Tips Wisata: Rute Perjalanan dari Bogor ke Pantai Anyer




Pantai Anyer - wisatatempat.com
Pantai Anyer - wisatatempat.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan . Ini adalah kawasan (tepatnya kecamatan) yang berada di Kabupaten Serang, , yang terkenal akan yang indah. Rute menuju ini sebenarnya cukup simpel, baik perjalanan menggunakan kendaraan roda empat, sepeda motor, maupun angkutan umum, termasuk Anda yang bertolak dari Bogor.

Sekilas Tentang Anyer

Seperti dikatakan sebelumnya, Anyer adalah nama sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kecamatan ini memiliki pantai yang sangat terkenal sebagai daerah pariwisata. Setiap akhir pekan, musim , atau malam Tahun Baru, Pantai Anyer selalu ramai didatangi wisatawan, terutama dari ibukota Jakarta.

Pantai Anyer - wisatatempat.com
Pantai Anyer – wisatatempat.com

Mungkin, ada sedikit kebingungan di benak Anda, perbedaan antara Pantai Anyer dengan Pantai Carita. Meski banyak yang menyebutnya sebagai Pantai Anyer Carita, tetapi kedua pantai ini sebenarnya berada di kawasan yang berbeda. Seperti namanya, Pantai Carita adalah sebutan untuk pantai-pantai yang berada di kawasan Carita, Kabupaten Serang.

Ketika berlibur ke Pantai Anyer, selain menikmati keindahan panorama laut yang elok, ada beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan. Jika Anda doyan bermain air, Anda bisa mencoba berenang di pantai, bermain water sport, melakukan snorkeling, hingga surfing atau berselancar. Sementara, jika Anda membawa serta anak-anak, Anda bisa mengajak mereka bermain pasir pantai.

Rute Perjalanan dari Bogor ke Anyer

Anyer terletak di sebelah barat laut dari Bogor dengan jarak lurus sepanjang 116,08 km. Sementara, jarak tempuh dari Bogor ke Anyer berkisar 186 km dengan perkiraan waktu tempuh minimal 3 jam 11 menit dengan berkendara. Sementara, jika Anda memutuskan untuk lewat Jalan Pantura atau Jalan Tol Merak-Jakarta (Tol Tangerang-Merak), waktu tempuh berkisar 3 jam 32 menit.

  • Apabila Anda menggunakan kendaraan roda empat, untuk menuju Anyer, Anda bisa berangkat dari Bogor ke Jakarta terlebih dahulu. Anda bisa melalui Tol Kebun Jeruk, kemudian langsung mengambil jurusan Cilegon-Merak. Setelah menempuh perjalanan sekitar dua jam, Anda akan sampai di pintu Tol Serang Timur, dan Anda bisa menuju ke Serang Barat. Memasuki Kota Serang, Anda bisa meluncur ke Jalan Taktakan, dan setelah itu, Anda akan menemukan Patra Anyer Beach Resort yang tidak jauh dari jalur Taktakan.
  • Untuk Anda yang berencana ke Anyer menggunakan sepeda motor, Anda mungkin bisa berangkat dari IPB Kampus Dramaga. Perjalanan dimulai dengan menyusuri Jalan Dramaga menuju Leuwiliang. Ketika menemukan percabangan jalan antara arah Leuwiliang dan Ciampea, Anda bisa belok ke kiri untuk tetap berada di Jalan Cibadak Raya. Selepas Pasar Leuwiliang, perjalanan dilanjutkan menuju Ciampea dan akhirnya ke Jasinga. Selepas Pasar Jasinga, ada pertigaan ke kanan menuju Tenjo, dilanjutkan dengan belok kanan ke Jalan Letnan Sayuti. Setelah itu, Anda akan menemukan papan marka jalan menuju Serang dan ikuti arah tersebut. Dari spot ini, perjalanan menuju Serang sekitar 40 km, dan setelahnya, Anda akan menemukan jalan menuju Anyer.
  • Jika Anda berkunjung ke Anyer dari Bogor menggunakan angkutan transportasi publik, Anda bisa memilih menumpang kereta api atau . Apabila opsi pertama yang dipilih, Anda bisa meluncur ke Stasiun Bogor, lalu menumpang KRL (kereta rel listrik) jurusan Jatinegara dan turun di Stasiun Duri. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang KA Patas Merak jurusan Merak dan turun di Stasiun Cilegon. Keluar Stasiun Cilegon, Anda bisa jalan kaki menuju Masjid Agung Cilegon untuk menumpang angkutan kota warna silver relasi Cilegon-Anyer.
  • Sementara, jika Anda berangkat dari Bogor menggunakan bus, Anda bisa naik bus jurusan Merak di Terminal Baranangsiang dan turun di Cilegon Timur. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang angkutan kota warna ungu jurusan Simpang dan turun di Simpang. Kemudian, Anda naik angkutan jurusan Cilegon-Anyer dan turun di Pantai Anyer.
  • Apabila Anda berangkat dari Terminal Bubulak, Anda bisa menumpang angkutan kota dengan kode 03 jurusan Bubulak-Baranangsiang dan turun di Terminal Baranangsiang. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang bus jurusan Merak dan turun di Cilegon Timur. Kemudian, seperti rute sebelumnya, Anda bisa menumpang angkutan kota warna ungu jurusan Simpang dan turun di Simpang. Lalu, Anda naik angkutan jurusan Cilegon-Anyer dan turun di Pantai Anyer.
Lihat Juga:   Gunungsari Sunset, Wanawisata Kece Nikmati Senja di Poncokusumo

Penginapan di Anyer

Perjalanan dari Bogor menuju Anyer membutuhkan waktu yang lumayan lama, yang tentunya bisa menguras tenaga Anda. Karena itu, ketika berwisata ke kawasan ini, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu satu atau dua hari untuk singgah di penginapan sebagai tempat beristirahat dan memulihkan energi sebelum Anda pulang ke rumah.

Lihat Juga:   Wajib Dikunjungi, Ini Tempat Wisata Hits di Poncokusumo, Malang

Di Anyer sendiri, sebagai wisata populer, sudah banyak akomodasi penginapan yang bisa disewa. Jika kebetulan bujet Anda cukup terbatas, Anda bisa menyewa di . Sementara, apabila Anda memiliki anggaran yang berlebih, dan kebetulan membawa rombongan besar, villa merupakan jenis akomodasi yang cocok dijadikan tempat bermalam.

Pantai Anyer - rizaardiyanto.my.id
Pantai Anyer – rizaardiyanto.my.id

Untuk losmen, salah satu yang direkomendasikan adalah Losmen Hana yang berada di kawasan Pantai Pasir Putih Sirih, Anyer, dengan tarif mulai Rp100 ribuan per malam. Layaknya penginapan lainnya, fasilitas yang disediakan tempat ini memang terbatas, seperti ranjang tipe single atau double, kipas angin, dan kamar mandi dalam.

Nah, apabila Anda lebih cocok tidur di villa, ada banyak villa yang bisa dijadikan alternatif tempat menginap. Villa Anthony misalnya, yang menawarkan enam unit villa dengan tarif mulai Rp500 ribuan per malam. Alternatif lainnya adalah Villa Stefan yang tergolong sebagai akomodasi mewah, dengan tarif mulai Rp2,5 jutaan hingga Rp3,3 jutaan per malam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*