Info Terbaru Tips dan Biaya Wisata Murah ke Malang Naik Kereta Api




Ilustrasi: interior gerbong kereta api (sumber: malangkota.go.id)
Ilustrasi: interior gerbong kereta api (sumber: malangkota.go.id)

Selain sebagai kota pendidikan, Malang juga sudah tersohor sebagai liburan. Daerah ini ramah bagi para pelancong backpacker maupun mereka yang membawa serta keluarga anak-anak. Untuk ke Malang pun tidak sulit, karena selain lewat jalur udara, Anda pun dapat menggunakan transportasi darat seperti bus dan kereta api. Nah, ada sejumlah tips yang dapat Anda gunakan agar liburan ke Malang menjadi lebih hemat dan tetap menyenangkan.

Malang punya banyak spot wisata menarik, terutama di bagian selatan yang terkenal akan deretan pantai-pantai yang cantik dan memesona, seperti Pantai Balekambang, Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina, Pantai Teluk Asmoro yang punya view mirip Raja Ampat, Pantai Batu Bengkung, dan lainnya. Sementara itu, di pusat kota, Anda dapat datang ke kawasan bersejarah, seperti Kayutangan dan Ijen Boulevard.

Pelancong yang berasal dari luar kota, entah dari Jakarta, Yogyakarta, atau Bandung, biasanya lebih suka wisata ke Kota Malang dengan naik kereta api. Selain lebih murah, liburan ke Malang menumpang akan memungkinkan Anda untuk bersantai dalam perjalanan sekaligus menikmati pemandangan kota-kota menarik yang ada di Jawa Timur.

Di Kota Malang, setidaknya terdapat tiga stasiun. Stasiun utama yang melayani perjalanan jarak jauh adalah Stasiun Kotabaru yang berlokasi di kawasan Klojen, Kota Malang. Stasiun ini disinggahi kereta api kelas eksekutif, campuran, ekonomi AC, dan ekonomi plus. Lokasi Stasiun Malang Kotabaru cukup strategis, karena ada di pusat kota dan dekat dengan sejumlah wisata seperti Alun-Alun Kota Malang, kawasan Tugu, dan sebagainya.

Stasiun yang kedua adalah Stasiun Malang Kotalama yang berada di Kecamatan Sukun. Stasiun ini juga melayani perjalanan dengan kelas sama dengan Stasiun Kotabaru. Bedanya, rute yang dilayani di Stasiun Kotalama lebih sedikit, yakni dari dan ke Jogja, Jakarta, Surabaya, dan Blitar. Sementara itu, yang terakhir adalah Stasiun Blimbing yang hanya melayani rute kereta api dari dan Tumapel.

Stasiun Malang Kota Baru (sumber: tribunnews)
Stasiun Malang Kota Baru (sumber: tribunnews)

Tips Wisata ke Malang Naik Kereta

  • Menentukan jadwal keberangkatan. Seperti halnya pelesir dengan naik pesawat, sebaiknya segera tentukan jadwal keberangkatan Anda ke Malang sejak jauh-jauh hari. Tak perlu khawatir, sebab kini sistem pemesanan tiket kereta api bisa dilakukan secara online, baik melalui aplikasi KAI Access atau lewat situs resmi PT KAI sejak H-90 atau tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan. Jadi, Anda masih bisa merencanakan secara matang perjalanan liburan Anda ke Kota Malang.
  • Pilih kereta sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jika ingin wisata ke Malang naik kereta, sebaiknya pilih kereta ekonomi saja yang lebih hemat. Saat ini. juga sudah banyak kereta ekonomi premium yang fasilitasnya bahkan sudah setara dengan kereta kelas bisnis atau eksekutif, sehingga perjalanan jarak jauh Anda menjadi lebih nyaman.
  • Pilih moda transportasi yang terjangkau. Bagi Anda yang ingin naik kereta ke Malang dan turun di Stasiun Kotabaru, berbahagialah karena di dekat stasiun ada banyak moda transportasi yang bisa Anda pilih, mulai dari angkutan umum (angkot), becak, maupun taksi yang siap mengangkut Anda dari stasiun menuju mana saja yang Anda inginkan. Jika Anda enggan naik angkot atau taksi, Anda juga bisa memanfaatkan jasa ojek online seperti Gojek atau Grab yang juga sudah beroperasi di Kota Malang.
  • Awali perjalanan wisata dari yang spot liburan terdekat. Di dekat Stasiun Malang Kotabaru, ada beberapa yang mungkin unik dan bisa menjadi spot wisata cukup menyenangkan. Dari Stasiun Kotabaru, Anda bisa memulai perjalanan untuk mengunjungi Kampung Warna Warni Jodipan dan Kampung Tridi. Jaraknya sangat dekat, sekitar 650 meter dari stasiun menuju selatan. Alternatif lainnya, Anda dapat mampir ke Bundaran Tugu. Anda bisa sekadar nongkrong di dekat kolam sambil menikmati pemandangan kolam atau deretan bunga-bunga yang sedang bermekaran indah di sana. Dari Tugu, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan menuju alun-alun dengan naik angkot, becak, atau jalan kaki.
  • Lanjutkan perjalanan wisata sesuai rencana. Jika sudah puas jalan-jalan di sekitar Stasiun Kotabaru, Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata Anda sesuai rencana yang Anda susun sebelumnya. Anda dapat mencoba layanan bus pariwisata Malang City Tour (Macito) yang melayani rute dari Balai Kota Malang ke Alun-Alun Merdeka, lalu ke Jalan Kawi-Ijen, kembali ke Simpang Balapan dan menuju Balai Kota Malang. Anda juga boleh saja langsung menuju hotel untuk beristirahat atau menikmati wisata kuliner, dan bisa juga langsung melanjutkan ke wisata lainnya.

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlibur ke Kota Malang? Estimasi biaya liburan ke Malang dengan naik kereta api pada dasarnya tidak terlalu mahal, tergantung berapa lama Anda memutuskan berlibur. Sebaiknya sejak awal Anda sudah langsung melakukan reservasi atau memesan tiket kereta api untuk pergi dan pulang, sehingga ketika mendekati jadwal kepulangan, Anda tidak perlu dipusingkan dengan urusan pemesanan tiket.

Kereta Api Malang (sumber: tribunnews)
Kereta Api Malang (sumber: tribunnews)

Biaya Liburan ke Malang Naik Kereta Api

Komponen BiayaTarif
Tiket KA Jakarta (Pasar Senen) – MalangKA Matarmaja : Rp180.000 – Rp240.000
KA Jayabaya Ekonomi : Rp250.000 – Rp320.000
KA Jayabaya Eksekutif : Rp3900.00 – Rp520.000
Tiket KA Jakarta (Gambir) – MalangKA Brawijaya : Rp440.000 – Rp620.000
KA Gajayana Eksekutif : Rp460.000 – Rp670.000
KA Gajayana Luxury : Rp1.100.000 – Rp1.300.000
Angkot dari Stasiun KotabaruRp3.000 sekali perjalanan
Tiket Wisata Dekat StasiunGratis – Rp5.000
Biaya Inap HotelMulai Rp100.000 per malam
Makan & MinumMulai Rp15.000 per porsi

Informasi biaya liburan ke Malang naik kereta api di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Untuk harga tiket kereta api, kami rangkum langsung dari situs resmi PT KAI. Sementara itu, biaya lainnya kami kutip dari berbagai sumber, termasuk situs booking online. Jika dihitung, apabila Anda liburan ke Malang selama tiga hari dua malam, Anda membutuhkan biaya minimal Rp600 ribuan, tidak begitu berbeda dari tahun sebelumnya. 

Lihat Juga:   Info Cara & Pilihan Transportasi Murah dari Bali ke Gili Trawangan




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan