Tips & Panduan Perjalanan Wisata ke Hong Kong dan Macau

Macau - www.mirror.co.uk

dan Macau termasuk destinasi yang cukup terkenal di Asia. Dua lokasi yang kerap dijadikan tempat berbelanja bagi turis-turis mancanegara, termasuk Indonesia ini menyimpan banyak pesona yang menarik untuk dijelajahi. Bagi Anda yang ingin sekaligus jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau, tak perlu galau, sebab Anda bisa menyimak panduan lengkap sekaligus kisaran wisata untuk berlibur ke Hong Kong dan Macau berikut ini!

Kisaran Biaya Wisata ke Hong Kong dan Macau

Untuk Anda yang lebih menyukai wisata ke luar negeri layaknya Hongkong dengan memanfaatkan jasa tour & travel, setidaknya Anda harus menyiapkan dana mulai dari Rp 10 jutaan per orang. Biaya tersebut biasanya meliputi paket ke Hong Kong, Macau, Shenzhen, dan Disneyland selama 6 hari 5 malam. tersebut mencakup akomodasi selama di Hongkong, Shenzhen, dan Macau, kemudian tur dan transfer, guide, serta tiket kapal ferry.

Hong Kong - www.hoganlovells.com

Hong Kong – www.hoganlovells.com

Nah, jika Anda berinisiatif untuk mengurangi biaya itinerary, maka salah satu langkah yang bisa Anda tempuh tentu saja dengan berlibur ala backpacker. Jika dengan paket perjalanan dari travel agent saja budgetnya sekitar Rp 10 juta, maka dengan ‘backpackeran’ kemungkinan biaya wisata ke Hongkong dan Macau bisa lebih rendah dari itu. Asyik kan?

Komponen pertama yang perlu Anda pikirkan adalah tiket pesawat. Biasanya tiket pesawat ke Hong Kong pergi pulang (PP) adalah sekitar Rp 3 jutaan dengan maskapai Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Cathay Pacific, Singapore Airlines, dan masih banyak lagi. Bila Anda ingin berhemat sekaligus ingin berpetualang, tak ada salahnya memilih tiket pesawat menuju Macau yang tak terlalu jauh dari Hong Kong.

Saat ini sudah banyak LCC yang menyediakan tiket pesawat dengan harga murah untuk ke Macau. Jika Anda memilih naik Air Asia atau Jetstar, biayanya berkisar Rp 800 ribu sekali jalan atau PP sekitar Rp 2 jutaan. Khusus Air Asia sudah tersedia penerbangan langsung (direct flight) dari Jakarta ke Macau dengan harga mulai dari Rp 1,1 jutaan satu arah.

Lihat Juga:   Villa Anne, Penginapan Fasilitas Lengkap Tarif Murah Dekat Kusuma Agrowisata

Jika sudah mendarat di Macau, Anda bisa memuaskan diri terlebih dahulu untuk belanja sekaligus jalan-jalan. Kemudian Anda bisa naik kapal jet ferry ke Hong Kong dengan tarif sekitar HKD 135 satu arah atau sekitar Rp 237 ribuan.

Namun bagi Anda yang naik pesawat ke Hong Kong, bisa langsung menuju dengan naik kendaraan seperti taxi (tarif HKD 250-300 atau sekitar Rp 439 ribuan – Rp 527 ribuan), shuttle bus airport $ 33-40, atau MTR/Airport Express Train $ 180 return. Anda bisa memilih sendiri angkutan mana yang sekiranya paling dan nyaman bagi Anda.

Kuncinya, untuk urusan transportasi sebaiknya Anda membeli kartu contactless bernama Octopus Card yang tersedia di seluruh stasiun MTR. Dengan initial HKD 200, Anda bisa pergunakan kartu ini untuk naik MTR, bus, tram, ferry hingga 4-7 hari. Bahkan kartu ‘sakti’ ini juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran di toko-toko. Pada hari kepulangan, jika masih ada saldo, Anda juga bisa meminta refund.

Berikutnya adalah urusan penginapan. Akomodasi di Hong Kong memang relatif mahal. Meski agak mahal, pertimbangkan hotel yang aksesnya dekat dengan MTR atau bus seperti di distrik Kowloon (TST, Mongkok, Jordan) atau di Hong Kong Island. Adapun rate per malam untuk hotel bintang 2 sekitar USD 70-100 atau setara Rp 963 ribuan – Rp 1,3 jutaan. Sedangkan untuk hostel rate-nya Usd 30-50 (Rp 412 ribuan – Rp 687 ribuan). Setidaknya terdapat beberapa alternatif hostel murah seperti Lucky Hotel, Guangdong Guest House, Cosmic Guest House, USA Hotel, Wangfat Hostel, Dragon Hostel, Sun Fong Travel, dan masih banyak lagi.

Lihat Juga:   Rumah Kebun Villa Lulu, Tawarkan Tarif di Bawah Rp100 Ribu Dekat Coban Talun

Jika dari Hong Kong ingin ke Macau, Anda bisa naik Cotai Water Jet dengan harga tiket PP sekitar HKD 290 atau Rp 510 ribuan. Untuk urusan internet pun tak perlu khawatir, biasanya tersedia banyak wifi gratis dengan kecepatan yang cukup tinggi di sejumlah tempat keramaian.

Murah di Hong Kong dan Macau

Di Hong Kong ada sejumlah tempat wisata yang bisa dibilang cukup terkenal, yakni seperti Ngong Ping/Giant Buddha, Victoria Peak, menyaksikan laser show di Victoria Harbour, Disneyland, Ocean Park, hingga Sky100 Hong Kong Observation Deck.

Macau - www.mirror.co.uk

Macau – www.mirror.co.uk

Bagi yang ingin berbelanja mungkin bisa memulai perjalanannya dari Kowloon, kemudian berkunjung ke Giant Buddha Statue di Ngong Ping. Objek wisata lainnya yang tak boleh ketinggalan tentu saja ke Disneyland. Harga tiket masuk Disneyland berkisar sekitar Rp 700 ribuan untuk dewasa dan Rp 500 ribuan untuk anak-anak.

Nah, bagi Anda yang sedang pemandangan gedung pencakar langit, jangan sampai lupa untuk mampir ke Victoria Peak Hong Kong. Di tempat ini Anda bisa berfoto-foto ria dengan latar belakang pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi di Hong Kong.

Apabila merasa belum puas berbelanja di Kowloon, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke daerah surga belanja lainnya seperti Tsim Tsa Tsui, Jordan, Mongkok, dan Sam Sui Po. Jangan lupa untuk menawar saat berbelanja ya! Sebab turis-turis asing biasanya akan dikenai harga mahal jika kebetulan sedang berhadapan dengan pedagang di Nathan Road, terutama toko elektronik ritel tanpa nama. Sedangkan saat berada di Macau, Anda bisa berkunjung ke reruntuhan St. Paul Church hingga ke Macau Museum.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>