedia banyak villa, seperti Villa 48 Linggarjati dan Villa Linggarjati Indah.

Sebelum membahas mengenai penginapan di Linggarjati, kita ulas sedikit mengenai wisata di daerah tersebut. Linggarjati (atau Linggajati) adalah sebuah desa di Kecamatan Climus, Kabupaten Kuningan. Tempat ini terkenal karena pernah digunakan untuk menyelenggarakan Perundingan Linggarjati pada masa kemerdekaan dulu, yang lantas dilestarikan sebagai Museum Linggarjati.

Terletak di ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan air laut, Desa Linggarjati memiliki akses yang gampang, baik ketika Anda berangkat dari Kota Cirebon maupun Kota Kuningan. Apabila Anda bertolak dari Kota Cirebon, jarak menuju Linggarjati berkisar 25 km, sedangkan perjalanan dari Kota Kuningan sekitar 17 km. 

Seperti disampaikan di atas, Linggarjati terkenal karena pernah dijadikan lokasi perundingan antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1946 silam. Saat ini, gedung tempat perundingan tersebut sudah menjadi museum dan dijadikan spot wisata . Berdiri di atar lahan seluar 24.500 meter persegi, bangunan gedung seluas 1.800 meter persegi terdiri dari ruang sidang, uang sekretaris, kamar tidur Lord Killearn, ruang pertemuan Presiden Soekarno dan Lord Killearn, kamar tidur delegasi Belanda, kamar tidur delegasi Indonesia, ruang makan, kamar mandi/WC, ruang setrika, gudang, bangunan paviliun, dan garasi.

Sebagai catatan, ruangan dan segala perabotan yang ada di dalam gedung pada tahun 1976 (saat dipugar oleh pemerintah), dibuat sedemikian rupa agar data dan suasananya sedapat mungkin sama seperti tahun 1946 (sewaktu perundingan dilaksanakan). Selain itu, di dalam gedung juga dilengkapi dengan gambar/foto situasi saat perundingan berlangsung dan bahan-bahan informasi lain bagi pengunjung.

Villa Linggarjati Indah - @Rafif Bariq
Villa Linggarjati Indah – @Rafif Bariq

Di samping itu gedung bersejarah, Linggarjati juga punya wisata alam yang kece bernama Linggarjati Indah. Sering juga disebut Taman Wisata Alam (TWA) Linggarjati, destinasi liburan ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Gedung Perundingan Linggarjati. Berbentuk rimba yang luas, TWA Linggarjati juga biasanya dijadikan titik awal pendakian menuju Gunung Ciremai.

TWA Linggarjati sendiri menawarkan destinasi alam yang komplet. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan aneka flora, seperti Bungur (Lagerstroemia sp), Pasang (Quercus sp), Kiara (Ficus sp), Lemo (Alstonia scholaris), Jamuju (Podocarpus imbricatus), dan Kiacret (Spathodea campulata). Di samping itu, juga ada beberapa fauna seperti burung pipit dan burung kepodang.

Untuk mereka yang ingin bermain, pengelola pun sudah menyiapkan beragam permainan yang cukup menarik. Anda bisa berendam atau berenang di kolam renang yang jernih dan segar, berseluncur di area waterboom, bermain sepeda air, memancing ikan di kolam pemancingan, atau bermain di arena outbound.

Untuk bisa berwisata ke tempat ini, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Pengunjung dewasa hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp10 ribuan per orang. Namun, apabila wisatawan hendak mencoba wahana, seperti sepeda air, mobil koin, kereta api mini, atau kuda putar, akan dikenakan biaya tambahan mulai Rp5 ribuan.

Lokasi dan Villa Linggarjati Indah

Nah, untuk mereka yang kebetulan datang dari luar kota dan ingin bermalam, tidak perlu khawatir mengenai akomodasi menginap. Pasalnya, di sekitar kawasan TWA Linggarjati, sudah ada beberapa penginapan model villa yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Nah, untuk wisatawan yang membutuhkan villa bertarif murah, salah satu yang bisa direkomendasikan adalah Villa Linggarjati Indah.

Tempat inap ini berlokasi di Jalan Linggarjati No. 4, Linggasana, Kecamatan Climus, Kabupaten Kuningan. Menurut ulasan pengunjung yang pernah menginap, akomodasi ini dikatakan memiliki tempat yang lumayan bagus, dengan menginap yang sangat murah. Villa Linggarjati Indah dinilai sangat cocok dijadikan tempat bermalam atau rombongan.

Berada di kawasan Linggarjati, Villa Linggarjati Indah tentu saja dianugerahi dengan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Sepanjang mata memandang, wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan yang hijau serta Gunung Ciremai yang gagah. Sawah penduduk sekitar makin menegaskan kesan asri di lingkungan penginapan ini.

Ada beragam tipe villa yang disediakan di tempat ini, antara lain Standar Cantigi, Stanar Kareumbi, Standar Mahoni, Single Manggis Cemara, Single Kersen, Family Tipe A, dan Family Tipe B. Masing-masing villa setidaknya sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar tidur dan ranjang yang nyaman, ruang keluarga, hingga kamar mandi dan dapur.

Villa Linggarjati Indah - @Nabawi Corp
Villa Linggarjati Indah – @Nabawi Corp

Tarif Villa Linggarjati Indah

Tipe VillaTarif per Malam
Single KersenRp300.000
Single Manggis CemaraRp350.000
Standar MahoniRp350.000
Standar KareumbiRp350.000
Standar CantigiRp400.000
Family Tipe BRp400.000
Family Tipe ARp450.000

Di samping itu, pengelola Villa Linggarjati juga menyediakan convention hall dengan biaya sewa mulai Rp1 jutaan, serta classroom dengan biaya Rp500 ribuan. Jika wisatawan membutuhkan extra bed, akan dikenakan biaya tambahan mulai Rp50 ribuan. Sekadar informasi, harga sewa kamar tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola.

Nah, apabila Anda hendak berwisata ke Taman Wisata Alam Linggarjati dan berminat menginap di Villa Linggarjati Indah, kamar bisa Anda lakukan langsung di lokasi. Namun, apabila Anda tidak ingin kehabisan kamar, bisa melakukan reservasi jauh-jauh hari dengan menghubungi nomor telepon (0232) 613188 dan nomor ponsel 0852 2466 3045.

Lihat Juga:   Villa Cahaya Songgoriti, Terapkan Check-in Fleksibel dan Tarif Murah




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan