Villa Isola, Gedung Megah dan Bersejarah di Bandung




villa isola - meunbeatable.blogspot.com

Isola merupakan bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota . Berlokasi di dataran tinggi, di sisi kiri jalan menuju Lembang (Jalan Setiabudi No. 244), villa ini digunakan oleh IKIP Bandung yang sekarang menjadi UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Nama Isola sendiri merupakan kependekan dari M’Isolo e Vivo yang berarti “saya mengasingkan diri dan bertahan hidup”.

villa isola - meunbeatable.blogspot.com
villa isola – meunbeatable.blogspot.com

 

Gedung yang dibangun pertama kali pada tahun 1932 silam dengan biaya 500 ribu gulden ini dulunya dimiliki oleh seorang raja media cetak keturunan Indo- bernama Dominique Willem Berretty. Arsitektur Villa Isola sangat kental beraroma Art Deco, buah tangan Charles Prosper Wolff Schoemaker, arsitek terkenal di era itu.

Pengerjaan Villa Isola terbilang sangat cepat. Dimulai Oktober 1932, gedung megah tersebut selesai dibangun pada Maret 1933 atau hanya berlangsung selama lima bulan.

Villa Isola berarsitektur modern dengan memasukkan tradisional dengan filsafat arsitektur Jawa bersumbu kosmik utara-selatan layaknya Gedung Utama ITB dan Gedung Sate. Orientasi kosmik ini dipertegas dengan taman memanjang di depan gedung yang tegak lurus dengan sumbu melintang bangunan ke arah .

Gedung ini memiliki tiga lantai dengan lantai terbawah lebih rendah dari permukaan jalan raya yang disebabkan topografi yang tidak rata. Sudut bangunannya berbentuk melengkung membentuk seperempat lingkaran.

Sementara, bagian villa yang menghadap utara dan selatan digunakan untuk ruang tidur, ruang , dan ruang makan, yang dilengkapi jendela dan pintu berkaca lebar. Adapun di taman belakang, terdapat kolam renang dengan pergola untuk bunga anggrek dan mawar, serta dilengkapi lapangan tenis. Di sebelah utara yang terpisah jauh dari bangunan utama, terdapat unit pelayanan yang terdiri dari garasi, rumah sopir dan pelayan, gudang, dan lain-lain.

Pada tanggal 16 Februari 1946, Villa Isola pernah ditembaki dan dibom oleh pasukan Inggris dan Belanda dengan alasan menyelamatkan pasukan mereka. Kemudian, pada tahun 1954, nama gedung ini diubah menjadi Bumi Siliwangi seiring peresmian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) pada tanggal 20 Oktober 1954, cikal bakal UPI saat ini.

Lihat Juga:   Azcarya Villa, Tawarkan 4 Unit Mewah Dekat BNS




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan