Tips Pendakian: Biaya Perjalanan dari Malang ke Rinjani

Gunung Rinjani - news.detik.com

Jika Anda berdomisili di Malang dan gemar melakukan pendakian gunung, sebenarnya ada banyak gunung yang bisa Anda taklukkan, sebut saja Gunung Semeru, Gunung Arjuna, Gunung Lemongan, hingga Gunung Raung. Namun, jika Anda ingin mencari sensasi yang berbeda, mungkin Anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, meski memang akan ada banyak yang harus dikeluarkan karena lokasinya berada di sebelah timur Pulau Jawa.

Sekilas Tentang Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau , Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung ini dikatakan sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Tanah Air dengan ketinggian sekitar 3.726 meter dari permukaan laut. Merupakan bagian dari Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 hektar, gunung tersebut merupakan favorit bagi banyak para pendaki karena menawarkan pemandangan yang sangat eksotis.

Gunung Rinjani - news.detik.com

Gunung Rinjani – news.detik.com

Gunung ini sendiri mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara. Di sebelah barat kerucut Rinjani, terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m, yang memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini, terdapat Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 meter. Air yang mengalir ke danau tersebut membentuk yang sangat indah, melewati jurang yang curam. Di Segara Anak, banyak ditemukan ikan mas dan mujair, sehingga sering menjadi pemancingan. Sementara, di selatan danau ini, terdapat Segara Endut.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak, pendaki bisa menempuh jalur pendakian Senaru atau jalur pendakian Sembalun. Jika berangkat dari jalur Senaru, diperlukan waktu sekitar 7 jam sampai 10 jam dengan berjalan kaki dari pintu gerbang jalur pendakian. Sementara, jika bertolak dari jalur pendakian Sembalun, danau tersebut dapat ditempuh dalam durasi waktu delapan hingga sepuluh jam.

Pendakian Gunung Rinjani

Pendakian Puncak Gunung Rinjani merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung ini sendiri menjadi tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan tersebut, karena jika telah berhasil mencapai puncak, maka akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Lihat Juga:   Selain Bakpia, Ini Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja

Animo komunitas pencinta alam di seluruh Nusantara, bahkan dari mancanegara, dalam kegiatan pendakian Gunung Rinjani cukup besar. Ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang melakukan pendakian terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Kegiatan pendakian sendiri umum dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus, karena selain bertepatan dengan masa libur sekolah dan kuliah, juga dekat dengan momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, rutin diadakan kegiatan ‘Tapak Rinjani’ oleh salah satu kelompok pencinta alam Pulau Lombok yang bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk menaklukkan Gunung Rinjani, kebanyakan pendaki akan memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri di Senaru. Pasalnya, rute ini bisa menghemat ketinggian sekitar 700 meter. Rute Sembalun sendiri agak panjang tetapi datar, dengan cuaca yang lebih panas karena harus melalui padang savana yang terik. Karena itu, krim penahan panas matahari sangat dianjurkan.

Gunung Rinjani - www.lomboktourplus.com

Gunung Rinjani – www.lomboktourplus.com

Sementara, dari rute Senaru, terdapat tanjakan tanpa jeda, namun cuaca lebih bersahabat karena melalui hutan. Untuk menuju bibir punggungan di ketinggian 2.641 meter dari permukaan laut, dibutuhkan perjalanan sekitar tujuh jam berjalan kaki. Di tempat yang disebut dengan Plawangan Senaru atau Plawangan Sembalun tersebut, pendaki bisa menyaksikan pemandangan danau yang sangat indah. Di danau, pendaki bisa berkemah, memancing, atau berendam .

Nah, untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, pendaki kembali harus berjalan kaki dengan mendaki dinding sebelah barat setinggi 700 meter dan menaiki punggungan setinggi 1.000 meter yang dapat ditempuh dalam waktu tiga atau empat jam. Perjalanan menuju puncak gunung sendiri tergolong lumayan, karena harus meniti bibir kawah dengan margin safety yang pas-pasan. pasir, batu, tanah, dan ketinggian 200 meter harus ditempuh dengan susah payah.

Secara umum, tidak diperlukan alat bantu untuk mendaki Gunung Rinjani, cukup dengan stamina, kesabaran, dan gairah pendaki. Keseluruhan pendakian Gunung Rinjani biasanya dapat dicapai dalam program perjalanan tiga hari dua malam. Umumnya, summit attack dilakukan pada pukul 03.00 dini hari untuk mencapai momen indah berupa matahari terbit.

Lihat Juga:   Tempat Wisata yang Paling Ramai dikunjungi di Myanmar

Biaya Perjalanan ke Gunung Rinjani dari Malang

Jika Anda berdomisili di Malang atau hendak menaklukkan Rinjani dari kota tersebut, Anda harus terlebih dulu mengetahui rute-rute perjalanan yang harus dilalui. Pertama, Anda bisa menumpang kereta api dari Stasiun Kota Baru menuju Stasiun Banyuwangi. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Setibanya di Pulau Dewata, Anda bisa menumpang bus umum di Terminal Ubung yang berlokasi di Denpasar untuk menuju Pelabuhan Padang Bae. Kemudian, perjalanan diteruskan menggunakan kapal ke Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Setelah sampai, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Terminal Mandalika di Mataram untuk menumpang angkutan umum ke Sembalun di Lombok Timur.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perjalanan dari Malang menuju Gunung Rinjani? Berikut kisaran biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut.

Komponen Biaya (Rp)
Kereta Malang-Banyuwangi 62.000 dengan durasi waktu 8 jam
Stasiun Banyuwangi-Pelabuhan Ketapang Gratis (berjalan kaki selama 5-10 menit)
Pelabuhan Ketapang-Pelabuhan Gilimanuk Bali 7.500 (kapal feri) dengan durasi 30-60 menit
Pelabuhan Gilimanuk-Terminal Ubung Denpasar 40.000 (bus) dengan durasi waktu 4-6 jam
Terminal Ubung-Pelabuhan Padang Bae 50.000 (bus) dengan durasi waktu 3-5 jam
Pelabuhan Padang Bae-Pelabuhan Lembar Lombok 44.000 dengan durasi waktu 4 jam
Pelabuhan Lembar-Terminal Mandalika Lombok 15.000-30.000 dengan durasi waktu 30-60 menit
Terminal Mandalika-Sembalun Lombok Timur 25.000-40.000 dengan durasi waktu 3-4 jam
Tiket Taman Nasional Rinjani 5.000 per orang per hari

Jika calon pendaki tidak mau repot-repot menyambung kendaraan untuk bepergian ke Gunung Rinjani, bisa langsung menumpang bus rute Malang-Lombok. Ada dua armada bus yang melayani rute ini, yaitu PO Titian Mas dan PO Tiara Mas, dengan tiket Rp350 ribuan sampai Rp400 ribuan, dan durasi perjalanan sekitar 24 jam.

Sendok Hotel Sendok Hotel Rp 130.000 grade 1
Hotel Bumi Aditya Hotel Bumi Aditya Rp 150.000 grade 0
Grand Hotel Lombok Grand Hotel Lombok Rp 275.000 grade 2
Puri Indah Hotel Puri Indah Hotel Rp 294.117 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>