Tips Traveling: Wisata ke Yogyakarta dengan Kereta Api

Stasiun Yogyakarta - commons.wikimedia.org

Selain Bandung dan Bali, Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer yang berlokasi di Indonesia bagian barat. Anda pun bisa berkunjung ke salah satu daerah istimewa di Indonesia tersebut dengan berbagai macam moda transportasi, di antaranya kendaraan pribadi, pesawat terbang, umum, maupun kereta api.

Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda datangi ketika melakukan liburan di Kota Gudeg. Salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah kawasan Jalan Malioboro. Ini merupakan daerah yang memungkinkan turis untuk berbelanja batik, duduk santai di bangku-bangku yang tersedia di trotoar sambil menikmati pertunjukan seni, atau memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

Prambanan - ca.wikipedia.org

Prambanan – ca.wikipedia.org

Di samping itu, beberapa tempat wisata menarik lainnya yang bisa disambangi adalah Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Taman Pintar, Parangtritis, Kebun Binatang Gembiraloka, Museum Affandi, Alun-Alun Kidul, Museum Ullen Sentalu, Telaga Putri Kaliurang, Jogja Bay Adventures Waterpark, Desa Wisata Kalibiru, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, Air Terjun Sri Gethuk, Gua Pindul, Gunung Merapi, Taman Pelangi, Bukit Bintang, Candi Ijo, hingga deretan eksotis di Gunung Kidul.

Jika Anda memiliki bujet cukup terbatas, tidak ada salahnya menggunakan angkutan kereta api ketika ingin berkunjung ke Yogyakarta. Pasalnya, harga tiket kereta api cenderung lebih terjangkau dibandingkan jika Anda menumpang bus umum, travel, atau pesawat terbang. Di samping itu, di dekat Stasiun Tugu, Yogyakarta, Anda bisa menemukan beragam murah serta objek wisata terjangkau. Namun, sebelum memutuskan berangkat ke Kota Gudeg dengan kereta api, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Rencanakan Perjalanan

Bagi Anda yang ingin berwisata secara backpacker ke Yogyakarta menggunakan kereta api, sebaiknya merencanakan perjalanan terlebih dahulu, minimal sebulan sebelum hari H. Merencanakan perjalanan sejak jauh hari akan memudahkan Anda untuk mendapatkan tiket kereta api yang murah. Pasalnya, harga tiket kereta api biasanya akan lebih mahal ketika Anda melakukan pemesanan dekat dengan hari keberangkatan.

Lihat Juga:   Info Lengkap Jadwal, Harga Tiket, dan Fasilitas KMP Legundi Surabaya-Lombok

Pilih Kereta yang Digunakan

Untuk Anda yang berkantong pas-pasan, memilih kereta kelas ekonomi ketika berlibur ke Yogyakarta merupakan opsi yang tepat. Pasalnya, harga tiket kereta kelas ekonomi ke Yogyakarta jauh lebih murah dibandingkan tiket kereta api kelas bisnis atau eksekutif. Saat ini pun, kereta api kelas ekonomi sudah dilengkapi fasilitas yang memadai, termasuk AC.

Jika Anda kebetulan berangkat dari Stasiun Pasar Senen, , ada beberapa kereta api kelas ekonomi yang bisa digunakan. KA Gajahwong misalnya, mematok harga tiket mulai Rp200 ribuan, sedangkan harga tiket KA Jayakarta Premium sekitar Rp185 ribuan. Semua kereta api itu menempuh perjalanan dari ke Yogyakarta dengan durasi waktu sekitar delapan jam.

Persiapkan Barang Bawaan

Hal lain yang perlu dilakukan ketika hendak melakukan perjalanan dengan kereta api adalah barang bawaan. Barang bawaan atau bagasi yang bisa dibawa setiap penumpang kereta api maksimal memiliki berat 20 kilogram. Jika barang bawaan Anda melebihi ketentuan tersebut, Anda akan dikenai denda untuk kelebihan barang bawaan.

Penginapan Dekat Stasiun Yogyakarta

Sebagai kota wisata, Yogyakarta telah menyediakan beragam akomodasi yang bisa dijadikan tempat bermalam. Bahkan, kota ini bisa dikatakan sebagai surganya penginapan, mulai penginapan dengan murah hingga penginapan kelas bintang lima, cottage, dan . Anda bisa memilih penginapan yang pas sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Stasiun Yogyakarta - commons.wikimedia.org

Stasiun Yogyakarta – commons.wikimedia.org

Namun, apabila Anda berwisata ke Yogyakarta menggunakan kereta api, disarankan memilih akomodasi yang terletak dekat dengan Stasiun Tugu. Pasalnya, selain punya akses yang lebih mudah dijangkau, akomodasi di sekitar Stasiun Tugu rata-rata menawarkan tarif yang terjangkau, sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda. Berikut beberapa penginapan termurah yang dekat dengan Stasiun Tugu.

Lihat Juga:   Hotel Resort Musdalifah, Penginapan Murah & Mewah di Pusat Kota Sumenep
PenginapanTarif per Malam (Rp)Jarak ke Stasiun
Khresna Guest HouseMulai 188.25089 meter
Andrea Mulai 175.000139 meter
Setia KawanMulai 200.000157 meter
Setia BackpackerMulai 75.000191 meter
Handayani Mulai 185.000225 meter
Sakura Hotel YogyakartaMulai 150.000235 meter
Merbabu Hotel MalioboroMulai 175.000263 meter
105 Homestay Malioboro JogjaMulai 175.000299 meter
Hotel Karunia YogyakartaMulai 155.250304 meter
Backpack Room ini Malioboro at Sleep InnMulai 195.000320 meter
Wakeup HomestayMulai 135.000369 meter
Hotel Dieng PermaiMulai 185.000387 meter
The Cabin Hotel GandekanMulai 194.000544 meter
Homestay Dipo 71Mulai 130.000600 meter

Tempat Wisata Dekat Stasiun Yogyakarta

Ada beberapa objek wisata hits yang berlokasi dekat Stasiun Tugu, Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang populer tentunya kawasan Jalan Malioboro yang telah terkenal di kalangan para pelancong, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di kawasan ini, seperti diulas sebelumnya, Anda bisa berbelanja, menikmati atraksi kesenian, hingga berwisata kuliner.

Di samping Malioboro, objek wisata menarik lainnya yang dekat dengan Stasiun Tugu adalah Tugu Jogja. Ini adalah sebuah tugu yang berada di tengah jalan sekitar Malioboro, yang aslinya bernama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih. Meski berada di tengah jalan raya, namun banyak wisatawan yang mengunjungi tugu tersebut untuk sekadar berfoto.

Beberapa objek wisata terkenal lainnya yang layak dikunjungi adalah Titik Nol Kilometer yang punya banyak bangunan peninggalan Belanda, Benteng Vredeburg yang unik dan bersejarah, Keraton Yogyakarta yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, Taman Sari, Alun-Alun Kidul, Alun-Alun Utara, dan Pasar Beringharjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>