Panduan Perjalanan Menggunakan Jasa Angkutan Travel Surabaya Malang

  • Whatsapp
Tugu Pahlawan Surabaya (sumber: airpaz)
Tugu Pahlawan Surabaya (sumber: airpaz)

angkutan travel Surabaya Malang menjadi salah satu moda transportasi alternatif yang dipilih para pelancong. Baik itu untuk tujuan wisata maupun perjalanan bisnis. Tentunya ada sejumlah faktor yang menyebabkan sebagian orang memilih layanan tersebut. Namun selain itu, sebagian masyarakat lebih memilih moda transportasi umum daripada jasa angkutan privat, juga karena beberapa alasan.

Sebagai dua terbesar dan paling sibuk di Provinsi Jawa Timur, Surabaya dan Malang hanya dipisahkan jarak sekitar 100 kilometer. Itupun dengan waktu tempuh rata-rata selama dua jam melalui perjalanan darat. Sementara, jenis moda transportasi yang melayani rute antara kedua kota tersebut juga cukup bervariasi.

Bacaan Lainnya

Jenis Moda Transportasi Surabaya – Malang

Sedikitnya, terdapat tiga pilihan moda transportasi yang menghubungkan Kota Surabaya dan Malang, di antaranya:

Bus

Bus merupakan jenis moda transportasi terpopuler untuk rute Surabaya Malang. Ini karena tarifnya yang ekonomis, yakni mulai dari Rp20 ribu hingga Rp 40 ribu saja. Selain itu, armada bus Surabaya Malang juga cukup banyak.

PO bus dengan Surabaya Malang PP, seperti Pelita Mas, Restu, Akas, Tentrem, Menggala, Pelita Mas, dan Hafana. Berangkat dari Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya dan berakhir di Terminal Arjosari Malang.

Kereta Api

Jenis angkutan umum rute Surabaya Malang berikutnya yang terpopuler adalah kereta api. Sedikitnya terdapat tiga kereta yang melayani jalur ini, antara lain KA Jayabaya, KA Penataran, dan KA Arjuno. Berikut jadwal dan tarifnya:

Kereta Api Kelas Tarif Waktu Keberangkatan Stasiun Asal
Penataran

(jurusan Surabaya – Blitar via Malang)

Ekonomi Rp12.000,- 04.15

04.28

04.40

Surabaya Kota

Gubeng

Wonokromo

Jayabaya Ekonomi

Eksekutif

Rp40.000,- Rp60.000,- 03.50

04.18

Pasar Turi

Gubeng

Arjuno Ekspres Eksekutif Rp65.000,- 06.00 Gubeng

Agen Travel Surabaya Malang

Selain bus dan kereta, terdapat juga layanan transportasi swasta yang dapat Anda gunakan untuk rute perjalanan Surabaya Malang. Layanan angkutan travel Malang Surabaya atau sebaliknya, menawarkan fleksibilitas dengan waktu keberangkatan yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan penumpang.

Tergantung jenis armada yang dipilih, layanan ini memberikan fasilitas lebih baik daripada angkutan umum. Pada umumnya setiap armada dilengkapi AC, televisi, serta bagasi yang luas. Khusus untuk armada jenis bus, juga menyediakan sarana karaoke guna mengatasi bosan di perjalanan.

Layanan dengan privasi dan kenyamanan semacam itu tentunya menetapkan harga berbeda. Sebut saja Nahwatravel, salah satu angkutan swasta yang telah berpengalaman melayani rute Surabaya Malang, membanderol jasanya antara Rp150 – Rp500 ribu per penumpang.

Naik Bus Rosalia Indah - www.rosalia-indah.co.id
Ilustrasi: penumpang angkutan umum (sumber: rosalia-indah.co.id)

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Angkutan Travel

Tentunya setiap pilihan moda transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Khusus untuk armada travel privat, berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Armada Travel

  • Jadwal keberangkatan yang fleksibel, bisa diatur sesuai kebutuhan.
  • Fasilitas yang tersedia lebih memanjakan penumpang.
  • Privasi lebih baik, karena memuat penumpang yang dibatasi dalam jumlah kecil.
  • Agen travel memberikan dukungan dan bantuan jika terjadi masalah, seperti perubahan jadwal, ketersediaan armada, hingga penarikan tiket.
  • Pada momen-momen tertentu, agen travel memberikan diskon atau promo-promo menarik.

Kekurangan Armada Travel

  • Pada umumnya harga tiket lebih mahal dibandingkan bus atau kereta.
  • Pengeluaran penumpang bisa lebih besar lagi jika ada biaya tambahan atau komisi untuk layanan yang lain, apalagi jika tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Tergantung skala perusahaan penyedia jasa travel, destinasi yang dilayani bisa saja terbatas.

Memilih Agen Travel Surabaya Malang

Setiap penumpang pasti menginginkan perjalanannya berlangsung lancar, nyaman, dan tepat waku. Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini dalam memilih agen travel yang tepat.

  1. Agen yang Tepercaya: Pastikan agen travel memiliki lisensi dan akreditasi resmi dari pihak berwenang. Lisensi resmi menjamin bahwa mereka telah terdaftar secara sah dan memenuhi standar kelayakan operasional.
  2. Reputasi yang Meyakinkan: Agen travel berkualitas pasti memiliki pelanggan setia. Anda bisa mengetahui reputasi agen travel tersebut dengan membaca ulasan para pelanggan. Juga lewat popularitas dan pengalaman mereka dalam bidang transportasi tersebut.
  3. Jenis Layanan: Pastikan layanan agen travel sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa agen bisa memberikan layanan perjalanan privat khusus untuk Anda. Sementara sebagian yang lain mungkin lebih fokus memenuhi kuota penumpang.
  4. Layanan Pelanggan yang Ramah: Pilih agen travel yang responsif dalam menjawab pertanyaan dan membantu Anda. Baik pada saat menanyakan layanan mereka, memesan tiket, maupun selama perjalanan.
  5. Informasi yang Transparan: Carilah agen travel yang memberikan segala informasi secara terbuka. Termasuk soal harga tiket dan ada tidaknya biaya tambahan, fasilitas dan layanan, kebijakan asuransi, serta jaminan solusi saat terjadi masalah, seperti perubahan jadwal dan pembatalan rencana.

Jasa angkutan travel Surabaya Malang dapat menjadi solusi untuk perjalanan nyaman, dengan waktu tempuh relatif lebih singkat. Namun, jangan sampai salah pilih. Pastikan Anda menggunakan jasa agen travel yang tepercaya dan berpengalaman melayani banyak pelanggan.

Lihat Juga:   7 Hotel Populer di Probolinggo Dekat dengan Gunung Bromo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan