Villa Bukit Mutiara, Akomodasi di Guci (Tegal) dengan Kolam Air Panas




Villa Bukit Mutiara - @Villa Bukit Mutiara .

Jika Anda sedang berencana melakukan kunjungan wisata ke kawasan Guci, Tegal dan berasal dari luar kota, Anda tidak perlu khawatir mengenai tempat bermalam. Pasalnya, di sekitar objek wisata tersebut sudah terdapat beragam akomodasi yang bisa dijadikan lokasi menginap. Nah, apabila menginginkan penginapan dengan kapasitas luas dan komplet, salah satu alternatif menarik yang bisa dipilih adalah Villa Bukit Mutiara.

Namun, sebelum membahas mengenai Villa Bukit Mutiara, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai potensi wisata Guci. Guci merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, . Tempat ini terkenal akan potensi wisata air terjun dan sumber air panas, yang terletak di kaki Gunung Slamet.

Untuk menuju kawasan ini, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menumpang angkutan umum. Jika Anda menumpang angkutan umum, dari Kota Tegal, Anda dapat menggunakan angkutan umum tujuan Purwokerto. Setelah melewati Kota Slawi, Anda bisa beralih ke mini bus jurusan Bumijawa dengan sekitar 30 menit untuk sampai di Dessa Tuwel. Setelah itu, bisa dilanjutkan menumpang kendaraan bak terbuka menuju Guci.

Dilansir dari Wikipedia, objek wisata Guci konon berawal dari ditemukannya sumber mata air di Desa Guci dan diteliti tidak mengandung racun. Kemudian, pada tahun 1974, pemandian air panas resmi dibuka untuk umum dengan fasilitas yang masih alami dan belum dibuat seperti sekarang ini. Kala itu, wisatawan masih mandi di bawah gua sumber mata air panas yang konon tempat itu merupakan daerah kekuasaan dayang Nyai Roro Kidul yang bertugas di wilayah sungai sebelah utara Gunung Slamet atau lebih dikenal Kali Gung.

Air yang mengalir dari pancuran-pancuran di objek wisata ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, koreng serta penyakit kulit lainnya, khususnya Pemandian Pancuran 13 yang memang memiliki pancuran berjumlah tiga belas buah. Di bagian atas pemandian umum Pancuran 13, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu adalah milik seorang lurah yang bernama Lurah Jedor.

Villa Bukit Mutiara - @Villa Bukit Mutiara .
Villa Bukit Mutiara – @Villa Bukit Mutiara .

Objek wisata ini biasanya ramai dikunjungi pada malam Jumat Kliwon. Pada momen-momen tersebut, banyak orang yang ‘ngalap berkah’. Konon, kalau pengunjung mandi pada pukul 12 malam dengan memohon sesuatu pada malam Jumat Kliwon, permohonan apa pun akan dikabulkan. Kepercayaan ini sudah berlangsung secara turun-temurun.

Diceritakan, air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci), dan berkhasiat mendatangkan berkat, masyarakat menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci. Tetapi, karena air pemberian wali itu sangat terbatas, pada malam Jumat Kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Atas izin Tuhan, mengalirlah air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini.

Lokasi dan Fasilitas Villa Bukit Mutiara

Apabila Anda sedang berkunjung ke Guci, tidak sulit menemukan . Seperti daerah dataran tinggi pada umumnya, tipe akomodasi yang sering ditemui di kawasan ini adalah villa. Nah, salah satu villa yang cocok bagi pengunjung yang datang secara rombongan dan membutuhkan fasilitas komplet adalah Villa Bukit Mutiara.

Villa Bukit Mutiara bisa Anda temukan di Jalan Raya Karangsari-Guci No. 9, Pekandangan, Rembul, Bojong, Kabupaten Tegal. Tempat bermalam ini terletak tidak begitu jauh dari Pemandian Guci. Di samping lokasinya yang strategis, daya tampung akomodasi ini juga cukup besar serta sudah dibekali dengan fasilitas yang memadai.

Menurut ulasan para tamu yang sempat singgah, salah satu keunggulan Villa Bukit Mutiara adalah air panas pribadi yang nyaman untuk berendam. Selain itu, tempat inap ini juga dinilai memiliki ruangan yang bersih dan rapi serta punya banyak spot foto yang oke. Karena itu, tidak heran jika kemudian Villa Bukit Mutiara sering full booked terutama saat high season seperti libur Lebaran dan libur sekolah.

Secara tampilan, Villa Bukit Mutiara mengusung desain bangunan modern, dengan suasana yang asri dan elegan. Ketika sampai di tempat ini, wisatawan dapat menemukan rumah berwarna kuning di area depan, dengan kombinasi warna abu-abu di beberapa bagian. Terdapat lahan parkir untuk kendaraan roda empat di samping hijau yang adem.

Villa Bukit Mutiara - @Griyya Komputer
Villa Bukit Mutiara – @Griyya Komputer

Sementara, di sektor interior, ruangan Villa Bukit Mutiara tampak sangat lapang, dengan lantai dan dinding berwarna putih bersih. Di area depan, setelah teras, terdapat ruang tamu lengkap dengan perabotan kayu seperti lemari dan kursi. Anda juga akan menemukan lemari es di ruangan tengah, televisi, serta kamar mandi, dan dapur lengkap dengan meja dan kursi makan serta wastafel.

Untuk kamar-kamarnya, tersedia dua unit kamar tidur berukuran besar. Di masing-masing kamar, sudah disediakan fasilitas seperti ranjang tipe double bed, bantal, guling, selimut, meja mini, dan jendela kaca lengkap dengan gorden. Konon, Villa Guci bisa ditempati hingga 12 orang, dengan tambahan extra bed (biaya tersendiri).

Villa Bukit Mutiara

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan jika ingin menginap di Villa Bukit Mutiara? Sayangnya, pengelola tidak memberikan resmi mengenai tarif Villa Bukit Mutiara. Namun, menurut beberapa sumber, sewa Villa Bukit Mutiara berkisar Rp1,7 jutaan per malam. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail atau melakukan , bisa menghubungi nomor ponsel 0821 3557 7778.

Lihat Juga:   Info Tempat Rafting Seru yang Patut Anda Coba di Jawa Timur




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*